Skip to main content

Supaya perawatan wajah yang kamu terapkan setiap harinya bisa lebih efektif, kamu perlu memahami kondisi kulitmu terlebih dulu, Girls. Terkait hal ini, selain mengetahui jenis kulit dan produk yang cocok untuk merawatnya, penting juga bagimu untuk memahami bagian-bagian pada kulit, termasuk pori-pori. Sebab, meski kulit sudah bebas dari komedo dan jerawat yang mengganggu, penampilanmu bisa kurang maksimal jika pori-pori tampak besar. Oleh sebab itu, yuk, ketahui beberapa fakta seputar pori-pori pada wajah berikut agar kamu tahu cara mengecilkan pori-pori di wajah dan bisa merawatnya dengan tepat! Berikut selengkapnya:

 

  1. Jumlah pori-pori di kulit manusia.

Tahukah, Girls? Sebenarnya pori-pori kulit adalah folikel atau kantung kecil tempat akar rambut tumbuh. Pori-pori terdapat di seluruh area kulit, kecuali bibir, telapak tangan, dan telapak kaki. Menurut para ahli, lubang-lubang kecil ini berfungsi sebagai jalan keluar minyak, keringat, dan zat-zat sisa metabolisme tubuh, dan jumlahnya diperkirakan lebih dari 2 miliar.

 

  1. Pori-pori kulit bisa membesar.

Selain jumlahnya yang fantastis, fakta menarik berikutnya yang juga perlu kamu tahu seputar pori-pori kulit yaitu ia bersifat elastis, Girls. Karena itu, makin banyak minyak yang keluar dari kulit, ukuran pori-pori akan semakin membesar. Pori-pori juga akan makin terbebani bila tertutup oleh kotoran dan sel-sel kulit mati, akibat dari jarang membersihkan kulit wajah.

 

Berhubung pori-pori besar membuatmu rentan bermasalah dengan jerawat, kamu tentu perlu tahu cara mengecilkan pori-pori di wajah untuk mengatasinya. Jangan khawatir, hal ini bisa kok dimulai dengan langkah mudah. Salah satunya adalah dengan mengatasi jerawat di wajah segera setelah ia muncul, menerapkan cara menghilangkan minyak berlebih pada wajah yang efektif, dan meminimalisir faktor-faktor pemicu hadirnya jerawat, termasuk menyentuh wajah menggunakan tangan secara langsung. Jika pori-pori lebih bersih dari minyak dan jerawat, maka ukurannya pun dapat lebih mudah mengecil, Girls.

 

  1. Air hangat bisa membuka pori-pori, air dingin menutupnya kembali.

Suhu juga bisa memengaruhi pori-pori kulit lho, Girls! Inilah sebabnya, sebelum membersihkan wajah, kamu disarankan menepuk-nepuk lembut permukaan wajah menggunakan handuk yang sudah direndam di air hangat terlebih dulu. Sebaliknya, setelah proses membersihkan wajah selesai, kamu disarankan menggunakan waslap atau handuk lembut yang sudah direndam dengan air es terlebih dulu sebagai cara mengecilkan pori-pori di wajah kembali.

Dengan melakukan dua hal tadi secara rutin sebelum membersihkan wajah, proses pembersihan wajah yang kamu lakukan bisa lebih efektif. Sebab, air hangat dapat membuka pori-pori sebelum kamu membersihkan wajahmu, sementara air dingin membantu menutup pori-pori kembali setelah dibersihkan.

 

  1. Tampilan pori-pori di kulit juga dipengaruhi usia.

Seiring bertambahnya usia, perkara memperkecil pori-pori di wajah bisa jadi makin sulit, Girls. Sebab, elastisitas kulit di usia dewasa tak lagi sebaik di usia anak-anak dan remaja. Inilah sebabnya, kamu perlu merawat kulit dengan baik sejak dini, agar pori-porimembesar tidak menjadi masalah untuk tampil #SiapTerus hingga kamu dewasa nanti.

Sebagai langkah awal, kamu bisa merawat wajah dengan menggunakan sabun cuci muka yang bagus dan dihadirkan khusus untuk kulit remaja seperti CLEAN & CLEAR® Daily Pore Cleanser.  Mengandung  Salicylic Acid, Apple Extract, Micro Beads, dan PURERICE, CLEAN & CLEAR® Daily Pore Cleanser dapat membantu menyerap serta mengurangi minyak berlebih di kulit wajah dan membersihkan kulit hingga ke pori-pori. Saat pori-pori lebih bersih dari minyak dan kotoran yang menyumbat, ia pun akan berangsur-angsur mengecil, sehingga nggak akan mengganggu tampilan wajah #SiapTerus kamu lagi.  

 

Nah, dengan mengetahui empat fakta seputar pori-pori di kulit wajah di atas, kamu pun bisa lebih bijak merawat kulit, sehingga cara mengecilkan pori-pori di wajah.