Skip to main content

Kandungan dalam Susu Sapi Bisa Bikin Muka Jerawatan, Benarkah?

kandungan-dalam-susu-sapi-bisa-bikin-muka-jerawatan-benarkah.jpg

kandungan-dalam-susu-sapi-bisa-bikin-muka-jerawatan-benarkah.jpg

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan wajah kita berjerawat, mulai dari hormon, kondisi psikologi, kondisi lingkungan, lifestyle, sampai makanan atau minuman yang kita konsumsi.

Banyak makanan yang sering dijadikan kambing hitam sebagai penyebab jerawat, nih, Girls, salah satunya adalah susu sapi.

Ada beberapa teori yang beredar kenapa susu bisa bikin muka jerawatan. Teori yang pertama adalah sapi yang menghasilkan susu telah disuntik hormon buatan yang mempengaruhi[V1]  produksi susu mereka. Hal inilah yang bisa menyebabkan hormon kita jadi nggak seimbang.

Teori yang kedua adalah susu memang secara alami mengandung hormon pertumbuhan yang bisa saja memperburuk kondisi jerawat. Karena pada dasarnya susu sapi diproduksi untuk memberikan nutrisi pertumbuhan yang cukup untuk anak-anak sapi.

Lalu, kemungkinan yang ketiga adalah produk susu yang jika dikombinasikan dengan makanan dan gula olahan, dapat mengganggu produksi insulin dan membuat kulit wajah semakin rentan terhadap jerawat.

Selain susu, ternyata ada beberapa makanan lain yang bisa menjadi penyebab muka berjerawat, Girls. Simak terus, karena bisa jadi salah satunya adalah makanan kesukaan kamu.

Karbohidrat olahan

Makanan seperti pasta, roti, biskuit, sereal, dan segala yang sesuatu yang terbuat dari tepung terigu, juga makanan kesukaan kita semua, yaitu nasi putih, ternyata bisa jadi penyebab jerawat. Makanan olahan ini dapat menghasilkan gula dalam tubuh dengan cepat dan meningkatkan kadar insulin yang dapat memperburuk jerawat.

Fast food

Makanan yang mengandung banyak minyak seperti fast food dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh. Peradangan ini juga dapat menjadi penyebab jerawat muncul. Jadi, sebaiknya kurangin keinginanmu untuk makan fast food demi wajah yang bebas jerawat.

Junk food

Junk food telah melalui banyak proses masak sehingga ia dapat disimpan dalam waktu yang lama. Mengandung gula dan garam yang tinggi, junk food berpotensi untuk menyebabkan jerawat. Junk food juga bisa mengubah keseimbangan hormon.

Minuman bersoda

Bukan berarti ketika kamu minum satu kaleng soda, jerawat akan langsung muncul di wajah kamu. Tapi jika kamu setiap hari minum minuman bersoda, bisa jadi itu yang jadi penyebab kulit berjerawat. Minuman bersoda mengandung banyak gula, yang juga seperti karbohidrat olahan, dapat meningkatkan insulin yang buruk untuk jerawat.

Lalu, bagaimana dong cara mengatasinya?

Stop pencet-pencet jerawat! Mungkin kamu sudah sering dengar kalau memencet jerawat hanya memperburuk keadaan kulit, bahkan bisa bikin jerawat semakin merajalela. Dari pada memencetnya, sebaiknya kita membersihkannya dengan tepat.

Cuci muka 2-3 kali sehari sebenarnya sudah cukup, tetapi menggunakan produk yang tepat untuk kulit remaja yang berjerawat, itu lain persoalan. Busa lembut dari Clean & Clear Foaming Face Wash dapat membersihkan minyak dan kotoran secara menyeluruh, tanpa membuat kulit wajah jadi kering. Selain itu, formulanya yang bebas minyak dapat bantu mengontrol minyak di wajah sampai 8 jam. Wow!

Jangan lupa, Clean & Clear Foaming Face Wash juga mengandung bahan aktif anti-bacterial yang bisa bantu melawan 99.8% bakteri yang bikin muka jerawatan. Kulit kamu jadi terasa bersih, halus, dan lembut. Jadi, tunggu apa lagi?