Skip to main content

Title

Kenapa Berenang Bisa Membuat Kulit Kusam?

Supaya bersih dari kuman dan tampak lebih jernih, air kolam renang sering ditambahkan senyawa kimia yang disebut kaporit. Sayangnya, senyawa kimia yang satu ini ternyata membawa efek negatif untuk kulit kamu. Setelah berenang di kolam renang mengandung kaporit, kulit biasanya jadi terasa kering dan kusam. Kok bisa ya? Berikut ulasannya, Girls:   

 

  1. Kaporit pada air kolam menghasilkan senyawa kimia lain

Meski efektif membunuh kuman dan membuat air terlihat lebih jernih, penambahan kaporit pada air kolam renang ternyata juga memicu terbentuknya senyawa kimia lain pada air yang disebut dengan Trihalometana (THM). Para ahli mengungkapkan, bila kita terpapar THM terlalu sering, produksi radikal bebas di tubuh akan meningkat sehingga semakin besar risiko terjadinya kerusakan sel-sel tubuh, termasuk sel-sel kulit.

 

  1. Kaporit merusak lapisan kolagen kulit

Tahukah, Girls? Kaporit pada air kolam renang juga bisa menyebabkan kulit tubuh dan wajah kusam. Sebab, saat zat ini masuk lewat pori-pori, ia akan merusak lapisan pelindung kolagen. Sebagai info, kolagen ialah senyawa protein yang memengaruhi elastisitas dan kecantikan kulit serta mencegah terjadinya kekusaman. That’s why, kulit akan cenderung terasa kering dan terlihat kusam setelah berenang, terutama bila kamu melakukannya dalam durasi yang cukup lama.

 

  1. Kaporit bisa memicu sel-sel kulit mati menumpuk

Nggak cuma memicu kekusaman karena berpotensi merusak lapisan pelindung kolagen, kaporit juga dapat merusak tampilan kulit karena memicu terjadinya keratinisasi. Dalam bahasa awam, keratinisasi adalah kondisi di mana sel-sel kulit mati menumpuk di lapisan kulit terluar (epidermis). Saat hal ini terjadi, sel-sel kulit pun mengeras dan kehilangan inti selnya. Efeknya, kulit wajah akan terasa tebal, kusam, dan nggak segar. Jerawat dan komedo juga jadi lebih mudah muncul, karena sel-sel kulit mati dan minyak yang diproduksi kulit menyumbat pori-pori.

 

Tapi, jangan khawatir, Girls. Sebab, kamu bisa kok mengurangi efek negatif kaporit pada kulit dengan perawatan yang tepat. Misalnya dengan segera membilas tubuh dan wajah menggunakan air bersih, serta menerapkan perawatan kulit yang tepat, termasuk mencuci muka dengan Clean&Clear® Natural Bright.

Didesain untuk kulit remajamu, Clean&Clear® Natural Bright diperkaya rosewater yang membersihkan dengan lembut, serta Honey & Glycerine yang membantu menjaga kelembapan alami kulitmu. Wajah pun tampak lebih cerah alami.

Nah, kini kamu pun bisa berenang dengan lebih tenang tanpa khawatir kaporit membuat kulit terlihat kusam.