Skip to main content

Bulan Desember selalu identik dengan liburan akhir tahun. Terkait hal ini, kamu mungkin juga sudah menentukan destinasi yang tepat untuk dikunjungi nanti, ya, Girls? Satu hal yang sering kali jadi kendala saat akan berlibur adalah soal packing.  Rasanya koper kamu tidak pernah cukup memuat barang yang ingin dibawa. Nah, simak dulu lima tips packing simpel berikut, yuk:

  1. Buat Daftar Packing

Jangan pernah melakukan packing secara mendadak. Lakukan hal ini beberapa hari atau bahkan beberapa minggu (untuk perjalanan jauh) sebelum keberangkatan. Cara ini akan memungkinkanmu untuk bisa membuat daftar packing dan jika perlu, membeli perlengkapan yang kamu butuhkan. Nggak cuma itu, kamu juga jadi punya lebih banyak waktu untuk mengecek barang-barang yang harus dibawa.

Supaya daftar packing sesuai dengan destinasi yang akan kamu kunjungi, cari tahu terlebih dulu beberapa info seputar tempat tujuan liburan, seperti temperatur cuaca dan rules terkait outfit yang dikenakan saat berkunjung. Contohnya bila kamu akan berkunjung ke Keraton Jogja, siapkan bawahan dengan panjang minimal selutut sesuai peraturan yang berlaku di Keraton. Sementara, jika kamu berkunjung ke tempat-tempat berhawa dingin, pastikan sweater ataupun jaket ada dalam daftar packing-mu.   

  1. Digulung, Jangan Dilipat

Girls, selama ini gimana cara kamu menyimpan baju di dalam tas untuk liburan? Kalau selama ini kamu melakukan packing dengan cara melipat baju, mulai sekarang, ganti cara tersebut dengan menggulung, ya. Kenapa? Karena menggulung baju membantumu menghemat lebih banyak ruang sehingga muatan tas bisa lebih banyak.

  1. Susun dari Berat ke Ringan

Setelah menggulung pakaian, saatnya kamu memasukkannya ke tas. Baik menggunakan ransel, tas jinjing, maupun koper, sebaiknya kamu selalu menyusun pakaian dan barang bawaan lain secara searah di dalam tas. Selain itu, tempatkan barang-barang dengan bobot paling berat di bagian bawah dan paling ringan di bagian atas. Misalnya, sweater di bagian bawah dan produk perawatan kulit alami di bagian atas. Dengan begini, mengambil barang-barang dari dalam tas pun jadi lebih mudah.

  1. Tas Kecil untuk Kebutuhan Primer

Karena ingin praktis, kamu nekad membawa satu jenis tas saja? It’s a big no! Ingat, Girls, selama di perjalanan nanti, mungkin saja lho kamu butuh mengambil uang, menunjukkan kartu tanda pengenal, menghubungi orang rumah, atau mengambil obat mual. Jadi, bawa juga sebuah tas kecil untuk menyimpan barang-barang penting seperti dompet, smartphone, obat-obatan, dan sebagainya, ya. Sehingga, saat barang-barang penting itu dibutuhkan, kamu nggak perlu membongkar tas berisi pakaian. Untuk mencegah terjadinya kehilangan, posisikan tas kecil ini di bagian depan tubuh, ya.

  1. Manfaatkan Jasa Laundry

Nick Huggins, seorang traveller sekaligus pemilik blog Nick’s Travel Bug, mengungkapkan bahwa ia selalu packing cuma untuk kebutuhan selama tujuh hari, nggak peduli seberapa lama ia travelling. Menurutnya, mencuci seluruh pakaian setiap seminggu sekali menggunakan jasa laundry jelas lebih memudahkannya ketimbang membawa banyak baju. Tips jitu ini bisa kau contek lho. Lagi pula, hampir seluruh hotel memiliki layanan laundry kan? So, persediaan pakaian kamu pasti aman.

Semoga tips itu cukup berguna ya, Girls. By the way, berhubung kamu akan banyak beraktivitas selama liburan, jangan lupa masukkan CLEAN & CLEAR® Essentials Foaming Facial Wash ke daftar packing-mu, ya. Busa lembut dari sabun cuci muka khusus remaja ini bekerja membersihkan kotoran serta minyak berlebih di wajah tanpa membuatnya kering, serta menjaganya hingga delapan jam. Bahan aktif anti-bacterial yang terkandung di dalamnya juga membantu mencegah timbulnya jerawat dan komedo. Kulit pun senantiasa terasa bersih dan halus. Jadi, kamu bisa #SiapTerus untuk tampil maksimal selama liburan.

Well, selamat bersiap menyambut liburan ya, Girls!