Skip to main content

Girls, mungkin kamu pernah ya pengin punya kulit seputih temanmu, sampai-sampai kamu mencoba berbagai cara memutihkan kulit? Padahal, kulit ideal bukan berarti harus putih. Pada dasarnya, sebagai orang Indonesia, kita memang terlahir dengan warna kulit beragam. Apa pun warnanya, yang terpenting kulitmu cerah dan sehat. Nah... agar kamu bisa memberikan perawatan yang tepat, kenali dulu yuk,  jenis-jenis warna kulit cewek Indonesia.

  1. Putih

Sebenarnya, jenis warna kulit yang satu ini nggak asli Indonesia sih, Girls. Biasanya, warna kulit ini dimiliki oleh cewek Indonesia keturunan Tionghoa atau Eropa. Tapi, berbeda dengan kulit putih khas Eropa dan Tionghoa yang cenderung pucat, kulit putih khas cewek Indonesia terlihat lebih segar dan tanpa freckles (bintik-bintik noda hitam). 

  1. Kuning langsat

Jenis warna kulit khas Asia ini juga banyak dimiliki oleh cewek Indonesia, Girls. Berbeda dengan kulit putih yang membuat pemiliknya terlihat segar, kulit kuning langsat membuat pemiliknya terlihat hangat dan bersahabat. Katanya sih, zaman dulu, warna kulit yang satu ini jadi simbol kecantikan perempuan Indonesia, lho!

  1. Sawo matang

Menurut Fitzpatrick yang dijuluki sebagai bapak ilmu dermatologi modern, jenis warna kulit sawo matang merupakan warna kulit asli bangsa kita. Ini sebabnya, nggak sulit buatmu untuk menemukan orang dengan warna kulit ini di Indonesia. Atau, mungkin kamu termasuk pemilik jenis warna kulit yang satu ini, ya?  

Jadi, kenapa mesti nggak pede karena kulitmu nggak seputih sahabatmu? Ketimbang pusing mencoba menjadikan kulit lebih putih, yuk, cari tahu langkah tepat merawat kulit supaya kamu bisa lebih pede dengan wajah cerah alami apa pun warna kulitmu. Berikut selengkapnya:

1. Konsumsi Cukup Air Putih

Apa pun tone warna kulit kamu, penuhi kebutuhan nutrisi kulit dan perhatikan asupan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih dua liter per hari. Sebab, rutin mengonsumsi air putih membuat proses produksi hormon esterogen dan peredaran darah dalam tubuh semakin lancar. Hal ini membuat organ-organ tubuh, termasuk kulit, lebih ternutrisi sehingga tampak lebih segar dan rona alaminya kian terpancar.

2. Gunakan Sunblock

Paparan sinar matahari yang intens juga bisa membuat warna kulit jadi lebih gelap dan tampak kusam. Oleh sebab itu, jangan lupa aplikasikan sunblock secara merata ke kulit sebelum berpanas-panasan.

Untukmu yang memiliki tone kulit sawo matang, pilihlah sunblock dengan SPF standar (SPF 15 – 20) dan memilih produk berbahan dasar air. Sebab, umumnya, kulit dengan tone gelap memproduksi minyak lebih banyak. Sementara, bila kamu memiliki skintone cerah, kamu disarankan memilih sunblock ber-SPF tinggi (SPF 25 atau lebih), mengingat kadar melanin yang sedikit pada kulitmu membuatnya lebih rentan terbakar sinar UV. Di samping itu, sunblock yang kamu pilih sebaiknya juga mengandung pelembap supaya bisa membantu melembapkan kulit wajahmu yang cenderung lebih gampang kering.

3. Rutin Mencuci Muka Dengan Sabun Muka

Demi melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat, mencuci muka tentu sudah jadi salah satu rutinitas yang nggak pernah kamu lewatkan, ya, Girls? Terutama setelah pulang sekolah atau tiap habis berkegiatan di ruang terbuka. 

Eits, tapi ada yang perlu diingat, nih. Nggak cukup cuma dengan air, kamu juga perlu menggunakan sabun cuci muka yang tepat supaya cara membersihkan wajah yang kamu terapkan jadi lebih optimal.  Contohnya dengan CLEAN & CLEAR® Natural Bright. Didesain untuk kulit remajamu, sabun cuci muka ini diperkaya Rosewater yang membersihkan dengan lembut, serta Honey & Glycerine yang membantu menjaga kelembapan alami kulit mu. Hasilnya, kulit pun tampak lebih cerah alami.

Hal lain yang perlu diingat, perbedaan skintone membuat frekuensi mencuci muka juga jadi berbeda, Girls. Untuk yang berkulit sawo matang, kamu perlu mencuci muka lebih sering supaya minyak nggak menumpuk di kulit wajah. Sebaliknya, kalau skintone kamu tergolong cerah, kamu cukup cuci muka secara rutin dua kali sehari, mengingat minyak yang diproduksi kulit nggak terlalu banyak. Meski begitu, sesuaikan juga frekuensi cuci muka dengan jenis aktivitasmu, ya.

Nah, itulah tiga tips menjaga dan merawat kesehatan kulit sesuai jenis skintone. Dengan perawatan yang tepat, kulit pun lebih sehat sehingga bisa terlihat lebih cantik, Girls. Yuk, bangga dengan kulit kamu apa pun warnanya!