Skip to main content

Stres Bisa Jadi Penyebab Jerawat di Wajah, Mengapa?

stres-bisa-bikin-muka-berjerawat-mengapa.jpg

stres-bisa-bikin-muka-berjerawat-mengapa.jpg

Pernah enggak ketika kamu sedang tidak PMS atau menstruasi, di wajah kamu tetap timbul jerawat? Bisa jadi jerawat yang timbul itu disebabkan oleh stres. Kok bisa?

Ternyata, stres juga bisa jadi salah satu pemicu timbulnya jerawat. Walaupun belum ada penelitian yang memberikan pernyataan bahwa stres pada remaja dapat menimbulkan jerawat, tapi pada tahun 2003, penelitian dari Universitas Stanford di Amerika menemukan bahwa siswa di sana berjerawat lebih parah ketika memasuki musim ujian.

Stres mungkin bukan satu-satunya pemicu awal timbulnya jerawat, tapi stres bisa memperburuk radang pada jerawat.

Ketika seseorang mengalami stres, level hormon stres, yaitu Kortisol meningkat. Akibatnya, tubuh memproduksi lebih banyak minyak, yang dapat menyebabkan kulit wajah jadi lebih berminyak dari biasanya.

Minyak berlebih yang bercampur dengan sel kulit dan bakteri dapat membentuk zat yang bernama sebum. Sebum inilah yang dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat dan komedo. Bahkan orang yang biasanya tidak memiliki masalah dengan jerawat pun bisa terkena masalah ini jika sedang dalam keadaan stres berat.

Selain stress, ada beberapa hal lagi yang harus kita waspadai yang ternyata bisa jadi penyebab jerawat di kulit kita, antara lain sebagai berikut.

Sering menyentuh wajah atau jerawat dengan tangan yang kotor.

Hal ini bisa jadi salah satu penyebab jerawat muncul di wajah mulus kita. Gemas dengan jerawat yang ada di wajah dan ingin memencetnya? Tahan, Girls, karena selain bisa membuat tekstur wajah kita jadi bopeng, hal tersebut bisa membuat jerawat kita meradang dan semakin parah.

Alat makeup yang jarang dibersihkan

Seberapa sering kamu mencuci brush make up atau beauty blender kamu? Tahukah kamu brush dan alat makeup yang tidak rutin dibersihkan bisa menjadi sarang berkembang biaknya kuman dan bakteri? Jika itu terus dipakaikan ke wajahmu, jangan heran kalau jerawat bisa timbul di wajahmu sewaktu-waktu.

Kurang istirahat

Ini ada kaitannya dengan stres. Kurang tidur atau sering begadang dapat memperburuk kondisi kulit karena kulit yang seharusnya butuh istirahat dipaksa untuk bangun dan akhirnya mengalami stres. Kulit yang stres memproduksi lebih banyak minyak yang jadi penyebab jerawat. So, it’s a no-no, Girls.

Kurang berolahraga

Selain menjauhkan diri kita dari stress, berolahraga dapat mengeluarkan racun-racun dari tubuh kita melalui keringat. Berolahraga juga memperlancar sirkulasi darah yang mendistribusikan oksigen lebih baik ke seluruh tubuh. Tapi pastikan kamu langsung mencuci wajah setelah berolahraga, ya.

Menggunakan facial wash yang mengandung Salicylic Acid dapat menjadi solusi bagi kamu yang kulitnya berjerawat. Salicylic Acid dapat bekerja hingga kedalam pori melawan bakteri penyebab jerawat dengan cepat.

Salah satu face wash yang bisa kamu pilih untuk mengatasi jerawat adalah Clean & Clear Acne Clearing Cleanser, yang memiliki kandungan Salicylic Acid. Formula Active Botanical-nya yang unik juga membantu mengurangi kemerahan dan mencegah timbulnya jerawat baru. Belum lagi, formulanya tetap bekerja meskipun sudah selesai mencuci muka. Setelahnya, kulit kita akan jadi lebih bersih dari jerawat, halus dan lembut.

Nah, demikian penjelasan mengenai stres yang bisa bikin muka berjerawat. Semoga membantu, ya!