Skip to main content

Title

Makanan Yang Harus di Hindari Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Agar kondisi fisik dan tampilan kulit #SiapTerus selama sebulan penuh berpuasa, kamu bukan hanya perlu menjaga kebersihan kulit dengan sabun cuci muka yang bagus, tapi juga perlu memerhatikan makanan yang kamu konsumsi saat sahur dan berbuka, Girls! Ya, mengingat selama puasa kamu cuma punya dua kesempatan untuk menutrisi tubuh dan kulit dari dalam—yaitu saat sahur dan berbuka, usahakan kamu memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Jangan sampai makanan yang kamu konsumsi justru berimbas buruk untuk tubuh dan juga kulitmu.

Oleh karena itu, yuk, simak beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari baik saat sahur maupun berbuka puasa berikut. Check this out!

  1. Makanan yang berlemak.

Nggak bisa dipungkiri, lemak merupakan salah satu unsur penting yang perlu ada dalam menu harian kamu. Sebab, unsur yang satu ini memiliki beragam manfaat, mulai dari membantu penyerapan vitamin pada tubuh, menjaga fungsi otak tetap optimal, hingga melembapkan kulit. Meski begitu, nggak berarti kamu boleh bebas melahap makanan berlemak saat sahur dan berbuka.

Karena tergolong zat yang cukup sulit dicerna tubuh, konsumsi lemak perlu dibatasi, terlebih saat puasa, agar kamu nggak terkena sembelit. Sumber lemak yang dikonsumsi juga harus diperhatikan. Pastikan kamu mengonsumsi makanan sumber lemak baik seperti ikan, alpukat, dan kacang-kacangan; bukan gorengan-gorengan, makanan olahan beku siap saji, atau masakan bersantan. Dengan begini, manfaat lemak yang kamu dapatkan akan lebih maksimal.    

  1. Makanan pedas.

Tahukah, Girls? Seperti halnya kulit remaja, organ lambung juga lebih sensitif saat puasa. Oleh sebab itu, seperti sabun cuci muka pilihanmu yang perlu disesuaikan dengan karakter kulit, makanan yang kamu konsumsi saat sahur dan berbuka juga perlu diperhatikan. Misalnya, jangan sampai terlalu pedas, bahkan walau kamu tergolong pecinta makanan pedas. Sebab, sensasi panas dari rasa pedas bisa mengiritasi lambungmu yang sebelumnya kosong selama hampir empat belas jam. Supaya hal ini nggak terjadi, bila kamu terbiasa mengonsumsi makanan pedas, usahakan kurangi sedikit frekuensinya atau tingkat kepedasan makananmu.

  1.  Minuman bersoda.

Benar sih bahwa minuman yang manis, dingin, dan bersoda terlihat begitu menggoda di bulan puasa. Nggak heran, banyak orang memilihnya sebagai pelepas dahaga pasca berpuasa hampir empat belas jam. Apa kamu pun demikian?

Sebenarnya hal ini boleh saja, Girls, asalkan kamu nggak mengonsumsinya dalam jumlah banyak dan sering. Sebab, meski menyegarkan, kandungan kafein di dalamnya bisa menyebabkan kamu dehidrasi dan membuat kulitmu kering jika diminum terlalu banyak.

Perlu kamu tahu, kafein ialah zat yang terkenal bersifat diuretik (mampu mempercepat pembentukan urine di dalam tubuh). Sehingga, makin banyak kamu konsumsi, cairan tubuhmu akan makin cepat berkurang karena kamu lebih sering buang air kecil. 

Alih-alih memilih minuman bersoda untuk menyegarkan tubuh saat berbuka puasa, kamu disarankan memilih jus buah alami yang segar. Mengandung serat dan vitamin yang dibutuhkan tubuh, jus buah nggak hanya membantu kesehatan pencernaanmu tetap terjaga selama puasa, tetapi juga membuat kulit ternutrisi dari dalam.

Nggak cuma memerhatikan asupan saat sahur dan berbuka, siapkan juga kondisi kulitmu agar #SiapTerus sejak awal puasa hingga jelang hari raya nanti dengan menjaganya tetap bersih lewat mencuci wajah secara rutin menggunakan sabun cuci muka yang bagus seperti CLEAN & CLEAR® FOAMING Facial Wash. Mengandung Salicylic Acid, sabun pembersih wajah dari CLEAN & CLEAR® ini membantu membersihkan kotoran dan minyak pada wajah secara menyeluruh dan menjaganya hingga delapan jam, tanpa membuat kulit terasa kering. Hasilnya, wajah pun terasa bersih dan halus lebih lama. Untuk membuat kulitmu tetap lembap selama berpuasa, kamu juga disarankan untuk menggunakan pelembap wajah untuk kulit kering dan kusam, yaitu CLEAN & CLEAR® Oil-Free Moisturizer setelah mencuci muka di pagi hari.

Nah, dengan mengonsumsi asupan yang tepat saat sahur dan berbuka serta diiringi membersihkan wajah dengan sabun cuci muka yang bagus secara rutin, kamu dan kulit wajahmu pun bisa #SiapTerus sejak hari pertama puasa hingga lebaran nanti tanpa kusam dan kering!