Skip to main content

Title

Hindari 4 Penyebab Komedo Ini

Meski berukuran kecil, komedo sering kali membuat penampilanmu terlihat kurang maksimal. Sebab, komedo dapat membuat kulit terkesan nggak bersih dan pori-pori cenderung tampak besar. Oleh karenanya, kamu perlu segera menerapkan cara mengatasi komedo yang tepat begitu komedo muncul, Girls. Sebagai pencegahan, kamu juga perlu mengetahui faktor-faktor pemicu timbulnya komedo, supaya masalah ini nggak hadir kembali.

Berikut empat faktor pemicu komedo di kulit wajah yang perlu kamu hindari:

  1. Minyak berlebih pada wajah.

Secara alami, kulit memang mengeluarkan minyak setiap hari untuk menjaga kelembapan dan mencegah terjadinya kekeringan. Namun, beberapa faktor seperti berlebihnya kadar hormon Androgen dalam tubuh, stres, serta konsumsi makanan berlemak sering kali memicu berlebihannya minyak yang dikeluarkan. Minyak ini kemudian menumpuk di permukaan kulit sehingga menyebabkan sel-sel kulit mati, kotoran, dan debu lebih mudah menempel.

Bila cara membersihkan wajah yang kamu terapkan tidak maksimal, campuran minyak, sel-sel kulit mati, debu, serta kotoran dapat makin menumpuk dan menyumbat pori sehingga komedo pun terbentuk, Girls. Inilah sebabnya, membersihkan wajah dengan benar jadi salah satu cara mengatasi dan mencegah komedo yang perlu kamu terapkan setiap hari.

  1. Gaya hidup tidak sehat.

Memperbaiki gaya hidup jadi hal berikutnya yang perlu kamu lakukan sebagai langkah mengatasi komedo membandel. Sebab, gaya hidup nggak sehat seperti terbiasa tidur larut malam termasuk faktor pemicu munculnya komedo yang dapat menggagalkan cara mengatasi komedo yang kamu terapkan.

Seperti yang kita tahu, kulit meregenerasi dirinya di malam hari saat kita terlelap tidur. Ini artinya, makin sering kamu tidur larut, makin sedikit pula kesempatan kulit memperbarui dirinya lewat proses regenerasi. Efeknya, sel-sel kulit mati pun tak kunjung berganti dengan sel-sel kulit yang baru. Semakin lama, sel-sel kulit mati ini semakin banyak dan menyumbat pori sehingga terbentuklah komedo.

  1. Makeup yang tidak dibersihkan sebelum tidur.

Dibanding cowok, cewek terbilang lebih rentan bermasalah dengan komedo. Terkait hal ini, penggunaan makeup sering disebut-sebut sebagai biang keladinya, Girls. Sebab, meskipun bisa menutupi ketidaksempurnaan di kulit wajah, makeup juga dapat menutupi pori-pori kulit dan berpotensi membuatnya tersumbat.

Namun, bukan berarti kamu nggak boleh mengenakan makeup. Kamu dapat mengaplikasikannya tipis-tipis pada wajah dan rutin membersihkannya tiap sebelum tidur agar makeup nggak membuat pori-pori kulit kamu tersumbat.

  1. Kurang olahraga.

Selain penting untuk kesehatan tubuh, olahraga rutin juga diperlukan untuk menjaga kecantikan kulit. Olahraga dapat membantu kulit wajah tampak lebih berseri dan meminimalisir munculnya komedo yang mengganggu. Sebab, saat berolahraga, peredaran darah di tubuh dapat menjadi lebih lancar. Selain itu, keringat yang keluar juga dapat mendorong keluarnya kotoran yang tersumbat di pori-pori. Dengan kata lain, semakin sering kamu berolahraga dan berkeringat, kamu dapat membersihkan pori-pori secara alami, Girls.  

Di samping menghindari empat faktor pemicu hadirnya komedo tadi, jangan lupa perhatikan juga sabun cuci muka yang kamu gunakan setiap hari. Sebab, sabun cuci muka yang tepat akan membantumu menjaga kebersihan pori-pori sehingga cara mengecilkan pori-pori pada wajah yang kamu terapkan bisa semakin efektif.

Terkait hal ini, kamu bisa mengandalkan CLEAN & CLEAR® Daily Pore Cleanser, Girls. Karena produk ini diformulasikan khusus untuk kulit remaja. Kandungan Salicylic Acid, Apple Extract, Micro Beads, dan PURERICE yang terdapat di dalamnya dapat membantu membersihkan komedo dan pori yang tersumbat, serta mengurangi minyak berlebih sehingga menghambat terbentuknya komedo baru.

Nah, dengan mengetahui faktor-faktor pemicu serta cara mengatasi komedo yang tepat, kini kamu bisa #SiapTerus tampil dengan wajah bersih dan cerah.