Skip to main content

Scrub Wajah

Muka terlihat kusam dan tak bercahaya merupakan masalah kulit yang kerap dialami oleh remaja di usia puber. Untuk mengatasinya, kamu membutuhkan perawatan ekstra seperti scrubbing untuk menjadikan wajah terlihat lebih cerah. Tapi Girls, penting untuk dicatat juga bahwa kamu juga perlu tahu cara membersihkan wajah dengan benar menggunakan scrub agar perawatan wajah kamu lebih optimal.

Penggunaan scrub wajah

Produk perawatan wajah yang memiliki kandungan scrub merupakan produk khusus yang dapat membantu pengelupasan kulit mati pada muka. Selain itu, scrub juga berfungsi untuk meremajakan kulit wajah, menjaganya agar tetap cerah dan bercahaya serta lembap. Oleh sebab itu, perawatan muka menggunakan scrub merupakan salah satu cara membersihkan muka yang tepat untuk kamu pemilik wajah kusam.

Bagaimana cara menggunakan scrub yang benar?

Selain mengetahui fungsinya, kamu juga harus memahami cara membersihkan wajah dengan benar menggunakan scrub agar kecantikan wajahmu tetap terjaga, Girls. Berikut tipsnya;

  1. Sebaiknya, pilihlah scrub wajah dari bahan alami seperti butiran gula, garam, atau kulit kacang tanah untuk meminimalisir risiko iritasi pada kulit. Selain itu, bahan scrub alami cenderung lebih mudah  mengangkat kotoran dan sel kulit mati pada kulit wajah. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu tidak memiliki alergi pada bahan-bahan tersebut, ya.
  2. Bilas wajah menggunakan air suam-suam kuku sebelum menggunakan scrub agar pori-pori terbuka dan kotoran dapat terangkat dengan baik sehingga wajah menjadi bersih lebih maksimal.
  3. Gunakan sabun pembersih wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan scrub. Selanjutnya, ratakan scrub pada bagian dahi, hidung, dagu, dan leher dengan gerakan memutar. Hindari area mata dan bilas hingga bersih.
  4. Hindari terlalu sering menggunakan scrub jika kulitmu berjerawat. Scrub justru akan meningkatkan peradangan pada kulit berjerawat sehingga membuatnya semakin parah.
  5. Untuk menjaga kelembapan alami wajah, cukup gunakan scrub 1-2 kali seminggu.

Jenis scrub sesuai kondisi kulit

Selain memilih sabun cuci muka yang bagus dan cocok untuk wajah, kamu juga harus dapat memilih jenis scrub sesuai kondisi kulitmu. Hal ini bertujuan agar kulit tetap sehat, cantik, dan cerah bercahaya. Apa saja scrub yang disarankan untuk tipe kulit wajahmu? Berikut ulasannya.

Scrub jenis ini umumnya berupa krim atau lotion dengan kandungan butiran mikro yang dapat mengangkat kotoran. Karena berbentuk krim dan lotion, cream scrub dianjurkan untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering. Jadi, jangan salah pilih, ya!

Gel scrub memiliki kandungan dan fungsi yang serupa dengan cream scrub. Hanya saja, scrub jenis ini dikhususkan untuk kamu yang memiliki kulit cenderung berminyak ataupun kulit kombinasi, sehingga kamu tak perlu khawatir lagi dengan kulit berminyakmu.

Scrub jenis ini menggunakan glycolic, lactic, citric atau salicylic acid untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati dari wajahmu. Meski mengandung zat kimia, kamu nggak perlu khawatir Girls, karena bahan-bahan ini cukup aman untuk kulitmu. Selain itu, scrub ini bisa kamu gunakan sebagai    salah satu cara membersihkan wajah yang disarankan untuk kulit berminyak.

Pembersih wajah jenis ini biasanya berbentuk kain dan cocok digunakan untuk beragam jenis kulit. Selain itu, produk scrub satu ini juga bisa digunakan oleh kamu yang memiliki masalah dengan jerawat. Tapi, gunakan sesuai petunjuk penggunaannya agar hasil lebih maksimal ya,  Girls.

 

Selain memilih jenis scrub yang tepat sebagai cara membersihkan wajah dengan benar untuk digunakan maksimal sebanyak 1-2 kali seminggu saja, kamu juga harus bisa memilih produk pembersih muka untuk dipakai setiap hari yang sesuai dengan kondisi kulitmu. CLEAN & CLEAR® FOAMING Facial Wash bisa menjadi pilihan tepat karena busa lembutnya bekerja membersihkan minyak dan kotoran tanpa membuat kulit menjadi kering. Yuk, jaga kecantikan kulit wajah kita, Girls!

  1. Cream Scrub.
    Scrub jenis ini umumnya berupa krim atau lotion dengan kandungan butiran mikro yang dapat mengangkat kotoran. Karena berbentuk krim dan lotion, cream scrub dianjurkan untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering. Jadi, jangan salah pilih, ya!
  2. Gel Scrub.
    Gel scrub memiliki kandungan dan fungsi yang serupa dengan cream scrub. Hanya saja, scrub jenis ini dikhususkan untuk kamu yang memiliki kulit cenderung berminyak ataupun kulit kombinasi, sehingga kamu tak perlu khawatir lagi dengan kulit berminyakmu.
  3. Chemical Scrub.
    Scrub jenis ini menggunakan glycolic, lactic, citric atau salicylic acid untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati dari wajahmu. Meski mengandung zat kimia, kamu nggak perlu khawatir Girls, karena bahan-bahan ini cukup aman untuk kulitmu. Selain itu, scrub ini bisa kamu gunakan sebagai salah satu cara membersihkan wajah yang disarankan untuk kulit berminyak.
  4. Cloth Scrub.
    Pembersih wajah jenis ini biasanya berbentuk kain dan cocok digunakan untuk beragam jenis kulit. Selain itu, produk scrub satu ini juga bisa digunakan oleh kamu yang memiliki masalah dengan jerawat. Tapi, gunakan sesuai petunjuk penggunaannya agar hasil lebih maksimal ya, Girls.