Skip to main content

Ternyata, Ada Komedo Bukan Berarti Wajahmu Kotor!

ternyata-ada-komedo-bukan-berarti-wajahmu-kotor.jpg

ternyata-ada-komedo-bukan-berarti-wajahmu-kotor.jpg

Girls, pernah enggak, sih, ngerasa galau banget karena komedo di hidung, dagu atau di pipi kamu susah banget hilangnya? Sampai-sampai kamu merasa stres karena enggak tahu bagaimana lagi cara menghilangkan komedo tersebut. Bahkan nggak jarang kamu jadi merasa minder, karena di wajah ada titik-titik hitam, yang merusak penampilan.

Tapi sebenarnya apa, sih, penyebab munculnya komedo? Apa benar karena kita enggak membersihkan wajah dengan baik? Apa benar karena kotoran? Atau ada hal lain yang jadi penyebabnya?

Nah, supaya tahu cara yang tepat untuk mengatasi komedo membandel, simak terus artikel di bawah ini, ya.

Komedo dan pori-pori tersumbat

Komedo itu disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh minyak atau sebum dan sel kulit mati yang tidak tereksfoliasi dengan baik. Nah, bedanya dengan orang dewasa, minyak (sebum) yang diproduksi oleh kelenjar minyak pada kulit remaja berbeda dari minyak biasa. Struktur minyaknya lebih keras, oleh karena itu tidak dapat mengalir dengan lancar keluar pori.

Lalu mengapa warnanya hitam? Ternyata ini bukan karena kotor, Girls, tetapi karena walau pori-porimu tersumbat, lubang pori-pori masih terbuka. Sehingga udara bebas masih bisa masuk dan berinteraksi dengan minyak. Minyak yang terkena udara atau oksigen inilah yang menyebabkan oksidasi.

Komedo tidak boleh dipencet

Kadang sangking gemasnya ingin menghilangkan komedo dengan cepat, kita nekat memencet komedo. Padahal, hal tersebut justru dapat menyebabkan pori-pori kulit kita semakin lebar dan terlihat seperti kulit jeruk. Enggak bagus, kan?

Nah, ada baiknya untuk tidak memencet komedo, tapi lebih baik menggunakan pembersih muka yang mengandung scrub, yang dapat mengeksfoliasi kulit mati dan mengeluarkan komedo dari pori-pori.

Komedo bisa jadi cikal bakal jerawat

Cara mengatasi komedo yang keliru, yaitu dengan memencet komedo atau menggunakan produk yang salah, justru dapat memperparah keadaan. Bahkan jika terkontaminasi dengan bakteri P.Acne, komedo bisa menjadi cikal bakal jerawat.

Apalagi jika kamu mencoba untuk memencet komedo dengan tangan yang kotor. Otomatis bakteri bisa masuk ke dalam kulit dan terjadi peradangan penyebab jerawat.

Lalu bagaimana cara mengatasi komedo yang benar?

Salah satu cara yang paling tepat untuk mengatasi komedo adalah dengan memilih produk-produk yang sesuai untuk kulit remaja seperti kita ini, Girls. Pastikan produk yang kita pilih formulanya lembut, sesuai dengan situasi kulit remaja yang tergolong elastis. Sehingga jangan sampai memakai produk yang salah dan mengurangi elastisitas kulit.

Clean & Clear Daily Pore Cleanser bisa menjadi pilihan kamu, Girls. Dengan teknologi Purerice yang inovatif, Clean & Clear Daily Pore Cleanser dapat menyerap dan mengurangi minyak berlebih penyebab komedo. Selain itu salicylic acid yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu mencegah jerawat dan terbentuknya komedo baru di wajah.

Clean & Clear Daily Pore Cleanser juga mengandung Apple fruit-acid dan Micro-beads yang dapat membersihkan komedo dan pori-pori yang tersumbat tepat pada sumbernya. Ini juga membantu membuat pori-porimu tampak lebih kecil, sehingga kulitmu akan jadi lebih bersih, lembut, juga halus.

Selain bersihkan muka dengan Clean & Clear Daily Pore Cleanser penting juga untuk tetap menjaga kelembaban kulitmu.
Demikian beberapa fakta dan tips seputar komedo. Semoga membantu, ya, Girls!