Skip to main content

Perubahan Ini Dialami Remaja, Adakah yang Kamu Rasakan?

20 February 2020
Like12

masa-remaja.jpg

masa-remaja.jpg

Perubahan Ini Dialami Remaja, Adakah yang Kamu Rasakan?

masa-remaja.jpg

masa-remaja.jpg

Girls, masuk usia remaja, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh kita lho. Perubahan ini nggak hanya terjadi secara fisik namun juga secara mental. Sudah tahu belum kamu perubahan apa saja yang bisa terjadi? Simak, yuk!

Perubahan Secara Fisik

1. Payudara Mulai Tumbuh

Sebagai cewek, salah satu ciri utama saat memasuki usia remaja adalah tumbuhnya kedua payudara. Umumnya ini terjadi di usia 8-13 tahun. Tanda awal tumbuhnya kedua payudara adalah rasa tidak nyaman atau sakit di kedua area payudara. Puting payudara dan aerola atau area kehitaman di sekitar puting juga mulai membesar. Kemungkinan payudara yang satu tumbuh lebih dulu dibandingkan payudara lainnya, sehingga ukurannya dapat berbeda antara kiri dan kanan. Tapi, kondisi ini masih dianggap normal kok jadi kamu nggak perlu khawatir.

2. Munculnya Rambut Halus

Pada beberapa area tubuh juga akan mulai tumbuh rambut halus, seperti di ketiak dan area kewanitaan. Jadi, kamu perlu lebih rajin menjaga kebersihan area-area tersebut agar senantiasa bersih dan tidak lembap sehingga menjadi sumber berkembangbiaknya bakteri/kuman.

3. Tubuh Membesar

Di dalam proses menuju remaja, perubahan fisik lain yang terjadi adalah tubuhmu mulai membesar. Perubahan ini dapat kamu lihat pada area dada, pinggul, paha, dan lengan. Selain itu, tinggi badanmu juga akan mengalami perkembangan yang pesat.

4. Wajah Berminyak & Berjerawat

Perubahan besar juga akan terjadi pada wajahmu. Adanya perubahan hormon dalam tubuh membuat kelenjar minyak, terutama di area wajah, memproduksi minyak lebih banyak. Nah, inilah yang kemudian membuat wajahmu jadi lebih mudah untuk berminyak. Apabila minyak berlebih di wajah ini tidak dibersihkan dengan benar, akan membuat wajahmu rentan berjerawat.

5. Menstruasi

Selanjutnya memasuki usia remaja, kita sebagai cewek akan mengalami menstruasi. Ini terjadi karena setiap perempuan memiliki sel telur. Menstruasi ini akan terjadi setiap bulan, di mana rahim membuat lapisan darah dan jaringan sebagai tempat menempelnya sel telur. Namun, jika sel telur tidak dibuahi, pada akhirnya akan luruh dan keluar melalui vagina dalam bentuk darah menstruasi. Periode menstruasi berlangsung sekitar 2-7 hari setiap bulannya.

Perubahan Mental

1. Emosi Tidak Stabil

Salah satu masalah yang kita hadapi sebagai remaja adalah emosi yang tidak stabil. Ketidakstabilan emosi ini terjadi karena kita mengalami masa kebingungan menghadapi perubahan, terutama perubahan pada fisik yang dapat terlihat dengan jelas.

2. Rasa Kurang Percaya Diri

Selanjutnya, banyak dari kita yang juga mengalami rasa kurang percaya diri. Hal ini juga bisa diakibatkan dari adanya perubahan dalam tubuh kita. Salah satunya adalah saat wajah berminyak dan berjerawat, sehingga membuat kita jadi merasa kurang menarik dan tentu saja perubahan ini membuat rasa percaya diri kita menurun.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan mencoba untuk menerima dirimu sendiri. Menerima diri sendiri bukan berarti kamu pasrah pada keadaan ya, Girls. Jika kamu bermasalah dengan perubahan pada fisik, seperti munculnya minyak berlebih dan jerawat, kamu perlu segera mengatasinya.

Hal paling utama yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi masalah minyak dan jerawat di wajah adalah dengan menjaga kebersihan. Cuci wajahmu dua kali sehari, di pagi dan malam hari dengan menggunakan Clean & Clear Foaming Face Wash. Busanya yang lembut mampu membersihkan minyak dan kotoran secara menyeluruh tanpa membuat kulit menjadi kering. Produk ini juga mampu mengontrol minyak selama 8 jam dan bantu lawan 99.8% bakteri penyebab jerawat. Sehingga kulit terasa bersih, halus dan lembut. Perubahan apa yang sedang kamu alami saat ini, Girls?

BACA JUGA: 5 Benda Wajib Untuk Remaja Yang Aktif!