Skip to main content

Biasanya, penggunaan kacamata membuat area tertentu di hidungmu jadi tampak belang. Hal ini tentu bisa mengganggu penampilan bila kamu berencana melepaskan kacamata dan beralih ke softlenses untuk menghadiri acara spesial seperti malam perayaan tahun baru nanti. Eits, tapi jangan sedih, Girls. Sebenarnya ada kok tips untuk menghindari kulit belang akibat penggunaan kacamata. Berikut selengkapnya. Simak, yuk!

  1. Jaga Kebersihan Kacamata

Sebagai benda yang sering menempel di wajahmu, kacamata perlu dibersihkan secara rutin. Ini bertujuan untuk mencegah bakteri dan kuman dari kacamata berpindah ke kulit wajah. Jadi, bersihkan kacamatamu secara tertatur sehari sekali, ya. Nggak cuma bagian lensanya, kamu juga perlu membersihkan bagian gagang kacamata dan nosepad. Gunakan kain berbahan micro-fiber yang sudah dibasahi dengan air dan sabun untuk melakukannya.

  1. Gunakan Pelembap yang Oil-Free dan Non-Comedogenic

Tekanan dari kacamata membuat pori-pori di kulit tertutup dalam durasi yang cukup lama setiap harinya. Bila pelembap wajah yang kamu gunakan sehari-hari tinggi kandungan minyak, pori-pori kulit di area yang sering tertekan kacamata pun jadi lebih rentan tersumbat sehingga kulit ditumbuhi komedo dan tampak kusam. Oleh sebab itu, pilihlah pelembap wajah yang bersifat oil-free dan non-comedogenic, ya. Dengan begini, risiko pori-pori tersumbat dan munculnya komedo pun berkurang, sehingga kulit nggak kusam dan warnanya terlihat nggak belang. 

Nah, apabila kamu punya masalah minyak di wajah, kamu juga bisa menggunakan sabun cuci muka khusus remaja yaitu CLEAN & CLEAR® Essential Foaming Facial Wash. Busa lembutnya bekerja membersihkan minyak dan kotoran dari kulit wajah tanpa membuatnya kering, serta senantiasa mengontrol kadar minyak di wajahmu hingga delapan jam. Kulit pun terasa bersih dan halus lebih lama.

  1. Gunakan Masker Wajah Secara Rutin

Supaya warna kulit cerah merata, rutin mengenakan masker wajah alami jadi tips merawat wajah yang juga perlu kamu terapkan. Terkait hal ini, masker bengkuang bisa jadi pilihan. Dengan kandungan vitamin B1, vitamin C, dan zinc, bengkuang membantu mencerahkan kulit secara alami sehingga warnanya tampak lebih merata.

  1. Rutin Aplikasikan Toner ke Kulit

Penggunaan toner sebagai bagian dari perawatan kulit harian juga nggak boleh disepelekan. Penggunaan toner, terutama di bagian bekas kacamata, akan membuat kulit di sekitarnya menjadi lebih kuat dan elastis. Hal ini secara nggak langsung mencegah kerusakan jaringan di sekitar kulit yang sering dihimpit oleh bingkai kacamata.

Untuk menghindari bekas kacamata yang mengganggu, kamu juga bisa mencoba mengurangi penggunaan kacamata di waktu-waktu tertentu saat tidak dibutuhkan, seperti saat sedang bersantai di rumah atau menjelang waktu tidur.

Nah, nggak takut lagi kan kulit jadi belang karena penggunaan kacamata?