Skip to main content

Outfit dan aksesori warna hijau berhasil membuat temanmu terlihat bersinar, tapi kenapa  kulitmu jadi tampak gelap saat kamu memakainya? Atau, ada juga foundation yang cocok saja dipakai sahabatmu, tapi malah membuat kulitmu terlihat kusam. Sebal ya, Girls. Tapi, apa sih penyebabnya?

Perlu kamu tahu, tiap orang memiliki rona alami kulit (undertone) yang berbeda. Undertone adalah lapisan warna di bawah kulit yang memancarkan rona pada permukaan kulit. Inilah yang menyebabkan kita memiliki warna kulit yang berbeda. Untuk itu, agar  warna makeup maupun aksesori yang kamu pilih sesuai sehingga dapat membuat rona kulit kian terpancar, kamu perlu mengetahui undertone kulitmu terlebih dulu, Girls. Caranya mudah kok, berikut selengkapnya:

 

  1. Cek warna urat nadi.

Melihat warna pembuluh nadi pergelangan tangan di bawah sinar matahari menjadi cara mudah pertama yang bisa kamu coba untuk mencari tahu undertone kulitmu. Bila pembuluh nadi terlihat berwarna kebiruan atau keunguan, maka undertone kulitmu adalah cool, Girls; bila urat nadimu terlihat berwarna hijau, maka undertone kulitmu adalah warm. Sementara, bila nadi kamu terlihat berwarna antara biru dan hijau, berarti undertone kulitmu adalah netral.

  1. Warna perhiasan.

Perhiasan berwarna emas dan perak juga bisa kamu manfaatkan untuk mencari tahu undertone kulitmu. Caranya, kenakan kalung, gelang, atau cincin berwarna emas, kemudian bercerminlah. Selanjutnya, ganti perhiasan tadi dengan yang berwarna perak, kemudian kembali bercermin.

Bila perhiasan berwarna emas terlihat lebih cocok untukmu, jenis undertone kulitmu adalah warm. Sebaliknya, bila perhiasan berwarna perak lebih berhasil membuat kulitmu terlihat bersinar, maka undertone kulitmu adalah cool. Sementara, undertone kulitmu dikatakan tergolong netral bila dua warna tadi terlihat sama baik untuk kulitmu.

  1. Kertas putih.

Cara berikutnya, berdirilah di depan cermin sambil mendekatkan kertas putih ke area wajah atau lehermu. Jika terlihat tone kuning pada kulitmu, maka undertone kulit kamu adalah warm.

Sementara, bila kulit kamu terlihat berwarna pink atau kemerahan, maka undertone kulitmu adalah cool. Namun, bila kamu nggak bisa menentukan mana tone yang muncul, kemungkinan undertone kulitmu tergolong netral.

  1. Minta bantuan teman.

Bila warna kulitmu nggak bisa terlihat jelas karena kamu sedang berjerawat, kamu bisa meminta bantuan teman untuk mencari tahu undertone kulitmu. Caranya, mintalah temanmu untuk melihat warna kulit di bagian belakang telinga kamu. Jika kulit di bagian itu terlihat kekuningan, maka undertone kulitmu adalah warm, sementara jika terlihat pink atau kemerahan, maka undertone kulit kamu adalah cool.

  1. Efek sinar matahari.

Efek sinar matahari pada kulit juga bisa membantu kamu mengenali undertone kulitmu, lho. Bila kulit kamu cepat menghitam saat terkena matahari, maka undertone kulitmu adalah warm atau netral. Namun, jika sinar UV hanya membuat kulitmu kemerahan namun nggak membuatnya menghitam dengan cepat, artinya undertone kulitmu cool.

 

Setelah tahu undertone kulitmu, yuk ketahui warna-warna yang bisa kamu kenakan agar rona alami kulitmu kian terpancar lewat tabel berikut:

Nggak cuma lewat outfit dan aksesori yang sesuai dengan undertone kulit, rona cerah alami kulit juga bisa kamu maksimalkan dengan mencuci wajah secara rutin menggunakan CLEAN & CLEAR® Natural Bright Face Wash. Didesain untuk kulit remajamu, sabun cuci muka ini diperkaya rosewater yang membersihkan dengan lembut, serta Honey & Glycerine yang membantu menjaga kelembapan alami kulit mu. Hasilnya, kulit pun tampak lebih cerah alami.

Nah, setelah membaca pemaparan di atas, nggak perlu pusing lagi kan mencoba beragam tips memutihkan wajah supaya bisa tampil bersinar?