Skip to main content

Sebagai remaja yang rentan terhadap beragam masalah kulit, kini kamu tentu perlu menambah pengetahuan seputar perawatan kulit. Salah satu yang sering kali dibutuhkan adalah info soal perawatan wajah berjerawat. Ya, jerawat pada wajah merupakan masalah yang umum terjadi pada usia kamu saat ini. Namun jika tidak ditangani sejak dini, hal ini dapat merusak kulit dan penampilan kamu, Girls. Apalagi, wajah adalah bagian pertama tubuh yang langsung diperhatikan lawan bicara selama kita berinteraksi. Makin baik kondisi kulit wajah, kamu tentu akan semakin percaya diri. Jika kamu termasuk salah satu cewek yang sedang menghadapi masalah kulit yang satu ini, ada baiknya kamu tahu lebih jauh seputar cara merawat wajah berjerawat agar kondisi ini tidak semakin parah. Yuk, simak beberapa do’s and don’ts-nya berikut supaya kamu nggak salah langkah dan #WajahSiapTampil kembali jadi milikmu!

Do’s!

  1. Bersihkan wajah secara rutin.

Nggak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan baik, termasuk mematuhi kembali frekuensi membersihkan wajah, meski kulit sudah telanjur berjerawat. Sama halnya dengan membersihkan kulit sebelum wajah berjerawat, umumnya frekuensi yang dianjurkan untuk membersihkan kulit wajah berjerawat adalah dua kali sehari, yaitu pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur.

  1. Selektif memilih produk perawatan wajah.

Kriteria sabun pembersih yang digunakan juga jadi poin penting yang nggak boleh lupa diperhatikan. Supaya kulitmu terhindar dari iritasi yang dapat membuat jerawat semakin parah, sebaiknya pilih sabun pembersih wajah yang bersifat lembut dan sesuai dengan kebutuhan kulit remajamu, seperti CLEAN & CLEAR® FOAMING Facial Wash . Dengan kandungan Salicylic Acidfoaming facial wash ini dapat membantu membersihkan kulit secara menyeluruh tanpa membuatnya kering.

  1. Perbanyak minum air putih.

Selain penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, air putih juga bermanfaat memperlancar metabolisme tubuh sehingga kelembapan kulit pun lebih terlindungi lho, Girls. Dengan begitu, kulit akan lebih tahan terhadap serangan bakteri penyebab masalah kulit, termasuk jerawat. Jadi, mulailah tahun baru ini dengan memperbanyak konsumsi air putih, ya!

Selain membiasakan tiga hal di atas, ada juga hal-hal yang sebaiknya dihindari saat merawat kulit wajah yang tengah berjerawat, yaitu:

Don’ts!

  1. Mencuci wajah terlalu sering.

Saat kulit wajah telanjur bermasalah, biasanya secara tak sadar kita akan merawatnya secara berlebihan. Mencuci wajah terlalu sering misalnya. Ketika dilakukan lebih dari dua kali dalam sehari, mencuci wajah justru bisa memicu kulit menjadi kering sehingga wajah terlihat kusam. Jadi, hindari kebiasaan ini supaya wajahmu tetap sehat, ya.

  1. Mencoba banyak produk sekaligus.

Selain mencuci wajah terlalu sering, hal lain yang umum dilakukan saat jerawat hadir adalah mencoba berbagai produk perawatan wajah berjerawat. Hati-hati, Girls. Terlalu banyak menggunakan produk secara sekaligus bisa membuat kulitmu rentan iritasi, lho. Hindari terlalu banyak coba-coba dan bijaklah memilih produk ya.

  1. Memencet jerawat.

Gemas, sih, memang, tapi biasakan untuk tidak memencet jerawat ya, Girls. Hal ini bukanlah kebiasaan yang baik untuk mengatasi masalah kulit yang satu ini. Memencet jerawat hanya akan membuat peradangan pada kulit semakin parah, dan noda bekas luka yang ditinggalkannya makin sulit dihilangkan.

  1. Scrubbing di area timbulnya jerawat.

Beberapa cewek sering kali memilih scrubbing sebagai cara menghilangkan noda bekas jerawat untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Namun penting diingat, kondisi kulit wajah yang sedang berjerawat itu berbeda, lho, dengan kulit normal. Area kulit yang tengah ditumbuhi jerawat jadi lebih sensitif dan mungkin meradang. Scrubbing dapat memicu peradangan dan infeksi akibat jerawat melebar. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari scrubbing saat wajah sedang berjerawat, ya.

Ayo, mulai tahun baru ini dengan kebiasaan baru dan dapatkan kembali wajah siap tampilmu dengan menerapkan langkah perawatan wajah berjerawat yang tepat.