Skip to main content

Cara membersihkan wajah dengan benar memang harus kamu ketahui untuk menjaga kesehatan kulitmu. Tidak hanya memerhatikan faktor kebersihan, hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kulit wajah sehat dan cerah adalah dengan berolahraga.

Dengan aktif bergerak, aliran darah di tubuh bisa lebih lancar sehingga membantu proses regenerasi kulit. Itulah sebabnya, kamu wajib memulai kebiasaan sehat ini mulai sekarang untuk mencegah munculnya berbagai masalah kulit di wajahmu. Cobalah untuk meluangkan waktu saat weekend pagi untuk sekadar jogging atau melakukan olahraga lain di luar rumah. Sebab, ketika kamu berolahraga di luar ruangan, udara segar di pagi hari dapat membantu produksi hormon serotonin yang dapat membuat mood menjadi happy. Selain itu, pemandangan di sekitar dapat mengurangi risiko kamu merasa bosan saat berolahraga.

Agar aktivitas berolahraga kamu dapat berlangsung dengan nyaman dan memberikan hasil lebih maksimal, ada baiknya kamu siapkan dulu hal-hal berikut ini sebelum keluar rumah, ya.

  1. Makanan & Minuman. 

    Hindari berolahraga dalam keadaan perut kosong, Girls, karena kondisi seperti ini justru bisa membuatmu lebih mudah lelah bahkan hingga mual akibat kurangnya kadar gula pada darah. Padahal, kamu membutuhkan gula dan kalori yang kemudian akan dibakar oleh tubuh menjadi energi. Itu sebabnya, sebaiknya kamu mengisi perut terlebih dahulu dulu agar bisa mendapatkan energi yang cukup untuk bergerak aktif.

    Sebelum mulai berolahraga, sebaiknya hindari makanan dengan porsi besar. Semakin banyak makanan yang kamu konsumsi, tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencernanya. Sebaliknya, kamu cukup makan dengan porsi yang membuat perutmu merasa ‘cukup’ dan tak terlalu kenyang, ya. Perhatikan juga bahwa kamu harus memberi jeda waktu selama kurang lebih dua jam antara makan dan berolahraga, ya. Hal ini bertujuan agar tubuh dapat menyerap semua nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi sebelum menjadikannya energi untuk beraktivitas.

    Jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi sebelum berolahraga adalah satu buah pisang atau semangkuk oatmeal yang kaya akan energi. Tak lupa, konsumsilah air putih sebanyak 500 mL selama satu hingga dua jam sebelum berolahraga dan 150 mL air setiap 10 menit selama berolahraga untuk mencegah terjadinya dehidrasi.
     

  2. Pakaian.

    Tak hanya cara membersihkan wajah dengan benar yang perlu kamu perhatikan. Pemilihan pakaian saat beraktivitas juga menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan untuk menjaga kesehatan kulitmu. Saat berolahraga, sebaiknya gunakan pakaian berbahan katun yang dapat menyerap keringat. Selain itu, hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat karena dapat mengganggu sirkulasi udara dalam tubuh. Sebaiknya pilih baju yang sedikit longgar namun tetap nyaman dipakai untuk bergerak. Jangan lupa, siapkan juga jaket yang waterproof untuk berjaga-jaga kalau tiba-tiba hujan turun ya, Girls.

    Selain menyiapkan pakaian yang akan kamu kenakan saat berolahraga, jangan lupa siapkan pakaian ganti apabila kamu berolahraga di daerah yang cukup jauh dari rumah, ya.  Jadi, setelah berolahraga, kamu bisa langsung mengganti pakaian agar tak lembap dan menimbulkan jerawat pada bagian tubuh lain selain wajah.
     

  3. Perawatan wajah.

    Selain mengisi energi dan memilih pakaian yang cocok, kamu juga nggak boleh lupa untuk mempersiapkan kulit wajah sebelum ia berkeringat dan terpapar sinar matahari. Bersihkan terlebih dahulu sisa minyak pada wajah dengan mencucinya. Setelah itu, gunakan pelembap agar kulit wajah tetap terhidrasi. Rutinitas ini termasuk satu cara membersihkan muka dari jerawat, lho, Girls.

    Apabila kamu akan berolahraga di tempat terbuka yang jaraknya cukup jauh dari rumahmu, ada baiknya kalau kamu membawa serta perlengkapan perawatan wajahmu, ya. Bawalah sabun cuci muka, pelembap, serta handuk kecil agar kamu selalu siap untuk membersihkan wajahmu usai berolahraga dimana saja dan kapan saja. Nah, untuk kamu yang memiliki tipe kulit wajah normal atau berminyak, kamu bisa gunakan sabun cuci muka CLEAN & CLEAR® Foaming Facial Wash karena mengandung bahan aktif anti-bacterial yang dapat membantu mencegah jerawat, komedo, serta minyak berlebih. Untuk pelembabnya, kamu bisa pakai CLEAN & CLEAR® Oil-Free Moisturizer, karena dapat melembabkan kulit sekaligus membantu mencegah jerawat. Kombinasi sabun cuci muka serta pelembab wajah dari CLEAN & CLEAR® ini dapat senantiasa menjaga agar wajahmu tetap terasa bersih, halus, dan lembut.
     

  4. Sunscreen.

    Benda yang satu ini tentunya sudah menjadi sebuah kewajiban untuk disiapkan sebelum kamu pergi ke luar rumah sebagai salah satu cara merawat kulit wajah dari paparan sinar matahari langsung. Setelah memakai pelembap, aplikasikan sunscreen sebagai perisai tambahan pada wajah kurang lebih 30 menit sebelum kamu berolahraga. Pastikan produk yang kamu gunakan cukup merata agar perlindungannya lebih maksimal. Apabila kamu merasa matahari cukup terik di hari kamu berolahraga, kamu juga bisa  menggunakan topi untuk melindungi kulit wajahmu.
     

  5. Peralatan tambahan untuk olahraga.

    Ingin bersepeda, main basket atau olahraga lain yang memerlukan peralatan tambahan? Pastikan terlebih dahulu peralatan yang akan kamu gunakan masih dalam kondisi yang baik, ya. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya cedera saat berolahraga dan tentunya agar kamu bisa main dengan nyaman. Jika punyamu sudah tak bisa dipakai, ada baiknya kamu cek terlebih dahulu apakah bisa meminjam dari teman atau menyewa peralatan tersebut di tempat berolahraga yang akan kamu datangi. Jangan sampai, rencanamu untuk berolahraga justru gagal karena tidak adanya peralatan yang memadai.

 

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebagai persiapan sebelum berolahraga di udara terbuka.

Ayo, jangan biarkan masalah pada wajahmu justru membuatmu malas bergerak. Dengan cara membersihkan wajah dengan benar dan pola hidup yang sehat, kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cerah kembali, Girls.