Skip to main content

Beraktivitas sesuai passion memang menyenangkan ya, Girls? Namun, jangan sampai hal ini membuatmu lupa menerapkan tips merawat wajah sesuai jenis kulit. Apalagi bila aktivitas mengharuskan kamu untuk berada di luar ruangan, sehingga kulit banyak terpapar sinar matahari. Agar kulit nggak terlihat kusam dan gelap karena efek sinar UV, kamu harus rajin mengaplikasikan sunscreen sebelum beraktivitas.

Sebelumnya, yuk ketahui tips memilih sunscreen berikut agar produk yang kamu gunakan bisa melindungi kulit lebih maksimal.

  1. Sesuaikan dengan tipe jenis kulitmu.

Seperti yang kita tahu, tipe, jenis, dan warna kulit setiap orang berbeda. That’s why, cara merawat wajah pun harus disesuaikan dengan jenis kulitmu. Yuk, simak sunscreen yang cocok untuk kulitmu!

  1. Kulit wajah sensitif:
  • Pastikan produk yang akan kamu beli bebas kandungan PABA dan oxybenzone, karena dua zat ini bisa memicu iritasi kulit.
  • Pilihlah sunscreen yang mengandung zinc oxide dan titanium dionxide, sebab dua kandungan ini lebih lembut sehingga aman dipakai untuk kulitmu yang sensitif.
  1. Kulit berminyak:
  • Usahakan sunscreen pilihanmu berbahan dasar air, agar pori-pori kulit nggak tersumbat.
  • Ketimbang sunscreen berbentuk cream, pilihlah sunscreen berbentuk losion. Sebab, sunscreen berbentuk cream bisa membuat kulit semakin berminyak.
  1. Kulit kering:
  • Pilihlah sunscreen berbentuk losion karena lebih efektif melembapkan kulit.
  • Bila perlu, gunakan sunscreen yang mengandung ekstrak lidah buaya atau minyak jojoba agar bisa sekaligus meningkatkan kelembapan alami kulit.
  1. Sesuaikan juga dengan aktivitasmu.

Aktivitas yang kamu lakukan setiap hari juga memengaruhi pilihan sunscreen yang tepat untuk kulitmu. Jadi, bila kamu tergolong sering beraktivitas di luar ruang dalam durasi yang cukup lama, pilihlah produk yang mengandung SPF tinggi. Sebagai info, SPF ialah satuan yang menyatakan lama waktu sebuah produk sunscreen bisa melindungi kulit dari bahaya UV. Misalnya, bila pada kemasan sunscreen tertera tulisan SPF 30, artinya kulit kamu akan terlindungi dari sinar UV 30 kali lebih lama dibanding saat kulit tidak diberi sunscreen. Makin tinggi kadar SPF, makin lama pula perlindungan yang mampu diberikan sunscreen pada kulitmu, Girls.

Menyesuaikan sunscreen yang digunakan dengan bagian tubuh yang hendak dilindungi juga jadi tips merawat kulit yang perlu kamu ketahui. Karena kulit di area wajah lebih halus dan sensitif dibandingkan kulit di area tubuh lainnya, gunakan sunscreen dengan SPF lebih tinggi untuk area yang satu ini.   

Di samping dua hal tadi, cara mengaplikasikan sunscreen juga harus kamu perhatikan supaya tips merawat wajah dan tubuh yang kamu lakukan lebih efektif. Nggak cuma kamu balurkan ke kulit satu atau dua kali sehari, sunscreen perlu kamu ratakan setiap tiga jam sekali, terutama saat matahari sedang terik dan kamu harus berada di luar ruang dalam durasi yang cukup lama. Selain itu, balurkan sunscreen setidaknya 20-30 menit sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari. Hal ini bertujuan agar ia bekerja lebih optimal karena sudah terserap dengan baik ke kulitmu.

Selain rutin mengaplikasikan sunscreen sebelum beraktivitas untuk membuat kulit terlindungi, bawa selalu CLEAN & CLEAR® Oil Control Film di dalam sakumu untuk mengangkat minyak berlebih di kulit wajah yang mungkin muncul karena kamu berada di bawah sinar matahari cukup lama. Kebiasaan ini juga bisa membantumu terhindar dari jerawat lho, karena debu dan kotoran nggak mudah menempel di kulit wajah. Setelah aktivitasmu di luar ruang selesai, bersihkan kulitmu dengan CLEAN & CLEAR® Foaming Facial Wash dan akhiri dengan CLEAN & CLEAR® Oil Control Toner agar pori-pori bersih tuntas dari minyak, kotoran, serta sisa-sisa dari sunscreen yang tadi kamu pakai, sehingga kulit terasa segar kembali.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu soal memilih sunscreen untuk melindungi kulit, Girls. Yuk, pilih sunscreen yang tepat sesuai tips merawat wajah di atas supaya kulit terlindung dari bahaya sinar UV dengan lebih optimal!