Skip to main content

Selama ini paparan sinar matahari diyakini berisiko membuat kulit terlihat kusam dan gelap. Tapi ternyata ada pula lho yang justru menyatakan sebaliknya, bahwa berjemur di bawah sinar matahari bisa menjadi salah satu cara mengatasi jerawat. Apa benar demikian? Berikut pembahasannya.

 

Sinar Matahari Menghambat Bakteri Penyebab Jerawat

Girls, jerawat dipicu oleh tersumbatnya pori-pori kulit oleh bakteri yang bernama P. acnes. Dikutip dari Crowdvoice.com, Dr. Ava Shamban yang merupakan seorang ahli kulit dari Los Angeles, mengungkapkan bahwa perkembangan bakteri ini bisa terhambat bila kulit terkena paparan sinar matahari. Inilah sebabnya, jerawat seolah terasa berkurang setelah kamu berjemur di pinggir kolam renang, pantai, atau ketika melakukan kegiatan outdoor lainnya.

 

Sinar Matahari Seolah Menyamarkan Jerawat

Paparan sinar matahari dapat secara alami membuat kulit terlihat lebih gelap. Menurut dr. Holly Kanavy, seorang asisten profesor dan direktur dari Pharmacology at Montefiore Health System and Albert Einstein College of Medicine, inilah yang menyamarkan warna jerawat di kulit wajahmu. Dengan demikian, jerawat pun seakan tidak terlihat, padahal ia tetap ada.

 

Efek Sinar UV pada Jerawat di Kulit

Awalnya sinar matahari memang bisa membuat jerawat di kulitmu cepat mengering, tapi sebenarnya ini cuma sementara, Girls. Penting diingat, sinar matahari juga mengandung sinar ultraviolet (UV) yang dapat memicu kulit mengeluarkan minyak secara berlebih. Efeknya, bakteri penyebab jerawat pun lebih mudah menempel di kulit.

 

Alasan lainnya, terpapar sinar matahari terlalu lama juga memicu tubuh mengeluarkan lebih banyak keringat. Hal ini membuatmu harus berulang kali menyeka wajah demi mengusir keringat. Padahal, sering menyeka wajah langsung dengan tangan bisa membuat kondisi kulit wajah memburuk karena kebersihan tangan kamu belum tentu terjaga. Nggak cuma itu, sinar UV dari matahari juga bisa mempercepat penuaan dini dan meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit.

 

Jadi, ketimbang berjemur, sebaiknya coba cara lain yang lebih aman dan banyak direkomendasikan, ya, untuk mengontrol produksi minyak dan mengurangi jerawat di wajahmu. Di antaranya yaitu mencuci muka secara rutin sebanyak dua hingga tiga kali sehari dan konsumsi air putih dua liter per hari.

Di samping itu, kamu juga disarankan teratur menggunakan CLEAN & CLEAR® Oil-Free Moisturizer. Pelembap wajah dari CLEAN & CLEAR® ini dapat membantu melembapkan kulitmu tanpa memberikan rasa berminyak, sekaligus mencegah jerawat dan komedo berkat kandungan Salicylic Acid-nya, kulit terasa bersih serta lembut.

Nah, demi kecantikan kulit kamu, yuk terapkan langkah tepat untuk atasi masalah jerawat!