Skip to main content

Tahun Baru, Warna Rambut Baru? Simak Dulu Tips Sebelum Warnai Rambut!

tahun-baru-warna-rambut-baru.jpg

tahun-baru-warna-rambut-baru.jpg

Tahun baru identik dengan membuat perubahan dalam hidup. Ada yang membuat resolusi untuk satu ke depan, membuat beberapa goals, atau make over penampilan yang lumayan drastis. Salah satu yang paling mudah untuk diubah adalah gaya potongan rambut atau warna rambut.

Buat yang belum pernah mewarnai rambut, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum memutuskan mau ganti warna rambut apa. Selain memilih warna, ada yang penting lainnya yang harus dipertimbangkan.

1. Cek alergi pewarna rambut

Sudah capek-capek mewarnai rambut, ternyata kamu memiliki alergi dengan kandungan kimia yang ada di cat rambut. Jadi, sebelum kamu mewarnai rambut, sebaiknya lakukan tes dulu. Salah satu caranya dengan mengambil sedikit cairan cat rambut dan menempelkannya ke belakang telinga. Tunggu sampai kering dan lihat reaksi di kulit kamu.

Jika terjadi reaksi, seperti kemerahan dan terasa panas, bisa jadi kulitmu sensitif terhadap cat rambut. Kamu bisa juga menggunakan cat rambut organik yang lebih aman untuk kulit sensitif.

2. Konsultasi dengan stylist di salon

Buat yang pertama kali ingin mewarnai rambut, ada baiknya konsultasi dulu dengan stylist di salon mengenai teknik pewarnaan rambut atau warna cat yang pas untukmu. Kalau kamu belum yakin dengan warna atau model yang kamu mau, kamu bisa membawa contoh foto rambut yang kamu mau ke stylist dan diskusi apakah itu cocok dengan tipe rambut kamu.

Meluangkan waktu untuk konsultasi terlebih dulu bisa memangkas kemungkinan gagal dalam proses mewarnai rambut. Yang harus kamu ingat, hasilnya mungkin tidak akan 100% sama dengan contoh yang kamu mau karena karakter rambut setiap orang itu berbeda-beda.

3. Lembapkan rambut terlebih dulu

Buat yang akan mewarnai rambut sendiri di rumah, pastikan kamu membuat rambutmu sedikit lembap sebelum masuk ke proses pewarnaan, ya. Aplikasikan sedikit hair mask ke ujung-ujung rambut, karena ujung rambut cenderung lebih kering dibanding bagian akar.

4. Pertimbangkan hair gloss dan highlight

Kalau kamu belum pernah mewarnai rambut sebelumnya, ada baiknya mempertimbangkan menggunakan hair gloss daripada mewarnai rambut dengan cat rambut permanen (untuk 3 bulan). Hair gloss memberikan efek shiny untuk rambut kamu dan ketika terkena sinar matahari, warnanya akan lebih keluar.

Atau jika tidak puas dengan hair gloss yang tidak tahan lama, kamu bisa coba untuk highlight beberapa bagian rambutmu. Dengan begitu, walau hanya sedikit yang berubah, perubahan itu tetap kentara dan lebih tahan lama.

5. Persiapkan beberapa perawatan rambut untuk rambut berwarna

Jika kamu sudah memutuskan untuk mewarnai rambut, ada hal-hal yang wajib kamu persiapkan untuk perawatan rambut setelahnya. Sekalinya rambut kamu diwarnai, maka kamu harus siap membeli shampo dan kondisioner khusus untuk rambut yang diwarnai. Mereka memiliki formula khusus untuk tetap menjaga kelembapan rambut, sehingga rambut tidak rusak dan kering setelah melalui proses pewarnaan rambut.

Selain itu, rajin-rajinlah untuk melakukan perawatan rambut seperti creambath dan hair mask. Jika kamu malas mengeluarkan uang lebih untuk perawatan tersebut, kamu bisa melakukannya di rumah. Tinggal beli hair mask atau bahan creambath yang sesuai dengan kebutuhanmu, deh.

Nah, itu dia 5 tips yang bisa kamu terapkan sebelum kamu warnai rambut. Yang pasti, jika kamu memiliki rambut yang kering, ada kemungkinan rambut kamu akan menjadi semakin kering. Maka, perawatan setelah pewarnaan rambut menjadi penting dan tidak boleh dianggap sepele. Tidak mau, kan, punya rambut rusak di tahun yang baru?