Skip to main content

Jerawat yang tidak diatasi dengan baik, sering kali meninggalkan noda atau flek hitam di wajah. Akibatnya, muka jadi tampak kusam dan tak bercahaya. Untuk itu, kamu perlu melakukan perawatan wajah agar ia kembali cerah. Supaya tak keliru, kamu harus mengetahui dengan tepat cara merawat kulit wajah yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dapat membantu menghilangkan noda hitam di wajah. Yuk, simak info berikut!

Air Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat mengurangi noda hitam di wajah. Cara merawat wajah dari noda hitam menggunakan lemon adalah dengan langkah berikut:

  1. Peras lemon dan tempatkan airnya dalam mangkuk kecil.
  2. Ambil kapas, basahi dengan air lemon, kemudian tepuk-tepukkan secara lembut ke area kulit.
  3. Diamkan hingga mengering, kemudian bilas dengan air bersih.
  4. Ulangi cara ini setiap hari selama dua minggu untuk hasil lebih maksimal.

Ketika mengaplikasikan lemon pada wajah, sebaiknya hindari sengatan matahari langsung agar kulit tidak perih seperti terbakar, ya.

Oatmeal

Tepung oatmeal memiliki membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Oleh karena itu, oatmeal dapat kamu manfaatkan untuk mengurangi sel kulit mati dan flek hitam pada wajah. Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat menggunakan oatmeal adalah sebagai berikut:

  1. Ambil 2 sendok makan tepung oatmeal.
  2. Campur dengan 3 sendok makan air lemon untuk membentuknya menjadi pasta.
  3. Lakukan scrub dengan pijatan lembut merata di seluruh bagian wajah.
  4. Diamkan sebagai masker hingga mengering.
  5. Bilas menggunakan air suam-suam kuku.
  6. Lakukan treatment ini sekitar 1-2 kali per minggu.

Kentang

Kentang juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk perawatan wajah yang memiliki flek hitam, Girls. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda hitam dengan kentang. Cara pertama adalah:

  1. Potong kentang berbentuk pipih.
  2. Letakkan irisan kentang pada bagian wajah yang memiliki noda hitam.
  3. Diamkan selama beberapa menit.
  4. Bilas menggunakan air hangat.

Sedangkan, cara kedua adalah dengan mengubah kentang menjadi masker wajah, yaitu:

  1. Haluskan kentang dan tempatkan pada mangkuk.
  2. Campurkan dengan 2 sendok makan madu hingga merata.
  3. Aplikasikan pada wajah dengan merata.
  4. Diamkan hingga mengering, kemudian bilas menggunakan air hangat.

Buttermilk

Cairan susu yang lemaknya sudah dikeluarkan menjadi butter ini, juga memiliki fungsi untuk menghilangkan noda hitam di wajah. Cara merawat kulit wajah untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat menggunakan buttermilk adalah sebagai berikut:

  1. Ambil 4 sendok teh buttermilk, tempatkan dalam mangkuk kecil.
  2. Tambahkan 2 sendok teh jus tomat atau tomat yang dihaluskan.
  3. Campur hingga benar-benar merata.
  4. Aplikasikan sebagai masker dan diamkan hingga mengering.
  5. Bilas dengan air bersih.

Asam laktat dalam susu memiliki fungsi untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit. Sedangkan, tomat memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi untuk mengurangi noda hitam bekas jerawat. Agar hasil lebih maksimal, kamu bisa menambahkan sesendok madu ke dalam masker buttermilk ini.

Bagaimana Girls? Cukup mudah, kan, untuk mengatasi noda dan flek hitam di wajahmu? Dengan cara merawat kulit wajah yang tepat menggunakan bahan alami, kulitmu dapat terlihat lebih cerah dan bersinar. Nah, selain menggunakan bahan-bahan alami tersebut, pastikan untuk menggunakan CLEAN & CLEAR® Acne Marks Cleanser sebagai sabun pencuci wajahmu sehari-hari untuk membantu mengangkat sel kulit mati pada bekas jerawat lebih cepat sehingga kulit terlihat lebih bersih sejak pertama kali pemakaian. Yuk, rawat kecantikan kulit dari sekarang!