Skip to main content

Title

Penyebab Pori-pori Membesar

Selain jerawat dan komedo, pori-pori wajah yang membesar bisa jadi salah satu masalah yang cukup mengganggumu saat ini, Girls? Ya, meski tidak seperti blackhead, komedo putih, maupun si merah jambu yang jelas terlihat, pori-pori membesar nggak bisa dianggap sepele, karena dapat dapat memicu masuknya kotoran, sehingga pori-pori jadi tersumbat. Inilah sebabnya, kamu perlu tahu info seputar cara mengecilkan pori-pori di wajah yang efektif. Namun, sebelumnya yuk cari tahu apa saja sih faktor pemicu membesarnya pori-pori di kulit wajah? Berikut selengkapnya.

  1. Jenis kulit.

Menurut para ahli, jenis kulit adalah salah satu faktor utama yang menentukan mudah-tidaknya pori-pori membesar. Mereka yang memiliki tipe kulit wajah berminyak lebih rentan mengalami pembesaran pori-pori dibanding tipe kulit wajah normal ataupun kering. Sebab, seperti yang kita tahu, pori-pori merupakan jalan keluar keringat dan minyak dari tubuh. Makin banyak minyak yang harus dikeluarkan, semakin sering pula pori-pori dilewati. Tak heran, mereka dengan tipe kulit berminyak lebih berisiko mengalami pembesaran pori-pori, dan lebih butuh tahu cara memperkecil pori-pori di wajah dibanding orang dengan tipe kulit lainnya.  

      2. Paparan sinar matahari.

Aktif berkegiatan di luar memang seru, Girls. Namun, paparan ultraviolet secara langsung dan berlebihan nggak baik untuk kulitmu. Nggak cuma membuat kulit terlihat lebih gelap, paparan intens sinar matahari dalam waktu yang cukup lama diketahui mengurangi produksi kolagen di kulit, sehingga pori-pori terlihat membesar karena kulit kehilangan kelembapan alaminya. Sekadar info, kolagen adalah protein yang diproduksi kulit untuk menjaga kelembapan dan elastisitasnya.

Untuk melindungi kulitmu, bijaklah memilih waktu untuk aktivitas outdoor. Kamu bisa memilih jam-jam saat matahari bersinar nggak terlalu intens dan membuat kulit terasa terbakar, seperti pagi (antara pukul 06.00 – 09.00) atau sore (antara pukul 16.30 – 18.00). Jangan lupa juga untuk lindungi kulitmu dengan tabir surya sebelum beraktivitas di luar. Nggak sekadar membuat kulitmu terlindung dari efek negatif ultraviolet, hal ini termasuk cara mengecilkan pori-pori pada wajah lho.

  1. Kotoran yang menyumbat.

Ukuran pori-pori akan makin besar akibat banyaknya kotoran yang terjebak di dalamnya. Oleh karenanya, menerapkan cara merawat kulit wajah yang benar adalah salah satu cara mengecilkan pori-pori di wajah yang efektif.

Kamu bisa memulai hal ini dengan memilih sabun pembersih wajah yang tepat. Mengingat kamu memiliki karakteristik dan kebutuhan kulit yang berbeda di usiamu kini, pilihlah sabun cuci muka yang dihadirkan khusus untuk kulit remaja, bersifat lembut, sekaligus memiliki kandungan bahan aktif, seperti CLEAN & CLEAR® Daily Pore Cleanser. Kandungan Salicylic Acid, Apple Extract, Micro Beads, dan PURERICE yang terdapat di dalamnya diformulasi khusus untuk kulit remaja. Produk ini bekerja dengan dua cara, yaitu membersihkan kotoran yang menyumbat serta membantu mengecilkan pori-pori secara efektif, untuk kulit lebih bersih, lembut, dan halus.

Nah, Girls, setelah tahu faktor-faktor pemicu serta cara mengecilkan pori-pori di wajah yang efektif, kini masalah pori-pori membesar nggak akan lagi mengganggu penampilanmu, dan kamu akan #SiapTerus untuk menghadapi apapun.