Skip to main content

Untuk menghindari kulit wajah dari paparan sinar UV, tentu saja pelembab dengan kandungan SPF menjadi produk perawatan yang wajib dimiliki. Namun, benarkah pelembab yang mengandung SPF dapat menyebabkan minyak berlebih pada wajah? Lantas, bagaimana cara menghilangkan minyak berlebih pada wajah sambil melindungi kulit kamu dari sinar UV? Intip di sini yuk, Girls!

Pelembab dengan kandungan SPF, sering kali lebih akrab dikenal sebagai tabir surya atau Sunblock. Fungsi utama produk perawatan wajah ini adalah untuk melindungi wajah dari sengatan sinar UV yang dapat merusak kulit. Namun, banyak perempuan yang meninggalkan produk perawatan ini, karena merasa wajahnya jadi lebih berminyak saat menggunakannya. Supaya tetap bisa melindungi wajahmu dari sinar UV, kamu perlu mengetahui jenis tabir surya seperti apa yang tepat untuk mencegah minyak berlebih pada muka.

Girls, terdapat tiga varian tabir surya yang dapat kamu gunakan, yaitu krim, gel, dan lotion. Perbedaan ketiganya terdapat pada perbandingan kadar air dan minyak yang terkandung di dalamnya.Sunblock berjenis gel memang biasanya terasa lebih ringan karena tak terlalu berminyak, akan tetapi jenis ini juga cukup mudah pudar terutama ketika sudah terkena keringat. Sedangkan, krim dan lotion memiliki kadar minyak lebih banyak. Akan tetapi, sebaiknya kamu mencoba terlebih dahulu masing-masing jenis tabir surya tersebut untuk menemukan varian yang paling tepat dan sesuai dengan jenis kulitmu, ya.

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan soal tabir surya adalah tingkat SPF-nya. Semakin tinggi kadarnya dapat menyebabkan wajah terasa makin berminyak ketika memakainya. Nah, supaya penggunaan tabir surya tak menganggu penampilanmu, coba terapkan tips berikut saat memilih dan menggunakan pelembap ber-SPF, yuk!

  1. Gunakan varian tabir surya sesuai kondisi kulitmu.

Untuk kamu yang berkulit kering, sebaiknya pilih tabir surya berbentuk krim. Sedangkan untuk kulit berminyak, kamu bisa memilih tabir surya berbentuk lotion.

  1. Pilih SPF sesuai kebutuhan.

Jika kamu lebih banyak melakukan kegiatan di dalam ruangan, kamu bisa memilih tabir surya ber-SPF 30 agar kulit tak berminyak. Sebaliknya, kalau kamu lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, kamu bisa menggunakan sunblock ber-SPF 50.

  1. Gunakan secara tepat.

Penggunaan tabir surya harus dilakukan dengan tepat, yaitu setiap hari sebelum kulit terkena sinar matahari. Oleskan tabir surya  segera setelah kamu membersihkan wajah dan kondisi kulit benar-benar kering agar dapat menempel dengan baik pada kulit. Selain itu, oleskan tabir surya sekitar 15-20 menit sebelum kulit terpapar langsung dengan sinar matahari agar perlindungannya lebih maksimal, ya.

  1. Aplikasikan secukupnya & merata.

Aplikasikan tabir surya secukupnya saja agar dapat menempel baik dan merata di kulitmu. Terlalu banyak mengoleskan tabir surya justru dapat mengakibatkan kulit makin berminyak.

  1. Gunakan ulang tabir surya setelah berkeringat.

Ketika berkeringat, seperti saat berolahraga, tabir surya bisa jadi akan luntur. Untuk itu, aplikasikan kembali tabir surya untuk mempertahankan perlindungan pada kulit tetap maksimal.

Selain lima tips penggunaan tabir surya sebelum ke luar rumah di atas, jangan lupa untuk melengkapinya dengan melakukan perawatan wajah begitu selesai beraktivitas. Berikut cara menghilangkan minyak berlebih pada wajah yang bisa kamu lakukan di rumah, Girls.

Cuci muka secara rutin

Cara mengatasi minyak berlebih pada wajah yang pertama adalah dengan mencuci muka secara rutin dan menggunakan sabun khusus untuk kulit berminyak. Tapi ingat untuk tidak melakukannya terlalu sering karena hanya akan membuat kulitmu kering dan merangsang lebih banyak produksi minyak. Sebaliknya, cucilah wajah dua hingga tiga kali sehari menggunakan CLEAN & CLEAR® FOAMING Facial Wash yang mengandung Salicylic Acid untuk membersihkan minyak dan kotoran secara menyeluruh tanpa membuat kulit menjadi kering,

Gunakan toner

Tahukah kamu? Toner memiliki fungsi untuk memperkecil pori-pori wajah serta mengurangi produksi minyak berlebih karena ia bekerja hingga ke dalam pori sehingga dapat membantu membersihkan minyak dan kotoran yang menyumbat. Sebaiknya pilih toner yang kandungannya oil-free dan memang diformulasikan untuk mengatasi minyak berlebih di wajah supaya hasilnya lebih maksimal, seperti CLEAN & CLEAR® Oil-Control Toner. Selain itu, langkah ini ternyata juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi komedo lho, Girls.

Jaga kebersihan kulit

Langkah selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan kulit muka dari pemicu meningkatnya produksi minyak. Sebaiknya, singkirkan poni atau bagian rambut lainnya yang menganggu wajah. Selain itu, sediakan selalu tisu wajah atau kertas minyak seperti CLEAN & CLEAR® Oil Control Film sebagai pertolongan pertama untuk menyerap minyak di tengah aktivitas kamu, Girls.

Yuk, terus jaga kesehatan kulit dengan menerapkan cara merawat dan cara menghilangkan minyak berlebih pada wajah yang tepat!