Skip to main content

Di usia remaja seperti saat ini, memulas wajah dengan makeup sebelum menghadiri event tertentu mungkin mulai sering kamu lakukan, ya? Hal ini wajar kok, Girls. Beranjak remaja, kamu bisa jadi mulai peduli terhadap penampilan dan kecantikan, terutama untuk area wajah. Oleh karena itu, kamu pun mulai suka mengenakan makeup dalam keseharian atau saat akan menghadiri event tertentu. Nah, hal ini perlu dibarengi dengan membersihkan wajah dari makeup sebelum tidur dengan sabun cuci muka yang bagus.

Kenapa? Yuk, ketahui efek negatif yang bisa terjadi pada kulit bila kamu terbiasa tidur dengan kondisi wajah masih full makeup, yaitu:

  • Garis-garis Halus Muncul Lebih Cepat

Siapa bilang usia menjadi satu-satunya faktor pemicu hadirnya garis halus tanda penuaan di kulit? Perlu dicatat bahwa terbiasa tidur dengan wajah yang belum dibersihkan juga bisa mendorong kerutan di kulit hadir lebih cepat sehingga wajah terlihat lebih tua, lho! Terlebih bila yang belum dibersihkan adalah makeup. Zat kimia yang terkandung pada makeup bisa meningkatkan kemungkinan wajah terkena radikal bebas, sehingga kolagen yang berfungsi meremajakan kulit dapat lebih cepat rusak. Untuk mencegah hal ini, terapkan cara membersihkan wajah dengan benar menggunakan sabun pembersih wajah yang tepat tiap sebelum tidur, ya!

  • Memicu Timbulnya Jerawat

Selain membuat kulitmu menua lebih cepat, terbiasa melewatkan rutinitas membersihkan wajah dari makeup sebelum tidur juga membuatmu lebih rentan berjerawat, Girls.

Malam hari adalah waktu bagi sel-sel kulit untuk melakukan regenerasi. Inilah sebabnya, kulit cenderung memproduksi lebih banyak minyak sewaktu kita tertidur. Bila sebelum tidur sisa makeup di wajah nggak dibersihkan terlebih dulu, ia akan bercampur dengan minyak yang diproduksi kulit dan berpotensi menyumbat pori, sehingga jerawat pun bermunculan di wajah. Oleh karenanya, rutin membersihkan wajah dengan sabun cuci muka yang tepat sebelum tidur nggak boleh disepelekan.

Jika selama ini kamu malas membersihkan wajah dari makeup karena nggak mau repot, kamu bisa kok mencoba panduan membersihkan wajah yang praktis di bawah ini:

  1.  Pertama-tama, mulailah dengan membersihkan makeup di bagian mata dan bibir. Agar lebih mudah, gunakan cairan atau krim penghapus makeup khusus bagian mata dan bibir saat melakukannya. Tuangkan krim atau cairan pembersih pada kapas, kemudian gosok lembut area mata untuk menghapus riasan. Lakukan hal yang sama pada area bibir. Ingat, hindari menggosok dua area ini terlalu keras untuk menghindari timbulnya rasa sakit dan iritasi kulit.
  2. Ambil susu pembersih atau makeup remover yang sifatnya lembut dan tuangkan pada kapas secukupnya. Selanjutnya, gunakan untuk membersihkan makeup di area wajah lain, selain mata dan bibir.
  3. Akhiri dengan mencuci muka menggunakan sabun cuci muka yang bagus dan sesuai kebutuhan kulit remajamu seperti CLEAN & CLEAR® Foaming Facial Wash. Mengandung Salicylic Acid, sabun cuci muka dari CLEAN & CLEAR® ini siap membantumu membersihkan minyak dan kotoran berlebih dari kulit wajah sehingga wajah terasa bersih menyeluruh dan bebas minyak hingga delapan jam. Untuk kesegaran yang lebih lagi, kamu juga bisa gunakan CLEAN & CLEAR® Oil Control Toner. Cukup tuangkan ke kapas, lalu usapkan ke seluruh wajah dan leher kamu.

Dengan wajah yang bersih dari makeup karena sudah dicuci dengan sabun cuci muka yang bagus, kamu pun bisa tidur lebih tenang tanpa khawatir masalah jerawat!