Tips Bijak Menggunakan Digital dan Social Media untuk Mengurangi Interaksi Fisik di Masa Pandemi

19 October 2020
Like2

cc-tips-interaksi-sosial-media-resize-1440x900.jpg

Tips Bijak Menggunakan Digital dan Social Media untuk Mengurangi Interaksi Fisik di Masa Pandemi

cc-tips-interaksi-sosial-media-resize-1440x900.jpg

Di masa pandemi ini, interaksi fisik bisa sangat membahayakan. Oleh sebab itu, penggunaan digital dan social media menjadi kunci bagi kita untuk bisa tetap terhubung dengan orang lain. Namun tentu saja, penggunaan media online seperti ini membutuhkan kebijaksanaan dan kehati-hatian. Untuk lebih jelasnya lagi, yuk kita simak saja tips berikut ini:

  1. Jadwalkan Zoom Meeting
    Bila biasanya kamu janjian ngumpul di kafe dengan teman-teman, sekarang ubah jadwalnya menjadi zoom meeting dari rumah masing-masing. Jadwalkan juga zoom meeting setiap ada event khusus misalnya ada teman yang baru melahirkan, berulang tahun, atau saat hari raya.
    Jangan lupa untuk tetap berpenampilan rapi dan menarik. Karena walau hanya di rumah saja, orang-orang tetap akan melihatmu dengan jelas saat video conference. Tak perlu terlalu mencolok, asalkan pakaianmu rapi dan pantas sudah cukup. Jika tidak suka memakai makeup, minimal kamu harus cuci muka dulu dengan Clean & Clear Foaming Face Wash agar tidak nampak kusam.
     
  2. Kirim Parcel
    Selain tatap muka via layar digital, kamu juga bisa memelihara silaturahmi dengan mengirimkan parcel berupa barang atau makanan. Saat ini, banyak layanan belanja online dan ekspedisi untuk membantumu mewujudkannya. Mengirim parcel seperti ini pasti akan sangat berkesan bagi mereka yang menerimanya. Jangan lupa utamakan membeli dari UMKM untuk membantu menyelamatkan perekonomian negara kita.
     
  3. Pelajari Informasi Sebelum Share
    Update dengan perkembangan informasi terkini memang penting. Namun, jangan sampai kamu terburu-buru menyampaikan informasi tanpa sempat mengecek keabsahannya. Di era seperti ini, banyak pihak menyebar hoaks untuk menciptakan kegaduhan. Jangan sampai kamu terjebak untuk ikut yang menyesatkan ini.
     
  4. Jangan Banyak Pamer
    Banyak orang mengalami kesulitan ekonomi akibat adanya pandemi. Maka, sebaiknya hindari memposting apapun yang membuatmu terlihat kaya. Meski kamu tidak memiliki niat buruk, postingan tersebut bisa membuat orang sedih jika keadaan mereka sedang terhimpit. Tidak ada salahnya kan menjaga perasaan orang lain yang sedang kesulitan?
     
  5. Jaga Data Pribadimu
    Perhatikan apa yang akan kamu posting. Jangan sampai kamu dengan tidak sengaja mengekspos data pribadi yang bisa dimanfaatkan orang lain untuk kejahatan. Adapun data tersebut antara lain nomor identitas, data bank, alamat rumah dan sekolah anak, dan lain sebagainya. Bahkan foto interior dan lingkungan rumah pun sebaiknya dibatasi agar tidak terlalu kentara.
     
  6. Minta Ijin Sebelum memposting Orang Lain
    Salah satu etika social media yang banyak orang kurang pahami adalah menghargai privasi orang lain. Postingan foto atau informasi apapun tentang orang lain tanpa seijinnya adalah pelanggaran privasi, karena tidak semua orang suka terekspos. Agar sama-sama nyaman, pastikan kamu minta ijin dahulu jika mau membuat postingan demikian. Atau, kamu bisa memodifikasi gambarnya supaya foto orang lain tidak terlihat.
     
  7. Hindari Perdebatan
    Bebasnya social media sering dijadikan platform orang untuk menyuarakan pendapatnya. Tak jarang orang terlibat dalam debat kusir yang memancing permusuhan, padahal topik yang diperdebatkan tidak terlalu penting. Untuk itu, kamu harus bisa menghargai orang lain yang berbeda pendapat. Berdiskusi boleh saja dilakukan, namun bila obrolan sudah terasa intens, sebaiknya akhiri saja agar perdamaian tetap terjaga.
     
  8. Jangan Marah Bila Tidak Direspon Cepat
    Meski semua orang di rumah saja selama pandemi berlangsung, bukan berarti mereka menganggur sepanjang hari. Jika chat kamu tidak kunjung dibalas, santai saja. Tidak perlu merasa diabaikan dan tersinggung. Mungkin orang tersebut sedang sibuk WFH atau melakukan hal lain.
     

Masa pandemi ini memang sulit bagi hampir semua orang. Maka, sebaiknya jangan sampai menambah masalah akibat penggunaan platform digital dan social media yang kurang tepat.

BACA JUGA: Masalah Kesehatan Yang Muncul Akibat Overthinking!