Skip to main content

Sebagai individu yang berbeda, kamu dan sahabat mungkin punya sifat, minat, kebiasaan, ketertarikan, sampai jenis kulit yang berbeda pula, ya? Hal ini wajar kok, Girls. Sebab, tiap manusia memang terlahir unik. Jangankan kamu dan sahabatmu, dua orang yang jelas-jelas terlahir sebagai kembar identik saja nggak mungkin 100% ‘sama’.

Tapi, perbedaan bukan halangan untuk bisa kompak lho. Berikut beberapa tips untuk membuat persahabatan kian kompak. Check this out!

1.     Jangan Egois

Baik kamu maupun sahabat pasti nggak suka kan bila harus bersama orang yang hanya memikirkan dirinya sendiri? Untuk itu, agar persahabatan makin kompak dan langgeng, berusahalah mengontrol diri masing-masing untuk nggak egois. Jangan pernah memaksa sahabat untuk mengikuti apa yang kamu mau. Misalnya, bila saat weekend kamu bosan di rumah dan ingin hangout ke luar tapi sahabatmu bilang ia nggak bisa menemani, jangan memaksa. Cobalah memahami keputusannya karena bisa jadi ia sedang ada urusan lain atau sedang ingin istirahat di rumah saja. Memaksanya hanya akan bikin dia jadi nggak nyaman dan kamu terlihat egois lho. Kalau sahabat sudah merasa nggak nyaman bersama denganmu, gimana kalian bisa kompak?

2.     Saling Dukung di Saat Susah Maupun Senang

Supaya bisa kompak, kedekatan emosional antara kamu dan sahabat harus terjalin dengan baik. Kedekatan emosional ini bisa “dipupuk” dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan saling dukung satu sama lain, baik dalam kondisi susah maupun senang.

Contohnya, saat sahabatmu sedih karena nilainya jelek, selain menyemangatinya dengan kata-kata, kamu juga bisa menemani ia belajar jelang ujian remedial dilaksanakan. Bantu ia untuk mempelajari kembali materi pelajaran beberapa hari sebelum ujian. Sederhana sih memang, tapi saat kamu melakukannya dengan tulus, sahabatmu pasti tersentuh dan merasa beruntung sekali lho memiliki kamu sebagai salah satu orang terdekatnya.

3.     Jangan Pernah Gengsi untuk Minta Maaf Duluan

Rasanya persahabatan itu nggak mungkin selalu bebas konflik. Mulai dari perbedaan pendapat hingga kesalahpahaman, biasanya ada saja yang bikin hubungan kalian merenggang sementara. Nah, supaya hal ini nggak berlanjut, jangan pernah gengsi untuk meminta maaf atau mengajak ngobrol lebih dulu saat ada konflik, ya.

Meski kamu nggak salah, nggak ada salahnya kok menjadi yang pertama memulai pembicaraan. Berani memulai duluan itu menandakan kamu mampu bersikap dewasa. Sebab, kamu bisa mengalahkan egomu demi mempertahankan persahabatanmu.

4.     Bersenang-senang Bersama-sama

Saat kalian sama-sama punya waktu luang, ajak sahabatmu melakukan kegiatan yang seru dan menyenangkan bersama. Misalnya, mencoba mempraktikkan tutorial makeup yang kalian tonton di YouTube. Nggak cuma jadi alternatif kegiatan pengisi waktu yang menyenangkan, hal ini juga bisa bikin kamu dan sahabat lebih kompak. Sebab, kalian bisa saling bantu saat mengaplikasikan makeup ke wajah. Seru kan? Kalau sudah selesai, kalian juga bisa selfie bareng untuk mengabadikan hasilnya.

Eits, setelah asyik selfie, jangan lupa bersihkan wajahmu dari makeup supaya pori-pori kulit nggak tersumbat, ya. Kalau kamu memiliki tipe kulit berminyak, setelah menghapus riasan dengan makeup remover, kamu bisa cuci muka menggunakan CLEAN & CLEAR® Essentials Foaming Facial Wash. Busa lembut dari sabun cuci muka khusus remaja ini bekerja membersihkan kotoran dan minyak di wajah tanpa membuatnya kering, serta menjaganya hingga delapan jam. Bahan aktif anti-bacterial yang terkandung di dalamnya juga membantu mencegah timbulnya jerawat dan komedo, agar kulit senantiasa terasa bersih dan halus.

Meski ada banyak perbedaan di antara kalian, membangun kekompakan nggak sulit kok untuk dilakukan.