Skip to main content

Title

Tips Merawat Muka Bebas Stress

By Aulia | Monday, June 8, 2015

Tips merawat muka agar wajah tidak stress patut jadi perhatian kamu, loh! Aktivitas segudang dan beberapa hal yang jadi pikiran berhari-hari bisa memicu stress. Eh, tapi ternyata kulit muka juga bisa stress, loh! Wait what? Gimana ceritanya?

Jadi sudah ada yang tahu belum, kalau kulit muka juga bisa stress karena salah perawatan atau salah pilih produk. Masalahnya kalau kulit muka yang stress, akan sangat terlihat perubahannya. Dari mulai jerawat berlebih hingga kantung mata yang bikin kamu terlihat seperti panda. Kenali sebab dan cara merawat muka agar terhindar dari kulit stress, yuk!

 

 

Salah satu tanda kulit stress adalah kulit yang terlalu kering, seperti dehidrasi. Kekurangan cairan atau salah memakai sabun muka yang mengandung pewangi atau pH terlalu tinggi bisa menyebabkan kulit kehilangan minyak alaminya. Jika produksi minyak alami tertahan, kulit akan terasa kering dan kasar, dan kulit muka menjadi stress karena tidak ada minyak yang bisa diandalkan untuk menjaga kelembaban.

Jika kulit muka sudah terasa terlalu kering, kamu bisa mencoba tips perawatan muka alami seperti mengompres muka dengan timun atau tomat dingin dalam rangka memperbaiki pH kulit. Bisa juga coba mengembalikan kelembaban kulit dengan oil treatment yang sedang tren. Caranya mudah, dalam keadaan kulit sangat lembab (habis cuci muka, jangan dikeringkan langsung, cukup tepuk-tepuk dengan handuk lembut) oles dan pijat muka dengan minyak alami seperti Argan Oil atau Minyak Zaitun. Baiknya dilakukan sebelum tidur. Jika rutin, kulit muka bisa kembali kenyal dan lembab seperti semula.

Kalau minyak alami sudah kembali bekerja seperti semula, ganti sabun muka kamu dengan yang bebas pewangi dan pH yang setara dengan pH alami kulit wajah. Frekuensi cuci muka dengan sabun juga cukup dilakukan saat mandi pagi dan sebelum tidur.  Oh ya, jangan lupa minum air putih yang cukup setiap harinya, ya.

Jerawat yang mendadak muncul secara berlebihan dengan karakter yang berbeda dari jerawat biasanya juga merupakan salah satu tanda kulit muka stress. Kalau jerawat mulai muncul dengan jumlah yang tidak seperti biasanya dan terjadi abses, bisa jadi kulit muka kamu memang stress sekali. Paparan polusi, terlalu banyak konsumsi makanan berlemak dan berminyak, serta salah memilih produk perawatan muka bisa jadi penyebabnya. Cari pencetusnya, ya, dan stop hal yang menimbulkan jerawat. Jangan lupa, kalau kurang makan sayur dan buah, juga bisa menyebabkan kulit tidak sehat. Menyalahkan hormon kortisol yang dilepaskan saat tubuh stress tidak akan menyelesaikan masalah.

Coba tips merawat muka yang ini, ya, girls. Pertama jangan lewatkan rutinitas mencuci muka untuk membersihkan kotoran dan meluruhkan minyak berlebih dari wajah. Sebelum tidur, gunakan salep jerawat yang mengandung benozyl peroxide. Lakukan setiap malam agar bakteri penyebab jerawat hilang. Sambil menunggu jerawat sembuh, kamu bisa pakai concealer yang mengandung salicylic acid. Selain berguna menutup noda, kandungan salicylic acid bisa membantu penyembuhan jerawat. Terakhir, jika jerawat tidak terlihat membaik dan semakin banyak, jangan ragu untuk konsul ke dokter kulit, ya.

Mata panda atau lingkaran hitam di sekitar mata yang semakin jelas juga tanda kulit muka stress. Kalau memang sedang dikejar untuk menyelesaikan tugas yang menumpuk, jangan lupa untuk mengompres mata dengan media yang dingin. Bisa gunakan handuk yang disiram air es atau potongan timun yang sudah disimpan di kulkas. Lakukan perawatan ini setiap sebelum tidur, dan liat perubahannya.

 

 

Sebetulnya masih ada banyak tanda-tanda kulit muka yang stress. Mudahnya, jika kulit muka mulai terlihat berubah, entah itu mendadak kering atau memerah, mendadak jerawatan, atau mata terlihat sangat lelah, itu berarti kulit kamu sedang stress. Jaga dan rawat selalu kulit kamu, ya!

Jangan lupa simak tips merawat muka lainnya ya