Skip to main content

Title

Tips Untuk Tidur Yang Cukup Selama Bulan Ramadan

Di samping pola makan yang berubah, kehadiran bulan suci Ramadan juga membuat kamu perlu menyesuaikan diri dengan perubahan pola tidur. Sebab, khusus di bulan ini, jam sarapanmu pindah ke dini hari, waktu di mana biasanya kamu masih tertidur lelap, Girls. Alhasil, durasi dan siklus tidurmu pun berubah atau bahkan berkurang. Hal ini nggak sekadar bisa memengaruhi staminamu keesokan harinya, tapi juga berimbas pada kadar hormon kortisol (hormon stres) di tubuh yang turut berdampak pada kondisi kulit wajah. Inilah sebabnya, tidur cukup jadi salah satu tips merawat wajah yang perlu dipraktikkan, selain mencuci muka secara rutin dua hingga tiga kali sehari.

Namun, tak perlu khawatir! Meski harus bangun lebih dini setiap hari untuk sahur, sebenarnya kamu tetap bisa kok mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas selama Ramadan. Mau tahu caranya? Simak tips berikut ini, Girls!

            

1.Sesuaikan jadwalmu di malam hari.

Di malam hari, sembari menunggu rasa kantuk datang, menonton TV, browsing di internet, atau berselancar di dunia maya mungkin jadi beberapa aktivitas pengisi waktu yang biasa kamu lakukan, ya? Tapi sebaiknya batasi aktivitas-aktivitas ini di malam hari selama Ramadan agar bangun sahur nanti nggak terasa berat.

Jika kamu suka lupa waktu saat asyik menjelajah media sosial,  batasi aktivitasmu berselancar di dunia maya dengan hanya memilih maksimal dua jenis social media per malam yang boleh dicek. Selain itu, sebaiknya tentukan juga durasinya. Contohnya, bila kamu sudah menetapkan jam 10 malam sebagai batas waktu maksimal terjaga, keluarlah dari akun social media-mu 15-20 menit sebelumnya. Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan perawatan wajah, mulai dari mencuci wajah dengan sabun cuci muka yang bagus, mengaplikasikan toner wajah atau bahkan mengenakan masker. Setelah semuanya selesai, segeralah tidur, Girls!

2.Makan makanan ringan saat berbuka.

Saat berbuka, kamu tentu tergoda untuk langsung mengonsumsi makanan-makanan berat yang mampu mengenyangkan perut. Namun, tetap ingat untuk mengendalikan diri agar tidak berlebihan ya! Alih-alih mengisi perut dengan makanan-makanan berat, semisal nasi, roti, goreng-gorengan, dan makanan bersantan, kamu justru disarankan mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi tanpa membuat perut terlalu kenyang, misalnya buah, telur, maupun kentang.

Selain membantu terhindar dari rasa kantuk dan begah saat menjalani tarawih, konsumsi makanan ringan dengan gizi tinggi akan menjaga tubuhmu ternutrisi dengan baik selama puasa, sekaligus membuat kamu lebih mudah tidur di malam hari. Sebab, makanan berat butuh waktu lebih panjang untuk diproses tubuh. Dengan begini, ketika waktu tidur tiba, tubuh sudah rileks karena tak harus bekerja keras mencerna makanan di perut dan kamu pun lebih mudah tertidur lelap.

3.Lakukan olahraga ringan.

Girls, sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa olahraga secara rutin setiap hari tak hanya mampu meningkatkan kualitas tidur seseorang, tetapi juga membuat mereka bisa lebih cepat memasuki tahap tidur yang lebih dalam. Hal ini terjadi karena level hormon stres pada tubuh akan menurun secara otomatis beberapa jam setelah berolahraga. Jadi, demi waktu tidur yang cukup, tetaplah rutin berolahraga selama Ramadan ya.

Supaya olahraga yang kamu lakukan tak mengganggu puasamu, pilihlah jenis olahraga ringan seperti jalan kaki atau bersepeda selama 15-20 menit. Nggak cuma itu, pilih juga waktu yang tepat untuk berolahraga, yaitu satu jam menjelang berbuka puasa. Jadi, kamu nggak perlu menahan haus terlalu lama karena waktu berbuka sudah tinggal hitungan menit!

Yang nggak boleh dilupakan, jangan tunda mencuci muka begitu selesai berolahraga, apalagi bila olahragamu dilakukan di luar ruang. Bagaimanapun, menjaga wajah tetap bersih adalah tips merawat wajah yang ampuh untuk melindungi kulit dari masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo, dan minyak berlebih.

Dalam hal ini,  CLEAN & CLEAR® FOAMING Facial Wash bisa kamu andalkan. Mengandung Salicylic Acid, sabun pembersih wajah dari CLEAN & CLEAR® ini dapat membantumu membersihkan kulit dari kotoran dan minyak secara menyeluruh, serta menjaganya hingga delapan jam, tanpa membuat kulit terasa kering. Wajah pun terasa lebih bersih dan halus.

Nah, dengan tips merawat wajah dan mencukupi waktu tidur di atas, kulitmu pun bisa tampil #SiapTerus selama puasa!