Skip to main content

Tahu nggak sih, Girls? Ternyata, beda bentuk kapas, beda juga fungsinya lho. Nah, supaya ritual perawatan wajah yang kamu lakukan lebih efektif sehingga kulit tampak lebih cerah, kamu tentu perlu tahu kapas mana yang harus kamu gunakan. Untuk itu, yuk, cari tahu fungsi kapas berdasarkan bentuknya lewat artikel berikut!

  1. Kapas Persegi

Dibanding yang lainnya, kapas berbentuk persegi terbilang paling mudah dijumpai di pasaran. Kamu bahkan bisa membeli kapas ini dengan harga terjangkau, baik di toko-toko kecil maupun minimarket.

Dari segi tekstur, kapas persegi memiliki serat yang lebih tebal dibanding kapas lainnya. Selain itu, ukuran kapas ini juga relatif lebih besar, sehingga mampu menyerap cairan dalam jumlah banyak. Ini sebabnya, kapas persegi sering digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari membersihkan make up, mengusap cleanser, hingga menyapukan toner di permukaan wajah.

Nggak cuma digunakan pada ritual perawatan wajah, kapas persegi juga sering dimanfaatkan untuk beragam keperluan lain. Di antaranya yaitu untuk mengganjal sela-sela jari saat manicure dan pedicure, merapikan kuku yang sudah dipoles, mengoleskan krim ke kutikula, serta membersihkan cat kuku dengan aseton.

  1. Kapas Bundar

Kapas ini berbentuk bundar pipih dan ketebalannya agak tipis dibanding kapas persegi, Girls. Kapas bundar merupakan kapas hypoallergenic. Artinya, kapas ini aman digunakan pada kulit sensitif karena bertekstur super lembut, bebas serat, kuat, dan berdaya tahan lama. That’s why, saat kulit tengah meradang karena jerawat, kamu disarankan menggunakan kapas ini saat membersihkan wajah sehingga kulitmu nggak makin iritasi.

Secara umum, fungsi kapas bundar sama dengan kapas persegi, yaitu untuk mengaplikasikan cleanser dan toner serta menghapus make up. Tapi, kini beberapa produsen juga mulai memproduksi kapas bundar yang dilengkapi permukaan berteknologi microhead exfoliating surface. Jadi, bisa juga dimanfaatkan untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga cocok digunakan saat proses deep cleansing.

  1. Kapas Bola

Selain dua kapas di atas, ada juga kapas yang bentuknya menyerupai bola-bola kecil, Girls. Di samping untuk membersihkan make up, kapas jenis ini juga biasa dipergunakan untuk menyapukan bedak tabur, losion, dan baby oil ke kulit. Kapas bola perlu dijaga agar nggak terkena air, sebab saat basah, seratnya akan berantakan sehingga kapas nggak bisa lagi berfungsi dengan baik.

Nah, sudah lebih tahu ‘kan ragam bentuk kapas dan fungsinya masing-masing? Dengan begini, kamu bisa memilih kapas yang tepat sesuai kebutuhanmu.  

Seperti halnya kapas, sabun pembersih wajah juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik kulit remajamu, Girls. Kalau kamu menginginkan wajah lebih cerah, sabun cuci muka yang kamu pilih harus mengandung bahan-bahan alami yang nggak sekadar membersihkan tetapi juga membantu mencerahkan kulit dari dalam. Terkait hal ini, kamu bisa menggunakan CLEAN & CLEAR® Natural Bright Face Wash. Didesain untuk kulit remajamu, sabun cuci muka ini diperkaya Rosewater yang membersihkan dengan lembut, serta Honey & Glycerine yang membantu menjaga kelembapan alami kulit mu. Hasilnya, kulit pun tampak lebih cerah alami.