Skip to main content

Title

5 Manfaat Gula untuk Kulit Wajahmu

Memanfaatkan bahan-bahan alami untuk membuat scrub atau masker wajah merupakan salah satu cara merawat kulit wajah yang bisa kamu coba di rumah, Girls. Selain menggunakan berbagai macam buah, kamu ternyata juga bisa memanfaatkan gula, lho. Ya, gula pasir yang biasa digunakan sebagai pemanis makanan atau minuman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit remaja kamu. Yuk, kita bahas manfaatnya satu per satu!

Menjaga Kelembapan Wajah

Ternyata, gula bisa jadi moisturizer alami yang oke untuk wajah kamu. Gula yang memiliki unsur humectant mampu menyerap kelembapan dari lingkungan sekitar, yang kemudian dapat diserap oleh kulit kamu. Untuk memanfaatkan gula sebagai pelembap alami, kamu bisa membuat scrub dari gula yang dicampur dengan minyak zaitun, yang akan menjaga kulit wajah kamu agar tetap lembap dan ternutrisi. Caranya, setelah mengaduk rata campuran gula dan minyak zaitun, aplikasikan secara merata ke wajah kamu yang telah dibersihkan. Lalu, pijat dengan gerakan memutar secara perlahan. Setelah 60 detik, bilas dengan air bersih. Supaya lebih efektif, sebaiknya lakukan treatment ini seminggu sekali, Girls.

Mengelupas Sel Kulit Mati

Salah satu kandungan dalam gula yang bernama asam glikolat, sangat ampuh untuk bantu mengelupas atau memecah sel-sel kulit mati sebelum terlepas. Dengan scrub gula buatan kamu sendiri, kamu dapat membantu memulihkan jaringan kulit wajah dan menggantinya dengan sel kulit yang baru. Ini berarti, gula dapat membantu kulit wajah terlihat lebih fresh karena sel kulit  terkelupas dengan efektif.

Melembutkan Kulit

Scrub gula juga bisa dijadikan salah satu cara merawat kulit wajah agar tetap lembut, Girls. Jika dicampurkan dengan minyak zaitun sebagai scrub, gula atau brown sugar (yang lebih lembut) efektif untuk menjaga kelembutan wajah kamu. Hal ini berkat kandungan vitamin E dan asam lemak Omega-3 di dalam minyak zaitun. Selain itu, gula juga dapat membersihkan sel kulit mati dan kotoran di dalam lubang pori-pori, sehingga wajah terlihat lebih halus.

Mengontrol Minyak pada Wajah

Kamu nggak perlu bingung lagi mencari cara merawat kulit wajah berminyak, Girls, karena ternyata gula bisa dimanfaatkan untuk mempertahankan keseimbangan minyak pada kulit kamu. Gula mengandung dua komponen penting, yaitu asam glikolat dan asam alpha-hydroxy, yang membantu menjaga keseimbangan kadar minyak pada kulit. Jadi, wajahmu nggak akan terlalu berminyak, juga nggak terlalu kering. Perfect!

Melindungi dari Racun

Tahu nggak, gula memiliki efek anti-penuaan alami pada kulit, lho. Jika dipakai sebagai scrub, gula mampu membersihkan kulit dan menjaga sel kulit agar nggak terserang oleh racun dari luar, seperti debu dan kotoran yang disebabkan oleh polusi. Makanya, scrub gula cocok banget untuk menjaga keremajaan kulit kamu, supaya tetap fresh dan nggak cepat menua. Stay young, Girls!

Tentunya, cara merawat kulit wajah bisa lebih optimal kalau kamu juga menjaga kebersihan dengan menggunakan sabun cuci muka yang bagus, seperti CLEAN & CLEAR® FOAMING Facial Wash. Formula bebas minyak serta busa lembutnya mampu membersihkan kulit dari minyak dan kotoran secara menyeluruh tanpa membuat kulit menjadi kering. Bahan aktif anti-bakterial-nya membantu mencegah timbulnya jerawat dan komedo. So, kamu nggak perlu khawatir lagi soal perawatan wajah!