Skip to main content

Sebagai salah satu orang terdekat, kehadiran sahabat tentu banyak memengaruhi kehidupan kamu, ya, Girls? That’s why, saat ia sedang sedih atau down, kamu jadi ikutan murung dan hari-hari pun terasa nggak seseru biasanya. Oleh sebab itu, jangan biarkan sahabatmu sedih terlalu lama, ya. Sebagai sahabat yang baik, yuk, bantu ia kembali bersemangat lewat cara-cara berikut!

  1. Mendengarkan Keluh Kesahnya

Saat kamu down dan hidup terasa begitu sulit, kehadiran seseorang yang bersedia mendengarkan keluh kesahmu tentu akan membuat beban terasa lebih ringan kan? Begitu pun yang dirasakan sahabatmu. Karenanya, berusahalah mendampinginya dan jadilah sosok yang siap mendengarkan keluh kesahnya. Bisa jadi, ia hanya butuh didengarkan, kok. So, biarkan sahabatmu mengeluarkan unek-uneknya dan nggak perlu beri ia nasihat atau masukan, kecuali bila ia meminta.

  1. Biarkan Ia Bersedih Selama Beberapa Waktu

Memang sih kamu harus membantu sahabatmu untuk kembali bersemangat. Tapi, jangan lakukan hal ini terlalu buru-buru, ya. Ingat, kamu juga harus memberikan sahabatmu waktu untuk merefleksikan apa yang tengah ia rasakan.

Biarkan sahabatmu merasa sedih selama beberapa saat. Hindari memaksanya segera kembali seperti sedia kala hanya dengan mengatakan kalimat-kalimat seperti “Semangat, dong!”, atau “Jangan sedih, dong”. Meski tujuanmu baik, kalimat-kalimat ini bisa membuat sahabat menganggap kamu egois karena nggak mau memahami kesedihannya saat ini.

  1. Memberikan Surat Penyemangat

Setelah memberikannya waktu untuk merefleksikan kesedihan selama beberapa saat, kamu boleh mulai memberikannya semangat sekarang. Kalau kamu termasuk orang yang kurang bisa memberikan semangat secara lisan, tuliskan saja kalimat-kalimat penyemangatmu dalam secarik kertas. Ketimbang pesan teks melalui ponsel, ini jauh lebih berkesan, lho. Hal ini juga menunjukkan bahwa kamu benar-benar sayang dan memerhatikan sahabatmu. Buktinya, kamu rela meluangkan waktu untuk memilih kertas sesuai warna favoritnya, memikirkan kata-kata terbaik untuk menyemangatinya, dan memberanikan diri untuk memberikannya langsung.

Dengan pengorbananmu ini, kepercayaan diri sahabatmu bisa jadi akan meningkat karena ia merasa disayangi dan didukung. Nggak cuma itu, saat sahabatmu kembali merasa down, ia juga bisa menjadikan surat darimu sebagai cara meningkatkan percaya diri yang ampuh.

  1. Ajak Lakukan Hal yang Ia Sukai

Seiring bergulirnya waktu, sahabat kamu akan mulai merasa lebih baik. Nah, manfaatkan momen ini untuk mengajak ia melakukan hal-hal yang disukainya. Nonton film bareng sambil sleepover di rumah bisa jadi ide yang bagus. Atau, kamu juga bisa mengajaknya karaoke dan pilih lagu-lagu yang semangat dan positif. Namun sebelumnya, kamu tetap harus menanyakan pada sahabatmu apakah ia sudah cukup siap untuk melakukan hal-hal tersebut.

  1. Ajak Sahabatmu “Berubah”

Saat suasana hati sedang nggak baik, mencoba hal baru bisa menjadi salah satu refreshment lho. Untuk itu, nggak ada salahnya mengajak sahabatmu mencoba sesuatu yang baru, misalnya lewat sesi beauty makeover di rumah dia atau kamu. Untuk menghiburnya, kalian bisa saling mencoba berbagai gaya makeup cerah. 

Nah... saat mencoba berbagai jenis produk makeup, pastikan juga kamu dan sahabat tidak lupa untuk membersihkan wajah dengan benar ya. Terkait hal ini, kamu bisa menggunakan sabun pembersih wajah yang bisa memberikan kesegaran ekstra seperti CLEAN & CLEAR® Fruit Essentials Energizing Berry. Kandungan BURSTING BEADS™ serta ekstrak berry yang kaya vitamin akan membantu memberikan kesegaran ekstra pada kulit dan membersihkan minyak dan kotoran secara menyeluruh tanpa membuat kulit kering.

Dengan wajah yang bersih, segar, dan berseri, sahabatmu pun akan lebih mudah menemukan semangatnya kembali sehingga hari-hari kalian jadi ceria lagi deh!