Skip to main content

Title

Tips Perawatan Wajah Untuk Mengurangi Dampak Buruk Di Ruang Ber-Ac

Tinggal di daerah tropis bisa terasa tak nyaman bagi sebagian orang. Selain karena udaranya yang panas, tingginya tingkat kelembapan udara membuat wajah cenderung berminyak dan mudah berjerawat. Akibatnya, kamu perlu pintar mencari cara menghilangkan minyak berlebih pada wajah supaya tak terlihat kusam dan tak berjerawat.

Tak hanya itu, salah satu kebiasaan kita saat cuaca terasa panas adalah sering menghabiskan waktu di dalam ruangan ber-AC (Air Conditioner) untuk menyegarkan tubuh dengan udara dingin. Saat berada di ruangan AC, bisa jadi kamu berpikir bahwa wajahmu tidak akan cepat berminyak, sehingga tidak perlu repot menghilangkan minyak berlebih pada muka. Betul nggak, Girls?

Namun ternyata menghabiskan waktu terlalu lama berada di ruangan ber-AC justru memiliki dampak buruk untuk kulit, terutama jika kamu berjerawat, lho. Mengapa begitu? Ini dia alasannya!

Kulit jadi kering dan menambah produksi minyak.

Ya, jerawat sering kali dikaitkan dengan kulit berminyak sehingga kamu akan melakukan berbagai cara menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Namun perlu dicatat bahwa kulit terlalu kering juga berpotensi timbul jerawat. Sebab, penyebab munculnya “si bintik merah” bukan hanya pori-pori yang tersumbat oleh minyak, tapi juga oleh debu, polusi, serta bakteri.

Nah, jika terlalu sering berada di ruang AC, kulit kamu berisiko menjadi kering, lho. Udara dingin yang dihasilkan oleh AC dapat membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya dan membuat tubuh dan wajah memproduksi lebih banyak minyak. Akibatnya, pori-pori jadi terbuka, sehingga memudahkan bakteri ataupun debu masuk dan tersumbat. Jika kamu tak rajin mencari cara mengecilkan pori-pori di wajahmungkin banget kondisi jerawatmu semakin parah, Girls.  

Udara AC tak selalu bersih.

Seperti yang kita tahu, angin yang dihasilkan oleh AC memang membuat udara terasa sejuk. Namun, hati-hati Girls. Mengingat polusi udara cukup tinggi, bukan tidak mungkin kalau filter AC yang terpasang lebih cepat kotor. Apabila filter AC tersebut tak rutin dibersihkan, itu artinya debu dan kotoran halus dapat ikut menempel di kulitmu setiap kali wajahmu terkena angin dari AC. Nah, kondisi seperti inilah yang biasanya membuatmu jadi berjerawat. Jadi, cek selalu kondisi AC untuk menghindari munculnya jerawat dan jangan pernah lupa untuk selalu mencuci mukamu dengan CLEAN & CLEAR® Acne Clearing Cleanser untuk membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan serta mengatasi minyak berlebih.

Setelah mengetahui dampak AC untuk kulit, kamu juga perlu tahu tips & trik agar kulitmu tetap lembap dan terjaga kesehatannya apabila kamu lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan ber-AC baik di sekolah atau di rumah. Berikut di antaranya:

  1. Cobalah untuk berjalan-jalan di luar ruangan untuk beberapa saat.

    Saat kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung, idealnya murid memang tidak meninggalkan kelas. Namun, kamu bisa memanfaatkan waktu pergantian jam pelajaran untuk sekadar keluar kelas dan menikmati hangatnya udara di luar. Atau, di waktu istirahat, bawalah menu makan siangmu untuk makan di kantin maupun koridor sekolah. Hal ini bisa membantumu mengurangi risiko kulit kering akibat AC, sekaligus menggerakkan dan meregangkan tubuh dengan berjalan-jalan.
     

  2. Biasakan tidur tidak menggunakan AC.

    Memang, jika sudah terbiasa tidur menggunakan AC, kamu pasti akan merasa nggak nyaman dan gerah ketika AC dimatikan. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan menyalakan AC sekitar setengah jam sebelum kamu tidur, kemudian matikan AC saat akan tidur. Selain baik untuk kelembapan kulitmu, tidur tanpa menggunakan AC ternyata membuat sirkulasi udara di kamarmu lebih lancar dan sehat, lho.
     

  3. Perbanyak minum air putih.

    Salah satu cara mengembalikan kelembapan kulit adalah dengan menambah cairan tubuh, yaitu perbanyak minum air putih. Jangan lupakan delapan gelas air putih dalam sehari agar kesehatan tubuh dan kelembapan kulit tetap terjaga. Jika berkenan, kamu juga bisa menambahkan potongan buah lemon untuk membersihkan racun yang ada di dalam tubuhmu.
     

  4. Selalu bawa pelembap di dalam tas.

    Kamu mungkin tidak melulu ingat untuk membersihkan minyak berlebih pada wajah ketika berada di luar ruangan AC. Namun, apabila kamu mulai merasa tangan atau kulit wajahmu mengering karena udara AC, segera oleskan pelembap untuk menghindari dehidrasi pada kulit. Selain itu, selalu sediakan lip balm untuk menjaga kelembapan bibir saat terpapar AC.
     

  5. Hindari menghabiskan waktu terlalu lama saat mandi dengan air hangat.

    Air hangat memang terasa nyaman ketika kamu sedang lelah. Namun, menghabiskan waktu terlalu lama untuk mandi dengan air hangat justru dapat membuat kulit menjadi semakin kering. Cukup habiskan waktu selama 5-10 menit apabila kamu mandi dengan air hangat, dan pastikan airnya tak terlalu panas. Jangan lupa, oleskan body lotion setelah mandi supaya kulitmu tak semakin kering.

Kini, kamu nggak hanya tahu cara menghilangkan minyak berlebih pada wajah, tapi juga cara mencegah dan mengatasi kulit kering akibat ruangan ber-AC. Jika saat ini kamu menemukan bintik merah di wajah, segera gunakan rangkaian produk CLEAN & CLEAR® Active Clear. Bersihkan wajahmu dengan CLEAN & CLEAR® Acne Clearing Cleanser, lalu oleskan CLEAN & CLEAR® Acne Speed Clearing Gel, karena bahan Salicylic Acid serta Active Botanical yang terkandung di dalamnya dapat bertindak lebih cepat untuk membantu mengurangi kemerahan jerawat sejak empat jam pemakaian.​