Skip to main content

Title

Perawatan untuk Kulit Sensitif

Cara merawat kulit wajah tentu nggak bisa dilakukan dengan sembarangan. Kamu perlu tahu karakter kulitmu agar dapat merawatnya dengan benar dan menjaganya tetap sehat. Kalau kamu termasuk cewek dengan wajah yang mudah merah dan panas setiap habis mencuci muka, bisa jadi kamu memiliki wajah sensitif.

Supaya kamu bisa merawat kulit sensitif dengan benar, yuk ketahui terlebih dahulu serba-serbi kondisi kulit kamu ini!

Apa sih kulit sensitif itu?

Kulit sensitif adalah kondisi kulit yang mudah bereaksi dengan faktor luar seperti udara, bahan kimia dalam produk kecantikan, maupun udara. Reaksi yang ditunjukkan biasanya berupa bisul atau bintik-bintik merah, kulit yang menjadi sangat kering dan mudah merah. Itulah sebabnya, bagi pemilik kulit sensitif, kamu perlu betul-betul mengetahui cara merawat kulit wajah yang benar untuk mencegah atau memperparah reaksi tersebut.

Bagaimana cara mengetahui kulit tergolong sensitif atau tidak?

Saat reaksi yang disebutkan di atas muncul, sebaiknya kamu memeriksakan terlebih dahulu ke dokter spsesialis kulit untuk memastikan apakah kondisi tersebut muncul akibat kulit yang sensitif atau hanya alergi pada zat-zat tertentu. Dengan mengetahui jenis kulitmu sedini mungkin, kamu pun bisa merawat sekaligus mencegah munculnya risiko gangguan sesuai karakter kulit yang kamu miliki.

Nah, jika ternyata kamu adalah salah satu orang dengan kulit sensitif, kamu perlu tahu apa saja dos and don’ts untuk si kulit sensitif, Girls.

 

Dos:

  • Saat memilih makeup, sebaiknya pilih produk yang memiliki label non-comedogenic dan hypoallergenic. Produk ini biasanya berbahan dasar air (bukan alkohol) dan cenderung ringan sehingga tak mudah menyumbat pori-pori. Meskipun bahan-bahan makeup pilihan kamu terbilang cukup aman untuk pemilik kulit sensitif, kamu tetap nggak boleh lupa untuk membersihkan sisa makeup dan mencuci muka sebelum tidur, ya.
  • Rajinlah mengonsumsi sayur serta buah yang kaya akan antioksidan. Debu, polusi, dan radikal bebas yang ada di sekitar kita, dapat memberikan efek buruk bagi kulit. Oleh sebab itu, jika dikonsumsi secara rutin, buah seperti anggur, strawberry, serta sayuran berdaun hijau gelap dapat melindungi kulit sensitifmu melawan radikal bebas dari dalam, Girls. Ini adalah salah satu cara merawat kulit wajah sensitif selain menggunakan produk perawatan muka. Tak lupa, pastikan kamu juga menjaga kelembapan kulit dengan banyak minum air putih, ya.
  • Selalu gunakan sunscreen sebelum beraktivitas ke luar rumah. Kebiasaan ini sebetulnya merupakan hal yang wajib diingat baik bagi pemilik kulit sensitif maupun tidak. Pasalnya, apabila terlalu sering terkena paparan sinar UV secara langsung, kulit jadi lebih mudah berjerawat, timbul flek hitam, serta kehilangan elastisitasnya. Itulah sebabnya, kamu membutuhkan sunscreen dengan SPF setidaknya 30 untuk melindungi kulit dari efek samping sinar UV tersebut. Pakailah tabir surya setidaknya 30 menit sebelum kulit terkena matahari dan ulangi setiap dua jam sekali.

Don’ts:

  • Hindari menggunakan terlalu banyak produk pada wajah. It’s a big no-no buat kamu pemilik wajah sensitif. Pada lapisan kulit, terdapat kelenjar keringat, lapisan epidermis, serta sel-sel lain yang dapat terganggu keseimbangannya ketika kamu menggunakan banyak produk. Idealnya, kulit hanya dapat menerima maksimal tiga jenis produk pada wajah untuk menjaganya dari reaksi iritasi seperti jerawat.
  • Jika wajahmu sedang dalam kondisi berjerawat, sebaiknya hindari sering menyentuh dan bahkan memencet jerawat tersebut, ya. Pertama, ketika kamu menyentuh jerawat, tangan kamu belum tentu dalam keadaan bersih. Sehingga, bakteri lebih mudah masuk ke dalam pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat baru atau peradangan pada jerawat lama. Kedua, ketika kamu memencet jerawat, kamu justru merusak lapisan epidermis kulit secara paksa sehingga menyebabkan luka baru.
  • Jangan terlalu sering cuci muka. Jika kamu terlalu sering melakukannya, kulit jadi kehilangan kelembapan alami dan membuatnya jadi semakin kering. Dengan kondisi seperti ini, biasanya wajah akan terasa gatal, kencang seperti ditarik, dan juga merah. Mencuci muka cukup dilakukan dua hingga maksimal tiga kali sehari, yaitu pada pagi, siang, dan malam hari, kemudian dilanjutkan dengan memakai pelembap wajah untuk kulit kering dan kusam seperti CLEAN & CLEAR® Oil-Free Moisturizer yang senantiasa melembapkan kulit serta membantu merawat kulit berjerawat, sehingga kulit terasa bersih dan lembut.

Itulah cara merawat kulit wajah sensitif yang perlu kamu ingat. Jika kamu merasa ragu dengan produk perawatan yang kamu gunakan, nggak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit, ya.