Inilah Cara Mengatasi Kulit Berminyak yang Tepat!

19 October 2020
Like0

cc-cara-mengatasi-kulit-berminyak-resize-1440x900.jpg

Inilah Cara Mengatasi Kulit Berminyak yang Tepat!

cc-cara-mengatasi-kulit-berminyak-resize-1440x900.jpg

Bukan hanya tidak nyaman, kulit berminyak juga membuatmu rentan mengalami masalah di wajah berupa komedo dan jerawat. Sebagai solusinya, berikut adalah beberapa panduan tentang cara mengatasi kulit berminyak.

  1. Cuci Muka secara Rutin
    Mencuci muka adalah cara mengurangi minyak berlebih pada wajah serta menghilangkan kotoran yang dapat menyebabkan jerawat. Gunakanlah sabun cuci muka dengan formula yang lembut seperti Clean & Clear Foaming Face Wash agar kulit senantiasa terasa lembut dan ringan. Produk ini dapat mengontrol kadar minyak pada wajah hingga 8 jam.
     
  2. Gunakan Toner
    Seringkali orang meremehkan pemakaian toner. Padahal, toner dapat menyeimbangkan pH kulit sehingga membantu menghindarkan wajah dari berbagai masalah kecantikan. Clean & Clear Oil Control Toner bisa menjadi pilihan tepat untuk mengatasi wajah berminyak karena formulanya yang bersifat oil-free.
     
  3. Gunakan Pelembab
    Banyak orang mengira wajah berminyak tidak perlu pelembab. Padahal, kelembaban kulit yang terjaga dengan baik justru dapat mencegah produksi minyak berlebih pada wajah. Cobalah produk Clean & Clear Essentials Moisturizer dengan formula oil-free yang bisa melembabkan kulit tanpa meninggalkan rasa licin dan berminyak.
     
  4. Manfaatkan Oil Control Film
    Bawalah Clean & Clear Oil Control Film setiap kali kamu akan bepergian, terutama untuk aktivitas yang akan membuat kulit muka lebih berminyak. Lembaran tipis ini bisa menjadi cara menghilangkan minyak di wajah secara instan dengan cara menyerapnya langsung. Kilap wajah karena minyak akan hilang seketika tanpa merusak makeup yang sudah kamu pakai, jadi kamu gak perlu terlalu sering touch-up lagi.
     
  5. Jauhi Junk Food
    Gula dan kolesterol yang berlebihan dapat mengacaukan fungsi hormon, termasuk hormon androgen yang mengatur kelenjar sebum (minyak alami pada kulit). Sebaliknya, vitamin dan mineral dapat membantu kulit wajah mempertahankan kelembaban dan kecantikan alaminya. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk rajin mengkonsumsi sayur dan buah sebagai salah satu cara mengatasi kulit berminyak.
     
  6. Pertimbangkan Ulang Pemakaian Makeup
    Makeup beresiko menyumbat pori-pori wajah dan memperparah kondisi wajah berminyakmu. Namun jika kamu tetap ingin menggunakannya, cobalah beberapa tips makeup berikut ini:
        - Pilih kosmetik yang berbentuk cair, gel, atau serbuk untuk mencegah adanya gumpalan yang menyumbat pori.
        - Hindari produk berbahan dasar minyak.
        - Jika memungkinkan hindari pemakaian makeup yang terlalu lama atau terlalu tebal.
        - Gunakan kosmetik dengan bahan yang cocok untuk kulitmu.
     
  7. Pastikan Selalu Menghapus Makeup
    Satu lagi cara mengurangi minyak di wajah adalah dengan langsung menghapus makeup setelah pulang ke rumah. Clean & Clear Micellar Water akan membantumu dalam proses ini karena formulanya mampu membersihkan semua sisa makeup yang beresiko menyumbat pori.
     
  8. Kurangi Menyentuh Wajah
    Walau terkesan sederhana, mengurangi menyentuh wajah bisa jadi salah satu cara mengurangi wajah berminyak secara efektif. Karena meski terlihat bersih, tangan kita bisa jadi menyimpan debu halus, bakteri, atau kotoran lain yang berukuran mikro. Jika kamu menyentuh wajah, kotoran-kotoran tersebut akan menempel ke wajahmu dan masuk ke dalam pori.
     
  9. Jangan Menggosok Wajah
    Menggosok wajah, baik itu dengan tangan maupun dengan handuk, justru akan menstimulasi produksi sebum lebih banyak lagi. Lebih parahnya lagi, menggosok wajah juga akan menyebabkan iritasi dan gatal bila dilakukan secara kasar dan terlalu cepat. Inilah fakta tentang wajah berminyak yang penting untuk kamu waspadai.
     
  10. Jangan Memencet Jerawat dan Komedo
    Kadang memang kita merasa gemas dan ingin memencet jerawat atau komedo agar masalahnya segera selesai. Padahal, langkah ini justru beresiko memperparah keadaan. Selain bisa menempelkan kotoran dari tangan ke kulit wajah, trik ini juga bisa mengakibatkan luka, iritasi, atau inflamasi.
     

Selain karena cara perawatan diri yang kurang tepat, kulit berminyak juga bisa terjadi akibat faktor genetik. Meski cenderung lebih sulit, masalah ini bukan berarti tidak dapat diatasi. Dengan mengetahui cara merawat kulit berminyak dan menerapkannya secara konsisten, pelan-pelan hasilnya pasti akan terlihat juga.

BACA JUGA: Girls, 5 Hal Ini Bikin Kulit Kusam Lho!