Beginilah Cara Merawat Wajah Berjerawat yang Tepat!

19 October 2020
Like22

cc-cara-merawat-wajah-berjerawat-resize-1440x900.jpg

Beginilah Cara Merawat Wajah Berjerawat yang Tepat!

cc-cara-merawat-wajah-berjerawat-resize-1440x900.jpg

Wajah berjerawat atau yang rentan berjerawat memang butuh usaha ekstra untuk merawatnya. Akan tetapi, bukan berarti hal itu mustahil untuk dilakukan. Secara umum, kamu perlu tahu hal apa saja yang perlu dilakukan dan hal apa saja yang harus dihindari sebagai cara merawat wajah berjerawat. Dengan membiasakan diri terhadap hal tersebut, jerawat akan semakin jarang muncul di wajahmu seiring berjalannya waktu.

Yuk, kita simak apa saja sih hal-hal tersebut!

Do!
Inilah hal-hal yang harus kalian terapkan sebagai cara merawat wajah berjerawat:

  1. Cuci mukamu dua kali sehari untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat pori karena hal itulah yang menjadi akar munculnya jerawat. Clean & Clear Acne Clearing Cleanser adalah pilihan yang tepat karena memang diformulasikan khusus untuk perawatan wajah berjerawat. Salicylic acid dan active botanical extract yang dikandungnya mampu meresap ke dalam pori-pori kulit untuk mengangkat segala kotoran & minyak berlebih di dalamnya serta melawan bakteri penyebab jerawat.
     
  2. Saat kamu sedang tidak berjerawat, gunakanlah Clean & Clear Foaming Face Wash, produk ini bekerja melawan 99.8%* bakteri penyebab jerawat. Formulanya juga mampu mengontrol minyak dan membersihkan pori dari kotoran.
     
  3. Setelah mencuci muka, lanjutkan perawatan wajahmu dengan mengaplikasikan Clean & Clear Oil Control Toner yang juga mengandung salicylic acid. Toner ini memiliki formula Oil Free (bebas minyak) yang bekerja secara lembut namun efektif bekerja hingga ke dalam pori untuk bantu bersihkan minyak berlebih penyumbat pori yang dapat menjadi penyebab jerawat.
     
  4. Meski sudah tidak berjerawat, lanjutkan penggunaan Clean & Clear Oil Control Toner untuk memastikan kulit wajahmu tetap bersih selalu. Produk ini memang diformulasikan untuk perawatan sehari-hari wajah berjerawat maupun tidak.
     
  5. Biasakan mencuci muka segera setelah melakukan aktivitas yang membuat wajahmu berkeringat atau kotor.
     
  6. Gantilah handuk, sprei, dan sarung bantal lebih sering karena bakteri dan sel-sel kulit mati yang tersangkut pada kain bisa menempel pada wajah dan menyumbat pori. Meski banyak orang mengabaikannya, hal ini sebenarnya cukup efektif sebagai salah satu cara merawat kulit berjerawat.
     
  7. Kompres jerawat dengan es bila terjadi gatal, bengkak, atau kemerahan karena iritasi. Treatment wajah berjerawat yang satu ini efektif untuk menghindarkan keinginanmu untuk memencetnya.
     

Don’t!
Sebaliknya, dalam perawatan kulit berjerawat, jangan sampai kamu melakukan hal-hal berikut ini ya!

  1. Hindari menyentuh atau menggosok muka dengan tangan karena kotoran dan bakteri pada tangan akan berpindah ke wajah, lalu masuk ke dalam pori.
     
  2. Jika kamu menggunakan produk berbahan keras untuk merawat wajah berjerawat, sebaiknya jangan menggunakan produk baru secara bersamaan.
     
  3. Mengganti produk kecantikan terlalu sering juga sebaiknya jangan dilakukan karena beresiko tinggi memicu breakout.
     
  4. Jangan mencuci muka terlalu sering. Meski mencuci muka memang baik untuk menjaga kebersihan kulit, namun mencucinya terlalu sering dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembaban alaminya, sehingga menjadi kering dan iritasi.
     
  5. Meski terasa gatal, jangan sampai kamu memencet jerawatmu dengan harapan dapat mengeluarkan kotoran di dalamnya. Hal ini justru beresiko merusak kulitmu dan menyebabkan infeksi.
     
  6. Jangan oleskan pasta gigi pada jerawat. Trik ini hanyalah mitos. Faktanya, pasta gigi justru dapat menimbulkan iritasi pada kulit.
     

Tak perlu patah semangat bila memiliki wajah yang acne-prone. Tampil dengan muka mulus berseri bukanlah hal yang mustahil bagimu. Dengan mengetahui cara merawat wajah berjerawat yang tepat, perlahan tapi pasti kamu pasti akan terbebas dari gangguan ini pada wajah cantikmu.

*Berdasarkan studi invitro efikasi antimikroba J&J 2016 (MM/SR/15/38)

BACA JUGA: Jangan Tertipu, 5 Hal Seputar Jerawat Ini Hanya Mitos!