Skip to main content

Mau Menghilangkan Jerawat? Lakukan Perawatan Sederhana Ini!

10 February 2020
Like3

mau-menghilangkan-jerawat.jpg

mau-menghilangkan-jerawat.jpg

Mau Menghilangkan Jerawat? Lakukan Perawatan Sederhana Ini!

mau-menghilangkan-jerawat.jpg

mau-menghilangkan-jerawat.jpg

Munculnya jerawat di wajah tentu sangat mengganggu penampilan. Tidak hanya mengganggu karena menimbulkan kemerahan di wajah, jerawat juga menimbulkan rasa sakit (bahkan juga gatal) yang membuat rasa tidak nyaman di kulit wajah. Selain itu, setelah sembuh pun masalah jerawat masih berlanjut dengan meninggalkan noda bekas jerawat.  

Jerawat sendiri merupakan sebuah kondisi di mana folikel rambut di kulit tersumbat oleh minyak, bakteri, dan sel kulit mati. Penyebabnya pun beragam, mulai dari ketidakseimbangan hormon hingga kebiasaan membersihkan wajah yang kurang tepat. Nah, untuk menghilangkan jerawat, kamu bisa coba beberapa cara berikut.

1. Kurangi Kebiasaan Memegang Wajah

Kalau ingin menghilangkan jerawat, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah kurangi kebiasaan memegang wajah. Tangan merupakan bagian tubuh yang mudah kotor karena tanganmu dapat memegang banyak benda. Jadi jika kamu menyentuh wajah, bakteri dan kotoran yang ada di tangan dapat dengan mudah berpindah ke wajah dan menyebabnya clogged pore yang akhirnya dapat memicu jerawat.

2. Begadang

Sibuk nonton series atau main game hingga tengah malam? Kebiasaan buruk ini juga harus segera dibuang jauh-jauh kalau kamu ingin menghilangkan jerawat. Tanpa disadari, bedagang juga bisa menjadi salah satu faktor pemicu munculnya jerawat. Hal ini terjadi karena begadang dapat mengganggu ketidakseimbangan hormon dan membuat kulit jadi lebih sensitif.

3. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Untuk menghilangkan jerawat, bersihkan wajah secara rutin 2 kali sehari, di pagi dan malam hari. Sangat disarankan untuk membersihkan wajah dengan sabun pembersih yang lembut dan sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Jika kamu sehari-harinya selalu berada di luar ruangan, kamu bisa melakukan double cleansing di malam hari agar kotoran di wajah bisa terangkat sempurna. Kamu bisa memulai first cleansing dengan Clean & Clear Micellar Water dan dilanjutkan dengan Clean & Clear Foaming Face Wash.

4. Kontrol Minyak dengan Toner

Setelah mencuci wajah, kembalikan kelembapan wajahmu dengan menggunakan toner. Menggunakan toner juga akan membantu mengembalikan pH kulit. Kamu bisa menggunakan Clean & Clear Oil Control Toner yang mengandung salicylic acid yang bermanfaat untuk mencegah dan membersihkan komedo dan membantu menghilangkan jerawat.

5. Gunakan Pelembap

Apapun jenis kulitmu, menggunakan pelembap adalah hal yang sangat penting. Kulit yang lembap akan menghambat peningkatan produksi minyak berlebih di wajah yang bisa menjadi penyebab komedo dan jerawat. Yang perlu kamu pastikan adalah memilih pelembap yang oil-free dan non-comedogenic seperti Clean & Clear Essential Moisturizer sehingga tidak menyumbat pori dan bisa memicu munculnya jerawat.

6. Lindungi Kulit dengan Sunscreen

Setelah melakukan perawatan kulit dengan menggunakan toner dan pelembap, jangan lupa untuk melindunginya dengan sunscreen. Penggunaan sunscreen akan melindungi kulitmu dari paparan sinar UV yang menjadi salah satu pemicu atau memperparah kondisi jerawat di wajah. Gunakan sunscreen setiap pagi dan re-apply setiap 3-4 jam jika kamu beraktivitas di luar ruangan.

Jika kamu sudah melakukan tips-tips ini untuk menghilangkan jerawat namun wajahmu masih mudah berjerawat, coba cermati beberapa hal ini.

1. Hormon

Di usia remaja, kadar hormon progesteron pada cewek sedang aktif. Ini membuat kelenjar minyak jadi lebih aktif, jadi jangan heran jika saat remaja kulit jadi lebih berminyak. Kelebihan minyak ini dapat memicu sumbatan pada pori. Inilah yang kemudian membuat bakteri P. acnes (bakteri penyebab jerawat) berkembang biak dan menyebabkan peradangan pada kulit dalam bentuk jerawat.

2. Nutrisi

Nutrisi juga punya peran penting dalam perawatan kulit, termasuk masalah jerawat. Kebiasaan mengonsumsi makanan manis dan berminyak bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Ini terjadi karena makanan manis dapat memicu naiknya kadar gula darah sehingga mengakibatkan kulit jadi kering, sensitif, dan berjerawat. Sedangkan makanan yang berminyak dapat membuat kulit jadi lebih oily sehingga rentan berjerawat.

3. Kebiasaan Memencet Jerawat

Hayo, apakah kamu punya kebiasaan memencet jerawat? Jika iya, ini mungkin jadi penyebab kenapa jerawat di wajahmu tak kunjung sembuh. Jerawat akan terus muncul terutama di tempat yang sama karena terjadi iritasi pada kulit dan memicu jerawat untuk muncul kembali.

BACA JUGA: Nggak Cuma Di Wajah, Area Tubuh Ini Juga Rentan Muncul Jerawat!