Skip to main content

Saat kulit berjerawat, yang biasanya terjadi adalah kamu menjadi cranky dan bad mood untuk melakukan aktivitas, apalagi kalau kamu punya agenda untuk hang out bareng teman-teman di akhir pekan. Rasanya tentu menyebalkan, ya. Kamu jadi nggak bisa tampil all out dengan makeup karena harus melakukan perawatan wajah berjerawat .

Eits, jangan khawatir dulu, Girls. Meskipun wajahmu berjerawat, bukan berarti kamu nggak bisa tampil cantik dengan menggunakan makeup. Justru, yang harus kamu perhatikan adalah cara memilih produk kecantikan yang aman digunakan untuk pemilik kulit berjerawat. Apa saja? Ini dia tipsnya!

 

  1. Pelembap.

Ini adalah salah satu jenis produk kecantikan yang nggak boleh dilupakan, dan pelembap yang kamu gunakan juga harus disesuaikan dengan jenis kulitmu, lho. Buat kamu pemilik wajah berjerawat, pilihlah pelembap yang berlabel non-comedogenic untuk mencegah tersumbatnya pori-pori dan oil-free, agar produksi minyak pada wajahmu tak berlebihan.

Selain itu, pastikan pelembap yang kamu pakai mengandung Salicylic Acid untuk membantu merawat kulit berjerawat seperti CLEAN & CLEAR® Oil Control Moisturizer . Tak hanya merawat jerawat, CLEAN & CLEAR® Oil Control Moisturizer juga dapat membuat kulit terasa bersih dan lembut. Sebaliknya, hindari produk yang mengandung cocoa butter atau mineral oil karena dapat membuat wajah lebih berminyak dan memicu timbulnya jerawat baru.

  1. Makeup.

Saat melakukan perawatan wajah berjerawatkamu harus benar-benar teliti dalam memilih makeup, ya. Hindari memilih produk berdasarkan brand-nya saja. Padahal, bahan yang terkandung di dalamnya justru lebih penting untuk diperhatikan, lho. Ketika akan memilih makeup, pastikan produk tersebut  mengandung air, karena kandungan ini cenderung lebih ringan di kulit sehingga tak terasa greasy atau berminyak.

Selain itu, bahan-bahan seperti silica, titanium dioxide, dan zinc oxide juga aman untuk digunakan karena bersifat menyerap minyak dan dapat menyamarkan kemerahan pada jerawat tanpa membuatnya semakin parah. Lagi-lagi, pastikan semua jenis makeup yang kamu gunakan memiliki label non-comedogenic (atau non-acnegenic), hypoallergenicnon-irritating, dan bebas minyak, ya.   

  1. Sunblock.

Sebagai orang yang tinggal di daerah tropis, benda yang satu ini nggak boleh ketinggalan untuk masuk di tasmu. Yes, it’s sunblock. Paparan sinar UVA dan UVB dari matahari, dapat berisiko menimbulkan kerut pada wajah bahkan kanker kulit. Supaya kulit wajahmu tetap terjaga dari risiko tersebut, kamu harus menggunakan sunblock dengan SPF setidaknya 30. Menurut dermatologist James M. Spencer, MD seperti tertulis di Webmd.com, tinggi rendahnya SPF yang terdapat pada sunblock, tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan untuk melindungi kulit dari UVB. SPF 15 dapat melindungi kulit dari UVB sebesar 94%, SPF 30 sebanyak 97%, dan SPF 45 sebesar 98%. Namun, tinggi SPF yang biasanya direkomendasikan oleh dokter kulit adalah sebesar 30.

Nah, untuk kamu pemilik wajah berjerawat, sebaiknya pilih sunblock yang berbahan dasar air dan mengandung zinc oxide atau titanium dioxide yang aman untuk perawatan wajah berjerawat dan berminyak. Sebaliknya, hindari produk yang mengandung benzophenone karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

 

Setelah memilih produk yang tepat, jangan lupa untuk selalu membawa CLEAN & CLEAR® Oil Control Film sebagai salah satu cara menghilangkan minyak berlebih pada wajah dan membantu menghilangkan kilap yang mengganggu. Kamu tentu nggak mau dong, kalau penampilanmu jadi terusik karena minyak pada wajah.

Nah, setelah mengetahui tips memilih makeup untuk wajah berjerawat, sekarang kamu nggak perlu lagi khawatir untuk menggunakan produk kecantikan yang aman untuk kondisi kulitmu. Kalau kamu masih belum yakin dengan keamanannya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit seputar perawatan wajah berjerawat, ya.