Skip to main content

Title

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat?

Hai, Girls! Tahukah kamu? Sejak memasuki usia remaja, terjadi sejumlah perubahan pada hormon tubuhmu, salah satunya adalah peningkatan kadar hormon Androgen. Hal ini kemudian memicu kelenjar minyak di bawah permukaan kulit lebih aktif berproduksi sehingga wajah jadi lebih berminyak dan cenderung rentan berjerawat. Oleh karena itu, kamu perlu memahami dan mempraktikkan cara membersihkan wajah dengan benar agar hasil perawatan wajah berjerawat yang kamu lakukan bisa lebih optimal. Yuk, kenali dulu jenis-jenis jerawat serta apa saja faktor penyebabnya lewat uraian berikut.

Jenis Jerawat

Secara awam, kamu mungkin hanya mengenal si merah jambu yang mengganggu kulit wajahmu dengan istilah ‘jerawat’. Padahal, jerawat sendiri terdiri dari beberapa jenis,  di antaranya:

  1. Blackhead atau komedo terbuka, terbentuk akibat minyak dan sel-sel kulit mati yang terjebak di pori-pori. Karena tumbuh di permukaan kulit, blackhead terkena udara sehingga warnanya menghitam dan terlihat jelas di kulit. Biasanya blackhead muncul di area hidung, dagu, dan pipi.
  2. Whitehead atau komedo putih, berupa benjolan putih tapi tidak bengkak dan kemerahan seperti jerawat pada umumnya. Kondisi ini terjadi karena pori-pori tersumbat oleh sel-sel kulit mati, keratin, minyak berlebih, dan bakteri. Namun, berbeda dengan komedo terbuka, komedo putih timbul di bawah permukaan kulit. Inilah yang menyebabkannya disebut komedo tertutup dan warnanya tak berubah menjadi hitam seperti komedo terbuka.
  3. Papula, berupa benjolan kecil berwarna merah yang berisi cairan dan minyak, serta terasa sakit saat disentuh.
  4. Pustula merupakan kelanjutan dari papula. Pustula terjadi ketika papula yang muncul di kulit tidak segera ditangani dan telanjur terinfeksi kotoran serta debu, sehingga kondisinya makin parah. Tampilan dari jerawat jenis ini yaitu berupa benjolan merah dengan puncak putih di atasnya.
  5. Nodula merupakan jerawat yang tak hanya terlihat jelas di permukaan karena berukuran besar, tetapi juga menghadirkan benjolan besar di bawah permukaan kulit, serta terasa sakit saat disentuh.

Agar Jerawat Tak Muncul dan Meninggalkan Bekas

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, yuk ketahui panduan merawat wajah untuk mencegah dan mengatasi jerawat agar si merah jambu tak meninggalkan bekas!

  1. Terapkan cara membersihkan wajah dengan benar. Cuci wajahmu secara rutin dua kali sehari, setiap pagi dan menjelang tidur. Bila dirasa perlu, bersihkan juga wajahmu setelah beraktivitas, terutama bila kegiatan yang kamu jalani membuat kulit terpapar langsung oleh debu dan kotoran dari luar. Jika kamu mempraktikkan cara membersihkan wajah yang tepat, hal ini akan meminimalisir peluang debu, kotoran, dan bakteri menempel di kulit lebih lama, sehingga jerawat nggak mudah muncul di kulit!
  2. Mengaplikasikan toner pada wajah setelah mencuci muka juga termasuk langkah membersihkan wajah yang benar dan perlu dilakukan. Sebab, tak hanya membantumu mengurangi produksi minyak di kulit, toner juga menyegarkan dan membantu memperkecil pori-pori.
  3. Sedia selalu tisu dan oil control film untuk mencegah minyak menumpuk di kulit dan membuat debu serta kotoran lebih mudah menempel. Untuk ini, CLEAN & CLEAR® Oil Control Film bisa jadi pilihan, untuk membantumu menyerap minyak berlebih dan menghilangkan kilap di wajah dengan segera, tanpa merusak make up.
  4. Terakhir tapi nggak kalah penting, jangan tunda rawat jerawat  pada kulit segera sejak ia mulai muncul, atau bahkan ketika ia belum muncul tapi sudah mulai kamu rasakan di kulitmu. Sebab, jika kamu menundanya, kondisi jerawatmu bisa jadi lebih parah nantinya. Semakin awal penanganannya, maka akan semakin cepat pula  jerawat tersebut mereda. Terkait hal ini, kamu bisa mengandalkan CLEAN & CLEAR® Speed Clearing Acne Gel. Mengandung Salicylic Acid dan Active Botanical Formula, gel pereda jerawat dari CLEAN & CLEAR® ini dapat membantumu mengurangi kemerahan pada jerawat dalam waktu empat jam.

Nah, Girls, itulah beberapa jenis jerawat dan cara mengatasinya. Untuk perawatan harian, yuk terapkan cara membersihkan wajah dengan benar secara rutin agar kamu nggak direpotkan dengan kemunculan si merah jambu!