Skip to main content

Saat kulit wajah berjerawat, perasaan nggak pede tentu mengganggumu, ya? Terlebih jika si merah jambu itu mulai meradang dan menyebabkan kulit kemerahan. Rasanya ingin di rumah saja seharian! Tapi, hal ini tentu nggak semudah itu dilakukan, sebab ada banyak aktivitas seru di luar sana yang sayang untuk dilewatkan. Alih-alih mengurung diri di rumah, yuk, lakukan perawatan wajah berjerawat dengan memanfaatkan es batu agar #WajahSiapTampil kamu segera kembali!

Merawat jerawat dengan es batu? Bagi yang belum tahu, mungkin ini akan sedikit membuatmu mengernyitkan dahi. Tapi, faktanya, memanfaatkan es batu untuk perawatan kulit berjerawat cukup disarankan lho oleh para ahli. Sebab, nggak cuma mampu membuat minumanmu terasa lebih segar, sensasi dingin es batu terbukti membantu menurunkan sirkulasi darah di area kulit berjerawat sekaligus menenangkannya.

Cara memanfaatkan es batu untuk meredakan peradangan jerawat juga nggak sulit, kok. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Keluarkan es batu dari dalam freezer. Jika ukurannya terlalu besar, kamu bisa memecahkannya terlebih dulu hingga ukuran bongkahannya terbilang mudah digenggam, kemudian cuci bersih.
  2. Ambil kain bersih bertekstur halus, gunakan untuk membungkus es batu.
  3. Mulailah memijat wajahmu dengan menggunakan es batu yang sudah dibungkus tadi. Lakukan selama 10-15 menit dengan gerakan memutar perlahan hingga kulit terasa kebas. Fokuskan pada area yang berjerawat, tapi ingat untuk tidak menekan terlalu keras ya.

Meski sederhana, cara ini cukup membantu untuk mengurangi kemerahan di kulit akibat peradangan jerawat, membuat kulit tampak lebih segar, serta mengecilkan pori-pori. Ingin sekaligus menutrisi kulit? Coba gunakan es batu yang terbuat dari air perasan lemon, teh hijau, atau lidah buaya.  Saat wajah nggak sedang berjerawat pun perawatan dengan es batu ini bisa kamu terapkan dua kali seminggu untuk menyegarkan kulit kembali.

Agar hasil perawatannya lebih cepat terlihat, jangan lupa juga untuk menerapkan beberapa hal berikut ini:

 Perbanyak konsumsi air putih.

Selain membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, memperbanyak konsumsi air putih setiap hari adalah cara merawat kulit berjerawat yang dianjurkan. Karena sifatnya yang ringan dan mudah diserap, air putih mampu menghidrasi tubuh dan membantu mengeluarkan racun pemicu peradangan pada tubuh, termasuk pada kulit. Nggak cuma itu, air putih juga dapat mencegah kulit mengalami kekeringan yang merupakan penyebab kulit lebih rentan terhadap serangan bakteri.  Saat kulit berjerawat dan mulai meradang, usahakan mematuhi batas minimal konsumsi air putih sebanyak delapan gelas per hari ya, Girls!

 Minimalisir makanan pemicu timbulnya jerawat.

Menurut para ahli, makanan yang dikonsumsi juga memengaruhi kondisi kulit dan jerawat di wajah, Girls. Bila kamu terbiasa mengonsumsi makanan tinggi kandungan lemak maupun gula seperti gorengan atau minuman bersoda, produktivitas kelenjar minyak di kulit akan meningkat.

Semakin berminyak kulit wajahmu, kotoran dan bakteri akan lebih mudah menempel di kulit dan mengakibatkan si merah jambu makin meradang. Untuk itu, meminimalisir konsumsi makanan berlemak dan tinggi kandungan gula jadi tips perawatan wajah berjerawat yang sebaiknya kamu terapkan.

 Bersihkan wajah dengan benar tiap habis beraktivitas.

Benar memang bahwa berjerawat nggak seharusnya jadi alasan bagimu untuk mengisolasi diri dan enggan keluar rumah. Tapi, jangan lupa bersihkan wajah dengan benar setiap hari setelah beraktivitas ya. Sebab, saat wajah tidak dibersihkan dengan benar, kotoran pembawa bakteri bisa menumpuk di kulit dan menyebabkan jerawatmu meradang.

Selain itu, pastikan juga kamu sudah memilih sabun cuci muka yang bagus dan sesuai kebutuhan kulit remajamu seperti CLEAN & CLEAR® Acne Clearing Cleanser . Dengan teknologi ANGEL dan Active Botanical, CLEAN & CLEAR® Acne Clearing Cleanser membuat kulit berjerawat terasa lebih bersih dan lembut. Tak hanya itu, Salicylic Acidnya juga bekerja hingga ke dalam pori, membantumu mengurangi minyak berlebih pada wajah serta melawan bakteri penyebab jerawat.

Nah, tunggu apa lagi? Yuk, buat #WajahSiapTampil kembali dengan langkah perawatan wajah berjerawat di atas agar kamu bisa terus aktif menikmati serunya harimu!