Skip to main content

Malas Cuci Muka Bikin Masalah Wajah Segudang, Apa Sajakah?

19-malas-cuci-muka-bikin-masalah-wajah-segudang-apa-sajakah.jpg

19-malas-cuci-muka-bikin-masalah-wajah-segudang-apa-sajakah.jpg

Pernah nggak sih, Girls, kalian merasa sangking sudah terlalu capek setelah berkegiatan seharian, penginnya langsung tidur? Kadang kita juga malas cuci muka karena berpikir muka kita enggak terlalu kotor hanya karena kita lagi enggak pakai make-up seharian atau karena selama weekend, kita hanya di rumah seharian. Hmmm, pasti pernah, kan?

Mencuci muka merupakan tahapan paling basic tapi penting dalam proses ‘cleansing’. Mengapa penting? Karena dalam proses cleansing inilah kita punya kesempatan untuk membersihkan segala kotoran yang terlihat maupun tidak. Mulai dari sisa-sisa make up, debu dan polusi udara, bakteri, minyak berlebih, sampai sel kulit mati.

Nah, kalau kita ternyata selama ini malas mencuci muka, artinya kita sedang “menabung” masalah wajah, mulai dari yang biasa terjadi sampai yang cukup serius. Mau tahu apa saja?

1. Jerawat

Masalah kulit remaja erat kaitannya dengan jerawat. Selain karena stress dan hormon, ada 3 hal utama yang menyebabkan jerawat, yaitu produksi minyak berlebih, sel kulit mati dan kotoran, dan bakteri Propionibacterium acnes (P.Acnes).

Bakteri P.Acne memang terus ada di permukaan kulit. Nah, jika kita tidak rajin mencuci muka, otomatis sel kulit mati dan kotoran akan bergabung dengan minyak berlebih sehingga berpotensi untuk menyumbat pori-pori. Pori-pori yang tersumbat menjadi rumah yang nyaman untuk P.Acne berkembang

2. Komedo

Tidak jauh berbeda dengan jerawat, komedo pun merupakan salah satu musuh besar kulit remaja. Yang rajin cuci muka saja masih bisa mengalami masalah dengan komedo, apalagi yang malas cuci muka.

Komedo sendiri terbentuk karena pori-pori yang tersumbat oleh kotoran yang tidak dibersihkan secara maksimal. Ada dua jenis komedo, yaitu komedo putih dan komedo hitam. Komedo hitam terjadi karena ada proses oksidasi, di mana pori-pori yang tersumbat memiliki celah terbuka dan minyak (sebum) beraksi dengan oksigen.

3. Kulit kusam

Masalah lain yang timbul jika kita malas cuci muka adalah kulit kusam. Jika kita malas cuci muka setelah berkegiatan seharian, apalagi memakai make up, otomatis akan banyak sisa-sisa kotoran yang menempel di wajah.

Sisa kotoran ini bisa menghambat proses regenerasi kulit. Alhasil, sel kulit mati pun menumpuk dan menyebabkan wajah kita kusam dan tampak keabu-abuan. Nggak mau dong punya kulit kusam apalagi di depan gebetan?

4. Penuaan dini

Pasti kalian nggak mau kan di umur yang masih 15 tahun tapi disangka orang sudah berumur 20 tahun? Bukan, bukan karena dandanan yang dewasa, tapi karena kondisi kulit yang sudah memiliki kerutan. Hiii…

Malas cuci muka bisa jadi penyebab penuaan dini karena kita tidak membersihkan sisa polusi udara, inflamasi karena terpapar sinar matahari, dan debu jalanan. Radikal bebas yang terdapat di dalamnya bisa merusak jaringan kolagen kulit dan merusak elastisitas kulit kita.

5. Kulit yang kering dan tidak sehat

Percaya, deh, punya kulit kering sama bermasalahnya dengan kulit berminyak. Mudah iritasi, flaky, dan nggak terhindar juga dari jerawat. Kalau kita malas cuci muka, otomatis wajah kita akan terus menyimpan kotoran, terutama saat kita tidur. Padahal saat kita tidur, proses hidrasi kulit sedang bekerja maksimal, yang jadinya akan terhambat karena sisa-sisa kotoran tadi.

Saatnya bersihkan wajah dengan cara yang tepat!

Nah, setelah tahu apa saja masalah wajah yang bisa terjadi kalau kita malas cuci muka, pasti sekarang sudah nggak malas lagi, kan? Oh iya, pastikan kamu mencuci muka dengan face wash yang formulanya khusus untuk remaja, ya. Salah satu yang bisa jadi pilihan kamu adalah Clean & Clear Foaming Face Wash yang mengandung bahan aktif anti-bacterial yang bantu lawan 99.8% bakteri penyebab jerawat.

Clean & Clear Foaming Face Wash juga menghasilkan busa yang lembut, yang dapat membersihkan minyak dan kotoran secara menyeluruh tanpa membuat kulit menjadi kering. Formula bebas minyaknya (Oil-Free) juga bantu mengontrol minyak di wajah hingga 8 jam. Hmm...kebayang nikmatnya punya wajah bebas minyak, kan? Kulit kita jadi terasa bersih, halus dan lembut. Ayo, rajin cuci muka dari sekarang, Girls!