Skip to main content

Title

Toner Homemade Alami untuk Kulit Wajah

Sejak beranjak remaja, kamu mungkin merasa bahwa kini kulitmu jadi cenderung berminyak dan rentan berjerawat, ya? Hal ini nggak cuma dialami oleh kamu kok, Girls. Di usiamu kini, produksi hormon Androgen di tubuh memang sedang meningkat. Efeknya, kelenjar minyak di bawah kulit jadi lebih aktif berproduksi. That’s why, kulitmu lebih mudah mengilap, bahkan meski beberapa saat yang lalu kamu baru saja mencuci muka. Makanya, setelah mencuci muka, kamu disarankan mengaplikasikan toner.

Nggak hanya membantu menyeimbangkan kembali pH kulit setelah dibersihkan dengan sabun, toner juga mampu membuat kulit terasa segar lebih lama. Sebab, toner membantu meminimalkan dan mengontrol produksi minyak di bawah permukaan kulit. By the way, kamu bisa lho membuat toner sendiri di rumah. Penasaran gimana caranya? Baca info berikut ini yuk, Girls!

 

  1. Toner Sari Cuka Apel

Kalau kulitmu tergolong tipe kulit normal, yuk, coba buat toner sari cuka apel sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

  • 2 sdm sari cuka apel.
  • 2 sendok makan air.

Cara membuat:

Campurkan sari cuka apel dan air pada sebuah mangkuk, kemudian aduk rata menggunakan sendok. Toner pun siap digunakan.

Antioksidan yang terkandung pada sari cuka apel membantu menarik racun dan sisa kotoran keluar dari pori-pori kulit. Kulit pun tak lagi tersumbat kotoran sehingga bisa “bernapas” dengan baik.

 

  1. Toner Teh Hijau

Kalau jenis kulitmu kombinasi, kamu bisa mencoba membuat toner teh hijau. Sebab, selain kaya antioksidan, teh hijau bermanfaat menyeimbangkan produksi minyak pada wajah.

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir air.
  • 1 kantong teh hijau.

Cara membuat:

  • Didihkan 1 cangkir air kemudian masukkan 1 kantong teh hijau ke dalamnya selama 3-5 menit.
  • Buang kantong teh dan tunggu hingga suhu teh di cangkir kembali normal.
  • Pindahkan teh ke mangkuk kecil agar lebih mudah digunakan. Selanjutnya, oleskan air teh ke wajah setelah mencuci muka.

 

  1. Toner Mentimun

Untukmu yang memiliki jenis kulit berminyak, kamu bisa mencoba membuat toner dari mentimun, Girls. Nggak cuma kaya air sehingga baik untuk menghidrasi kulit, buah yang satu ini juga dikenal sebagai Astringent alami, lho! FYI, Astringent adalah zat yang mampu menyegarkan, menyerap kelebihan minyak, sekaligus memperkecil pori-pori kulit. Pas banget kan untuk merawat kulitmu yang bermasalah dengan minyak berlebih dan pori-pori besar?

Bahan-bahan:

  • 1 buah timun segar, parut halus.
  • 1 sdt air lemon.

Cara membuat:

Campurkan timun segar dan air lemon, kemudian aduk rata. Bila sudah, kamu bisa mengaplikasikan campuran ini sebagai toner wajah.

Oya, perlu diingat, toner wajah dari bahan alami ini bisa jadi akan memberikan efek yang berbeda-beda pada tiap orang. Jadi, bila setelah mencobanya muncul tanda-tanda iritasi seperti kemerahan atau rasa gatal, sebaiknya kamu segera menghentikan pemakaian, ya. Selain itu, segera kompres kulitmu menggunakan air es untuk meredakan gejala iritasi.

Nah, apabila kamu tidak memiliki waktu untuk membuat toner dari bahan-bahan alami tersebut, kamu juga bisa menggunakan toner yang didesain khusus untuk kulit remajamu, yaitu CLEAN & CLEAR® Essentials Oil-Control Toner. Toner dari Clean & Clear® ini mengandung formula bebas minyak yang dapat dapat bekerja hingga ke dalam pori untuk membantu membersihkan sisa minyak dan kotoran, serta mencegah jerawat dan komedo. Hasilnya, kulit pun akan terasa bersih dan halus.

Nah, selamat mencoba membuat toner sendiri di rumah, ya.