Skip to main content

Saat berpuasa, kamu mungkin merasa lemas dan lelah karena harus menahan lapar serta haus di siang hari. Kekurangan cairan di bulan puasa bisa membuat kulit kamu jadi terlihat lebih kusam dan tak bercahaya. Langkah awal untuk menjaganya tetap cerah adalah dengan mencuci muka memakai sabun cuci muka yang bagus. Selain itu, ada tips lain agar kulitmu tetap cerah berseri selama Ramadan, lho. Ini dia tipsnya:

Perawatan kulit dari dalam

  • Selain menggunakan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat, pastikan kamu tetap mendapatkan cukup air putih saat sahur dan berbuka, minimal delapan gelas atau lebih setiap hari. Kamu juga bisa meminum minuman lainnya, seperti teh hijau yang menyehatkan. Tak hanya sehat untuk tubuh, teh hijau juga bisa membantu meremajakan kulit kamu.
  • Jika kulit kamu sensitif atau alergi terhadap susu sapi, sebaiknya hindari mengonsumsi terlalu banyak produk susu ataupun olahannya, karena dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat yang dapat membuat wajah tampak kusam. Susu sapi mengandung hormon IGF-1 (Insulin-Like Growth Factor I) yang dapat membuat bayi sapi menjadi tumbuh besar dan kuat. Sementara pada manusia, hormon sejenis ini cenderung menyebabkan inflamasi sehingga dapat memicu munculnya jerawat.
  • Kurangi minuman yang mengandung kafein. Selain kopi, minuman seperti teh dan soda juga mengandung kafein dan dapat menyerap mineral serta cairan dalam tubuh, sehingga kulit kamu jadi kering. Karena itu, gunakan pelembap wajah untuk kulit kering dan kusam agar kelembapan kulit kamu tetap terjaga sepanjang hari.
  • Hindari terlalu banyak makan makanan manis, sebab dapat menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Ketika kamu mengonsumsi makanan manis, gula yang masuk ke tubuh membuat produksi insulin meningkat. Akibatnya, minyak pada wajah bertambah dan berisiko menyumbat pori-pori yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat.
  • Perbanyaklah makan sayuran dan buah untuk menjaga kesehatan dan kesegaran kulit kamu selama berpuasa. Selain baik untuk kesehatan, nutrisi yang terdapat di dalam buah dan sayur dapat membantu memperbaiki proses regenerasi sel-sel kulit sehingga membuatnya terlihat lebih bercahaya, seperti buah apel, strawberry, sayur bayam, dan juga tomat. Tak hanya itu, dengan banyak makan sayuran dan buah, kamu juga bisa terhindar dari masalah kulit berjerawat, lho.

Perawatan dari luar

  • Jaga kualitas tidur. Saat Ramadan, kamu harus bangun lebih pagi untuk sahur. Itulah sebabnya, kamu wajib menjaga kualitas tidur. Tidur cukup dapat membuat wajah kamu terlihat segar di pagi hari, dan mencegah munculnya lingkaran hitam di bawah mata.
  • Mencuci wajah dengan air suam-suam kuku, ini bisa kamu lakukan untuk menjaga kelembapan kulit. Sebaliknya, hindari menggunakan air yang terlalu hangat ya, Girls, karena justru dapat membuat kulit lebih kering.
  • Memakai sabun cuci muka yang bagus untuk menjaga kebersihan wajah. Meski sibuk dengan berbagai aktivitas saat puasa, jangan lupa untuk selalu mencuci muka dua kali sehari, sehingga debu dan kotoran yang menempel di kulit wajah bisa disingkirkan dan tak berpotensi berkembang menjadi jerawat. Tak hanya itu, wajah yang bersih akan membuat kamu terlihat lebih cerah..

Agar kesegaran kulit wajah kamu selalu terjaga saat puasa, kamu bisa andalkan CLEAN & CLEAR® FOAMING Facial Wash sebagai facial wash yang bagus untuk membantu membersihkan minyak dan kotoran sehingga kamu terhindar dari jerawat dan komedo. Kulit pun dapat terasa bersih dan halus karena kandungan Salicylic Acid-nya yang mampu membantu membersihkan kotoran secara menyeluruh, tanpa membuat kulit jadi kering.

Dengan memakai sabun cuci muka yang bagus ini, kamu tak perlu khawatir dengan masalah kulit wajah yang mungkin kamu alami di bulan puasa. So, selamat menjalani Ramadan tahun ini dengan wajah cerah, ya!