Skip to main content

5 Mitos Perawatan Wajah yang Paling Banyak Dilakukan

16 December 2019
Like0

cover_5_mitos_perawatan_wajah_yang_paling_banyak_dilakukan-min.jpg

5 Mitos Perawatan Wajah yang Paling Banyak Dilakukan

cover_5_mitos_perawatan_wajah_yang_paling_banyak_dilakukan-min.jpg

Hanya karena mengikuti mitos atau tradisi yang sudah ada di masyarakat, jangan sampai wajahmu jadi rusak ya, Girls. Simak dulu yuk lima mitos seputar perawatan wajah yang selama ini banyak dilakukan dan bahkan juga mungkin pernah atau masih kamu lakukan!

Mitos yang paling sering muncul yaitu kulit berminyak tidak perlu atau tidak butuh pelembap. Ini salah besar ya, Girls. Walaupun wajahmu berminyak, kamu tetap perlu menggunakan pelembap. Pelembap akan membantu kulit wajahmu untuk terhidrasi dengan baik. Jika tidak, maka kulitmu akan semakin kering dan wajahmu akan semakin berminyak. Wajah yang semakin berminyak ini adalah cara kulit untuk menjaga kelembapan alaminya. Jadi, tetap pastikan untuk tetap menggunakan pelembap, terutama setelah mencuci wajah. Pilihlah pelembap yang bertekstur gel agar mudah diserap dan tidak lengket di wajah.

Duh, yang satu ini juga salah banget ya, Girls. Memang sih cuci muka bisa membuat wajahmu jadi bebas minyak, tapi jika terlalu sering dilakukan wajahmu justru akan semakin berminyak. Semakin sering kamu mencuci wajah, maka wajahmu akan semakin kering karena kelembapan alami kulit terkikis sehingga nantinya wajahmu akan semakin berminyak. Jadi, cukup cuci wajahmu dua kali sehari di pagi dan malam hari. Pilihlah sabun wajah atau face wash yang lembut dan tidak membuat kulitmu jadi kering seperti Clean & Clear Foaming Face Wash. Kamu pun bisa menggunakan Clean & Clear Oil Control Film jika memang dirasa kulitmu terasa berminyak, jadi nggak perlu sering-sering cuci muka deh.

Pasti banyak dari kamu yang juga berpikir serupa, bahwa sunscreen hanya perlu digunakan jika sedang berada di luar ruangan saja, terutama jika cuaca sedang panas. Duh, itu salah banget ya, Girls. Kamu wajib untuk pakai sunscreen setiap hari dan reapply setiap 3-4 jam sekali. Ini untuk memaksimalkan kerja sunscreen, karena umumnya sunscreen akan mulai memudar saat terkena air atau keringat. Nah, saat cuaca mendung atau main ke gunung yang terasa dingin pun, kamu tetap wajib menggunakan sunscreen. Karena meski cahaya matahari tak terlihat, tapi sinar UV masih tetap ada dan siap menembus ke kulitmu. Bahkan sinar UV juga bisa menembus ke kaca, jadi di dalam ruangan jika kamu terpapar sinar matahari kamu tetap perlu menggunakan sunscreen ya.

Hayo, siapa di antara kamu yang setiap kali membersihkan wajah harus menggosok-gosok wajah dengan keras? Percayalah itu tidak berarti dan justru melukai wajahmu, Girls! Menggosok wajah dengan keras justru akan membuat wajahmu terluka akibat dari gesekan keras yang terjadi secara terus-menerus. Saat membersihkan wajah, cukup gosok wajahmu secara lembut dengan gerakan memutar.

Mitos yang terakhir ini juga salah banget ya, Girls. Jerawat tidak muncul karena kulit berminyak kok, karena kulit yang kering juga bisa memiliki jerawat. Pada dasarnya jerawat muncul karena kebersihan kulit yang kurang terjaga, bisa karena debu, polusi, penggunakan makeup, atau barang-barang di sekitar kita yang kotor. Selain itu, jerawat juga bisa muncul karena ketidakseimbangan hormon dari dalam tubuh. Jadi, sekali lagi perlu kamu ingat bahwa penyebab jerawat bukan dari kulit berminyak ya, Girls. Bahkan munculnya jerawat ini bisa dicegah kok, yaitu dengan membersihkan wajah dengan benar.

BACA JUGA: 5 Cara Detoks Kulit Wajah yang Bisa Dilakukan di Rumah