Tips Agar Tidak Menjadi Pelaku Maupun Korban Cyberbullying

19 October 2020
Like24

cc-cyberbullying-resize-1440x900.jpg

Tips Agar Tidak Menjadi Pelaku Maupun Korban Cyberbullying

cc-cyberbullying-resize-1440x900.jpg

Meski tidak menyakiti secara fisik, cyberbullying juga bisa memberikan dampak negatif yang serius dan permanen. Tak sedikit pula orang yang sampai menderita gangguan jiwa hingga depresi akibat praktek perundungan online ini. Oleh sebab itu, kita harus berupaya semaksimal mungkin untuk mencegahnya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba:

  1. Selalu pikirkan konsekuensi yang mungkin terjadi setiap akan memposting sesuatu. Jika dirasa itu bisa memicu cyberbullying, sebaiknya kamu urungkan saja niatmu.
     
  2. Pelajari apakah itu cyberbullying dan sampaikan informasi ke teman-temanmu yang belum memahaminya. Dengan sama-sama memahami, kalian bisa melakukan pencegahan bersama.
     
  3. Meski sudah di-setting private, selalu anggaplah bahwa media sosial adalah platform yang bisa dilihat oleh semua orang. Jangan memposting apapun yang bisa berbahaya bila dilihat orang lain.
     
  4. Bila kamu mau posting foto atau informasi tentang orang lain, pastikan kamu sudah minta ijin terlebih dahulu terhadap orang tersebut.
     
  5. Jangan terlalu banyak pamer barang atau gaya hidup mewah karena orang yang iri bisa terbesit untuk melakukan bullying terhadapmu.
     
  6. Jangan memposting foto yang berpotensi mempermalukan diri sendiri maupun orang lain, karena pelaku cyberbully bisa memanfaatkannya untuk menyerang korbannya.
     
  7. Jangan memposting data yang bersifat pribadi seperti nomor identitas dan data administratif karena orang bisa menyalahgunakannya.
     
  8. Setiap kali akan menulis komentar, pertimbangkan terlebih dahulu apakah sekiranya kata-kata yang kau ucapkan akan menyakitkan perasaan orang lain. Jangan sampai kamu menjadi pelaku bullying tanpa kamu sadari.
     
  9. Jangan memposting foto yang seksi atau tidak pantas, apalagi jika tanpa sepengetahuan keluargamu.
     
  10. Berhati-hatilah saat berkomunikasi dengan orang asing di media sosial karena identitas mereka belum tentu benar.
     
  11. Jika ada hal-hal yang membuatmu tidak nyaman, komunikasikanlah dengan orang lain yang bisa kamu percayai. Lebih baik lagi jika orang tersebut adalah guru atau orang tuamu.
     
  12. Jangan ikut tertawa bila ada yang memposting guyonan yang menyakiti perasaan orang lain. Hal itu membuatmu sama saja dengan pelaku perundungan.
     
  13. Jika kamu melihat ada teman yang melakukan cyberbullying terhadap teman lain, segeralah bertindak. Kamu bisa menegurnya secara langsung ataupun melaporkannya ke guru atau orang tua. Jangan mengabaikannya.
     
  14. Abaikan orang yang berusaha menyerangmu di sosial media. Tidak perlu kamu membuang waktu dan tenagamu untuk meladeninya meskipun kamu berada di pihak yang benar.
     
  15. Segera blokir akun orang yang berusaha melakukan cyberbullying terhadapmu jika mengabaikannya masih belum cukup untuk menghentikan niat jahat mereka. Semakin kamu meladeninya, semakin mereka akan mencari cara untuk terus menyerangmu.
     
  16. Batasi waktumu dalam bermedia sosial. Biasanya, orang terlibat cyberbullying saat mereka terlalu banyak menghabiskan hidupnya di dunia maya.
     
  17. Jangan ragu untuk segera minta maaf bila ada orang yang tersinggung dengan sikap atau ucapanmu di sosial media. Karena terkadang, orang menjadi pelaku cyberbullying karena sibuk bersikap defensif dengan mencari pembenaran atas kesalahannya sendiri.
     
  18. Pastikan untuk logout saat mengakses media sosial melalui komputer umum atau milik orang lain. Jangan beri kesempatan orang lain untuk mengakses akunmu.
     
  19. Segera bertindak jika kamu menemukan cyberbullying terjadi pada dirimu atau orang lain yang kamu tahu.
     

Terkadang kasus cyberbullying terjadi tanpa kita sadari, baik itu dari pihak pelaku, korban, maupun saksi. Oleh sebab itu, kesadaran dalam bermedia sosial sangat diperlukan. Kamu juga harus bisa mengedukasi diri tentang apa itu cyberbullying sehingga dapat mencegahnya dengan baik. Jangan lupa, perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan. Semua dimulai dari diri kita sendiri lho!

BACA JUGA: 4 Tips Sederhana Untuk Mengatasi Rasa Minder