Skip to main content

Kurang Tidur Bikin Wajahmu Lebih Kusam, Kenapa?

kurang-tidur-bikin-wajahmu-lebih-kusam-kenapa.jpg

kurang-tidur-bikin-wajahmu-lebih-kusam-kenapa.jpg

Berapa total waktu tidurmu semalam? 8 jam? 6 jam? Atau bahkan kurang dari 4 jam? Kalau memang belakangan ini kamu sedang kurang, mungkin itu yang jadi penyebab utama mengapa akhir-akhir ini kulit wajahmu lebih kusam.

Pada dasarnya, saat kita tidur, tubuh kita seperti sedang di-reset, mulai dari organ dalam, sampai kulit bagian terluar. Jadi ketika kamu tidur, sebenarnya kulit kamu sedang memperbaiki setiap jaringan sel dan mengalami regenerasi. Nah, sekarang bayangkan kalau kamu kurang tidur, otomatis waktu untuk regenerasi menjadi lebih pendek sehingga hasilnya pun tidak optimal.

Regenerasi yang tidak optimal inilah yang membuat kantung mata menggelap, kulit terlihat lebih pucat, kering, dehidrasi, bahkan bisa membuat produksi minyak di wajah jadi berlebih. Hasilnya, wajahmu terlihat lebih kusam dari biasanya.

Menurut National Health Service dari Inggris, waktu tidur yang tepat untuk remaja itu antara 8-9 jam setiap harinya. Jadi, kalau waktu tidur kamu masih di bawah itu, ada baiknya diperbaiki.

Tapi selain kurang tidur, kira-kira apa lagi ya yang bisa bikin wajah lebih kusam?

Radikal bebas

Radikal bebas bisa berasal dari debu jalanan, asap rokok, serta sinar ultra violet dari matahari. Radikal bebas inilah yang bisa merusak kolagen dan mengganggu produksi pigmentasi kulit, sehingga menyebabkan munculnya garis-garis halus di wajah dan skin tone yang tidak merata. Alhasil, wajah terlihat lebih kusam, deh.

Makanan yang kurang sehat

Kalau kamu masih lebih sering makan gorengan, fast food, juga junk food, sebaiknya kamu kurangi mulai sekarang, karena makanan yang kurang sehat bisa jadi penyebab kulit jadi lebih kusam, Girls!

Sayur dan buah mengandung antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas, asap rokok, polusi, dan sinar ultraviolet penyebab penuaan dini. Brokoli, wortel, pepaya, dan bayam bisa jadi pilihan buah dan sayur yang bisa kamu makan setiap hari.

Kulit dehidrasi

Salah satu ciri kulit yang dehidrasi adalah kulit terasa lebih ketarik dan kering. Selain karena kurang tidur, kurang mengonsumsi air mineral juga bisa jadi penyebab kulit mengalami dehidrasi, sehingga terlihat lebih lelah dan kusam. Sebaliknya, kulit yang terhidrasi dengan baik akan jadi lebih lembap, plumpy, dan segar.

Dengan mengonsumsi air mineral yang cukup, yaitu 8 gelas sehari, dan juga menggunakan pelembap yang tepat untuk kulit remaja.

Sel kulit mati menumpuk

Faktor lain yang bikin kulit lebih kusam adalah sel kulit mati yang menumpuk dan tidak tereksfoliasi dengan baik. Penumpukan sel kulit mati dapat terjadi karena proses pembersihan wajah yang kurang maksimal, sehingga sisa-sisa kotoran dari polusi udara, minyak berlebih, atau makeup masih tertinggal. Sisa kotoran dan minyak ini menghambat proses regenerasi kulit secara alami. Akibatnya, sel kulit mati menumpuk dan kulit kita akan terlihat abu-abu dan kusam.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah ada Clean & Clear Fruit Essential Brightening Lemon yang memiliki teknologi Bursting Beads, dipadukan dengan Natural Lemon Extracts yang kaya akan vitamin C untuk bantu mencerahkan kulit.

Clean & Clear Fruit Essentials Brightening Lemon memiliki formula anti-bakteri yang bantu cegah masalah umum pada kulit, antara lain kulit kusam, minyak, dan jerawat, serta membersihkan kotoran di wajah secara menyeluruh tanpa bikin kulit kering.

Jadi kulit kamu akan jadi lebih bersih, terlihat ekstra segar, dan berseri, Girls! Dan yang pasti, bye-bye, kulit kusam!