Skip to main content

5 Tips Memilih Pelembab untuk Kulit Berminyak

artikel-tips-memilih-pelembab.jpg

artikel-tips-memilih-pelembab

Punya kulit berminyak itu memang menyebalkan ya, Girls. Walaupun kita sudah sering mencuci muka untuk mengurangi minyak di wajah, tapi minyak itu tetap kembali lagi. Bahkan tidak jarang minyak di wajah jadi penyebab munculnya jerawat. Duh, nggak banget deh!

Tidak jarang kita jadi menyalahkan pelembab wajah kita karena bisa jadi pelembab wajah inilah yang menyebabkan wajah kita makin berminyak. Eits, tunggu dulu, Girls. Sebelum kamu berhenti menggunakan pelembab wajahmu, ada hal yang harus kamu tahu. Menurut  Dr. Eric Schweiger, pendiri Schweiger Dermatology Group dari New York City, walau kulit kita berminyak, kita sebaiknya tetap menggunakan pelembab.

Menghentikan penggunaan pelembab justru bisa memperparah keadaan kulit. Kulit bisa jadi dehidrasi, lalu malah memproduksi minyak berlebih yang bisa menimbulkan jerawat, Girls. Kamu tidak mau itu terjadi, kan?

Nah, daripada menghindari pelembab, lebih baik kamu simak 5 tips memilih pelembab untuk kulit berminyak ini, nih, supaya kamu nggak salah pilih dan wajah bebas dari minyak berlebih!

Pilih yang kandungannya bebas minyak

Saatnya membaca kandungan dari pelembab yang mau kita pilih. HIndari pelembab yang berbahan dasar minyak, seperti lanolin, minyak mineral, atau vitamin E. Kandungan ini bisa memicu produksi minyak di wajah lebih banyak lagi.

Lebih baik pilih yang water based

Selain memilih pelembab yang bebas dari kandungan minyak, sebaiknya pilih pelembab yang memang water based, alias berbahan dasar air. Pelembab yang berbahan dasar air memang dibuat khusus untuk kulit berminyak karena tetap bisa melembabkan wajah, tanpa membuat wajah semakin berminyak.

Cari yang memiliki tekstur ringan

Untuk kamu yang kulitnya berminyak, sebaiknya pilih pelembab yang teksturnya ringan. Pelembab yang berbentuk cream cenderung memiliki kandungan yang ‘berat’ dan bisa membuat kulit kamu semakin berminyak. Alih-alih, pilih pelembab yang bentuknya gel atau lotion, karena teksturnya lebih ringan dan mudah menyerap di kulit.

Pelembab sekaligus sunscreen

Untuk kita yang tinggal di Indonesia, pakai sunscreen setiap hari itu wajib hukumnya! Tapi, memakai pelembab dan sunscreen secara bersamaan kadang bisa bikin kulit jadi semakin berminyak dan greasy. Untuk mengakalinya, kamu bisa pilih pelembab yang sudah mengandung SPF. Jadi, kulit tetap lembab tanpa minyak berlebih, deh.

Cari yang anti-comedogenic

Pelembab yang anti-comedogenic ini pas banget untuk kulit yang berminyak, karena tidak akan menyumbat pori-pori, penyebab komedo dan jerawat.

Salah satu pelembab yang pas banget untuk kulit berminyak dan tidak bikin komedoan serta jerawat itu adalah Clean & Clear Oil-Free Moisturizer, Girls! Kandungan Salicylic Acidnya bisa membantu mengontrol produksi minyak di wajah dan tetap bebas dari jerawat. Formula bebas minyaknya (Oil-Free) juga dapat melembabkan, tapi sama sekali tidak meninggalkan rasa greasy (berminyak) di kulit. Kulit kamu akan terasa bersih dan juga lembut..

Nah, sudah tidak bingung lagi kan gimana cara memilih pelembab untuk kulit berminyak? Bye-bye minyak-minyak membandel!