Skip to main content

Punya sahabat yang siap menemanimu kapan dan di mana saja tentu bikin hari-harimu terasa lebih seru, Girls. Namun, seakrab apa pun kamu dan sahabatmu, pasti ada saja momen di mana ia melakukan sesuatu yang nggak kamu suka. Misalnya, saat dia menyombongkan diri karena merasa jauh lebih pintar ketimbang teman-temanmu yang lain. Nah, bila hal ini terjadi, sebagai sahabat yang baik, kamu perlu menegurnya. Tapi, bagaimana caranya, ya? Simak tipsnya, yuk!

  1. Cari Momen yang Pas

Sebelum berbicara dengan sahabatmu, perhatikan kondisinya terlebih dulu. Jika ia sedang nggak fit atau bad mood, lebih baik tunda keinginanmu untuk menegurnya sampai kondisinya benar-benar membaik. Sebab, sama halnya dengan kamu, sahabatmu akan cenderung lebih sensitif saat kondisinya nggak prima. Kamu nggak mau dong niatmu untuk membantunya menjadi pribadi yang lebih baik justru memicu pertengkaran di antara kalian? Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan situasi di sekitar sebelum menegur sahabat. Usahakan kamu menegurnya secara personal di tempat yang nggak ramai supaya ia nggak merasa dipermalukan, ya.

  1. Sampaikan dengan Cara yang Tepat

Ketika berbicara dengannya, pilih dengan cermat setiap kata yang akan kamu ucapkan. Usahakan teguranmu nggak terkesan menghakimi apalagi menyudutkannya. Misalnya, bila sahabatmu kerap menyombongkan diri di depan kelas karena nilai ujiannya selalu bagus, kamu bisa menegurnya secara private saat makan berdua di kantin dengan bilang, “Sebagai sahabat, aku bangga kamu selalu mendapatkan nilai yang tinggi, tapi menurutku sebaiknya kamu nggak terlalu sering memamerkannya di depan kelas. Takutnya orang lain akan menilai kamu sombong, meskipun bukan itu niat kamu. Karena disampaikan dengan kata-kata dan nada yang nggak menyakiti hati, kemungkinan besar sahabat akan menerima teguranmu ini sebagai masukan positif.

  1. Siapkan Diri atas Segala Konsekuensi

Meski poin pertama dan kedua sudah kamu praktikkan dengan baik, belum tentu sahabatmu nggak tersinggung saat ditegur. Jadi, sebelum menegur, siapkan juga mentalmu untuk menghadapi kemungkinan terburuk yang bisa terjadi, ya. Ingat, apa pun respon yang akan dikeluarkan oleh sahabatmu, kamu harus menanggapinya dengan kepala dingin. Jangan sampai emosimu ikut terpancing.

Berusahalah mendengarkan dengan baik alasan atau pembelaan yang sahabatmu sampaikan atas perilakunya. Setelah itu, sampaikan pandanganmu tentang pembelaan itu secara baik-baik. Dengan begini, sahabat mungkin akan lebih paham mengapa menurut kamu ia perlu memperbaiki diri.

Meski nggak mudah, menegur sahabat untuk membantunya menjadi pribadi yang lebih baik perlu dilakukan, Girls. Sebab, bila nggak pernah diingatkan lewat teguran, bisa jadi sahabatmu nggak akan pernah sadar bahwa yang dia lakukan itu salah dan membuat kesal banyak orang. Lagipula, memendam kesal terus-terusan pada sahabat juga nggak baik lho. Hal ini bisa bikin kamu stres sehingga wajah jadi rentan berjerawat.

Nah, kalau sudah telanjur berjerawat, kamu perlu menerapkan tips menghilangkan jerawat yang efektif supaya kulit wajah bisa kembali mulus. Terkait hal ini, kamu bisa mencoba mencuci muka secara rutin menggunakan CLEAN & CLEAR® Acne Clearing Cleanser. Mengandung Salicylic Acid yang bekerja hingga ke dalam pori, sabun cuci muka khusus remaja ini membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan minyak berlebih. Selain itu, kandungan Active botanical-nya yang unik juga membantu mengurangi kemerahan dan memberikan rasa sejuk pada kulit yang berjerawat. Supaya lebih optimal, iringi juga dengan penggunaan CLEAN & CLEAR® Speed Clearing Acne Gel yang dapat membantu merawat kulit berjerawat dengan cepat. Formula mikro-gel yang mengandung Salicylic Acid dan Active Botanical Formula pada produk ini membantu mengurangi kemerahan serta ukuran jerawat hanya dalam waktu empat jam setelah digunakan.

Nah, sekarang sudah tahu ‘kan bagaimana cara menegur sahabat saat ia melakukan kesalahan? Dengan begini, kamu nggak perlu ragu lagi deh saat hendak melakukannya.