Skip to main content

Girls, cari tahu fakta dari mitos seputar kulit ini, yuk!

1.   “Apa yang kamu makan tidak berpengaruh pada kulitmu.”

Semua cewek tentu akan berharap hal yang sama. Sayangnya, susu skim dan karbohidrat olahan seperti roti tawar putih, pasta, keripik, sereal sarapan, serta pretzel justru memiliki potensi memperparah jerawat. Jadi, hindari makanan-makanan ini dan gantilah dengan lebih banyak buah dan sayur!

2.   “Keringat menyebabkan jerawat.”

Olahraga mungkin jadi bagian rutinitas kita. Tapi, apakah keringat justru jadi musuh? Tidak juga. Walaupun keringat bukan penyebab jerawat, penumpukan kotoran, bakteri, dan minyak memang bisa memicu timbulnya jerawat. Jadi, mencuci wajah setelah berolahraga atau sehabis melakukan aktivitas fisik harus dijadikan kebiasaan, ya.

3.   “Jika kamu berjerawat, hentikan penggunaan makeup.”

Sebetulnya, jerawat bukanlah penghalang untuk menggunakan makeup. Malahan, makeup yang dilabeli “bebas minyak” atau “tidak menyebabkan komedo,” berarti tidak akan menyumbat pori-pori dan bagus untuk menutupi bintik-bintik. Hanya saja, kamu tetap harus rajin membersihkannya sebelum tidur.

4.   “Matahari bagus untuk jerawat.”

Justru sebaliknya! Selain meningkatkan risiko kanker kulit dan keriput dini, paparan sinar UV bisa membuat kulit jadi kering. Tubuh bereaksi dengan memproduksi lebih banyak minyak dan akhirnya menimbulkan jerawat. Ingatlah selalu hal ini sebelum kamu melupakan tabir surya.

5.   “Jerawat hanya disebabkan oleh kurangnya mencuci wajah.”

Cuci wajahmu cukup dua kali sehari, kecuali disarankan lebih oleh dokter. Sama dengan tidak boleh terpapar sinar UV secara berlebihan, membersihkan wajah terlalu sering juga bisa membuat kulitmu kering, memicu produksi minyak berlebih, dan menimbulkan jerawat lebih banyak lagi.