Skip to main content

Title

Tips Menjaga Warna Kulitmu

“Supaya hasil makeup terlihat lebih natural, warna foundation dan makeup yang kamu gunakan harus sesuai dengan skin tone kamu.”

Sebagai remaja yang mulai senang bereksperimen dengan makeup, tips yang satu ini mungkin sudah nggak asing lagi buatmu ya, Girls? Tapi, apa sih sebenarnya skin tone itu? Apakah skin tone yang berbeda membuat perawatan yang harus kamu terapkan juga jadi berbeda? Supaya nggak bingung, simak penjelasan berikut ini, yuk!   

Skin tone merupakan warna yang terdapat pada lapisan kulit terluar kita. Umumnya, skin tone terbagi menjadi tiga, yaitu putih, sedang, dan kecokelatan. Berbeda dengan rona alami kulit (undertone) yang nggak akan berubah, skin tone bisa berubah karena pengaruh paparan sinar UV, debu, dan polusi udara.

Untuk itu, supaya kamu nggak bermasalah dengan warna kulit yang tampak nggak merata, kamu perlu merawat kulit dengan baik agar warnanya nggak berubah. Berikut selengkapnya:

 

  1. Lindungi dirimu dari matahari

Apa pun warna kulitmu, melindungi kulit dari paparan sinar UV penting dilakukan, Girls. Sebab, radiasi sinar UV dapat berbahaya bagi kulit dan bikin nggak nyaman karena sensasi rasa terbakar yang ditimbulkannya. Tapi itu bukan berarti kamu nggak boleh beraktivitas outdoor sama sekali lho. Untuk kamu yang suka beraktivitas bebas di luar ruangan, cukup balurkan tabir surya secara merata ke area kulitmu yang nggak tertutupi pakaian. Sinar matahari dapat meningkatkan produksi melanin (pigmen pemberi warna) pada kulit, dan saat kadar melanin meningkat, warna kulit pun akan tampak lebih gelap. Jangan sampai kulitmu belang-belang ya, bagian yang tertutup pakaian lebih terang, dan yang tidak tertutup pakaian lebih gelap. Gak masalah apakah tone kulitmu terang atau gelap, yang penting warnanya rata.

 

  1. Hindari polusi

Nggak hanya sinar UV, polusi udara juga jadi hal berikutnya yang perlu kamu hindari supaya tone alami kulitmu nggak berubah. Sebab, selain membuat tekstur kulit menjadi kasar, polusi juga dapat membuat kulit lebih kusam.

Supaya hal ini nggak terjadi, sebisa mungkin hindari terpapar langsung dengan polusi tersebut, dan jangan lupa untuk selalu kenakan masker anti debu dan polusi sebelum beraktivitas di tempat-tempat yang memiliki potensi berpolusi.

 

  1. Bersihkan kulit wajah secara teratur

Mengingat debu dan minyak berlebih juga bisa membuat kulit terlihat kusam, kamu juga perlu menerapkan cara membersihkan wajah yang tepat secara teratur, supaya tone kulitmu tetap cerah alami. Salah satunya dengan rutin mencuci muka dua hingga tiga kali per hari menggunakan sabun pembersih wajah yang lembut seperti CLEAN&CLEAR® FOAMING Facial Wash.

Mengandung Salicylic Acid, sabun cuci muka dari CLEAN&CLEAR® ini membantu membersihkan jerawat, komedo, dan minyak berlebih hingga delapan jam, tanpa membuat kulit terasa kering. Kulit pun terasa lebih bersih dan halus.

 

Nah, sekarang sudah lebih paham kan apa itu skin tone dan bagaimana perawatan kulit yang tepat untuk mempertahankannya? Jadi, yuk, rawat kulitmu dengan baik mulai sekarang!