Skip to main content

Teman-teman menunjuk kamu sebagai ketua ekskul yang sedang kamu ikuti saat ini. Di satu sisi, kamu begitu antusias karena sudah diberi kepercayaan. Namun di sisi lain, kamu khawatir apa bisa menjalankan tugas ini dengan baik karena kamu minim pengalaman. Apakah kamu harus mengambil atau menolak tawaran ini?

Eits, kenapa harus khawatir, Girls? Selagi masih muda, justru ini kesempatan kamu untuk mencoba banyak hal baru dan mengasah kemampuan menjadi leader atau pemimpin. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba agar kamu bisa lebih percaya diri menerima tanggung jawab baru ini. Simak, yuk.    

1. Usir keraguan dalam dirimu

Mengingat kamu belum pernah punya pengalaman memimpin, di awal-awal masa jabatan, kamu mungkin akan sering meragukan kemampuanmu dalam hal leadership. Hal ini wajar kok, Girls, sebab bagaimana pun, ini kan memang pengalaman pertama buatmu. Meski begitu, sebaiknya jangan biarkan keragu-raguan ini mengganggu pikiranmu lebih lama, ya.

Segera yakinkan diri bahwa kamu bisa memimpin teman-temanmu dengan baik. Sebab, keyakinan yang kuat akan membantumu lebih percaya diri sehingga “potensi asli” kamu dalam hal leadership bisa lebih terlihat. Kamu juga bisa mengalihkan keraguan dengan lebih fokus melakukan tugas kamu tahap demi tahap.   

2. Jadi pribadi yang lebih bertanggung jawab

Sebagai leader, kini kamu tentu punya tanggung jawab lebih atas kemajuan ekskul yang kamu pimpin. Oleh sebab itu, upgrade selalu kualitas dirimu. Misalnya, jika selama ini kamu masih suka telat menghadiri gathering ekskul, mulailah datang lebih awal. Nggak cuma membuatmu terlihat lebih disiplin dan bertanggung jawab, kebiasaan ini juga membuatmu punya waktu lebih untuk menyiapkan diri sebelum memimpin gathering. Contoh lainnya, kamu bisa lebih proaktif meminta bimbingan pembina ekskul atau senior kamu bila ada hal-hal yang kurang kamu mengerti.

Demi kemajuan ekskul, tularkan juga kebiasaan ini pada teman-temanmu dan ajak mereka untuk melakukannya secara berkelanjutan. Dengan begini, ekskul yang kamu pimpin pun bisa lebih berprestasi karena kamu sebagai leader selalu bertanggung jawab.

3. Jalin komunikasi yang baik

Dalam konteks hubungan apa pun, kelancaran komunikasi memegang peran yang penting. Untuk itu, kamu perlu menjalin komunikasi yang baik, baik dengan pembina ekskulmu, maupun dengan teman-teman yang kamu pimpin. Dengan komunikasi yang baik, kalian akan lebih kompak sebagai sebuah tim, sehingga bisa sama-sama memperbaiki hal-hal yang selama ini masih dianggap kurang, serta mencari solusi bersama untuk tiap masalah yang dihadapi tim ekskul kamu.

Di sela-sela kesibukanmu menjalani peran baru sebagai leader, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan wajah ya, Girls. Sebab, kulit yang nggak terawat cenderung lebih mudah berjerawat dan berpotensi bikin kamu jadi nggak pede. Terkait hal ini, kamu bisa mengandalkan CLEAN & CLEAR® Foaming Facial Wash. Mengandung Salicylic Acid, busa lembut CLEAN & CLEAR® Foaming Facial Wash membantumu membersihkan minyak dan kotoran dari kulit wajah tanpa membuat kulit kering, serta mengontrol kadar minyak di wajah hingga delapan jam, sehingga kamu juga bisa terhindar dari jerawat dan minyak berlebih. Dengan tampilan wajah yang segar karena kulit nggak berminyak, kamu pun bisa lebih maksimal tampil sebagai leader di hadapan teman-teman. Good luck, Girls!