Apa Penyebab Komedo dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

19 October 2020
Like28

cc-apa-penyebab-komedo-v-resize-1440x900.jpg

Apa Penyebab Komedo dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

cc-apa-penyebab-komedo-v-resize-1440x900.jpg

Meski ukurannya sangat kecil, komedo di wajah akan tetap mudah terlihat dan terasa sangat menjengkelkan. Lebih parahnya lagi, komedo bisa berkembang menjadi jerawat jika tidak segera diatasi. Agar terhindar dari masalah semacam ini, kamu perlu tahu apa penyebab komedo terlebih dahulu.

Apa Itu Komedo?

Komedo tampak sebagai bintik-bintik hitam atau putih yang biasa muncul di wajah atau leher. Pada dasarnya, komedo adalah pori-pori kulit yang tersumbat. Jika pori-pori terbuka, komedo akan berwarna hitam karena mengalami pigmentasi. Sementara itu, komedo akan berwarna putih bila pori-pori tersumbat dalam keadaan tertutup.

Bagaimana Komedo Terjadi?

Kelenjar di bawah kulit bertugas memproduksi sebum (minyak) dan mengeluarkannya melalui pori-pori kulit untuk menjaga kelembaban kulit secara alami. Hanya saja, pori-pori kulit terkadang tersumbat oleh kotoran, baik itu berupa debu, sisa makeup, maupun bakteri.

Jika pori-pori dalam keadaan terbuka, kotoran tersebut akan mengalami oksidasi melanin hingga warnanya berubah menjadi hitam. Inilah yang disebut blackheads atau komedo hitam Sementara jika pori dalam keadaan tertutup, minyak dan kotoran akan terperangkap di dalamnya dan mengeras. Warnanya biasanya agak kekuningan atau putih. Inilah yang disebut sebagai komedo putih atau whiteheads.

Faktor Penyebab Komedo

Ada berbagai hal yang dapat menjadi penyebab komedo dengan cara mempengaruhi kadar sebum dan sumbatan pori. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ketidakseimbangan Hormon Secara Alami
    Produksi sebum bisa meningkat tajam jika ada ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Keadaan ini bisa dipicu oleh banyak hal, misalnya seperti pubertas pada remaja, stres, dan menjelang datang bulan. Meski demikian, tidak semua orang cukup sensitif terhadap ketidakseimbangan hormon.
     
  2. Bekas Makeup
    Sisa makeup yang dibiarkan terlalu lama menempel pada wajah akan masuk ke dalam pori dan menyebabkan penyumbatan. Agar tidak menyebabkan komedo, kamu perlu rajin menghapus makeup setiap habis bepergian dan sebelum tidur. Gunakan Clean & Clear Micellar Water yang dapat mengangkat 99% makeup, bahkan yang tahan air atau waterproof sekalipun.
     
  3. Nutrisi yang Buruk
    Terlalu banyak konsumsi makanan dengan kandungan kolesterol atau gula yang berlebihan dapat mengacaukan hormon yang mengganggu produksi sebum. Resikonya bisa berbagai macam masalah kesehatan, termasuk kesehatan kulit pada wajahmu. Tak jarang orang mengalami masalah komedo yang terus-menerus akibat kebiasaan buruk semacam ini.
     
  4. Paparan Bahan Kimia
    Beberapa jenis makeup mengandung bahan kimia yang dapat memicu reaksi breakout, termasuk menjadi penyebab munculnya komedo. Selain itu, beberapa jenis obat juga dapat menimbulkan efek semacam itu. Usahakanlah untuk mengganti pilihan makeup dengan produk lain yang formulanya lebih sesuai dengan kulitmu. Untuk obat-obatan, konsultasikanlah dengan dokter untuk alternatif jenis obat lain jika memungkinkan.
     
  5. Kebersihan Wajah yang Kurang Terawat
    Meski tidak memakai makeup, kulit wajah bisa juga mengalami penyumbatan kotoran oleh debu atau bakteri. Maka dari itu, penting bagimu untuk menghindari memegang muka dengan tangan karena seringkali tangan kita masih kotor saat melakukannya. Selain itu, kamu juga perlu mencuci muka secara rutin agar pori-pori senantiasa bebas dari sumbatan.
    Untuk kalian yang rentan komedo, Clean & Clear Daily Pore Cleanser adalah pilihan tepat. Formula gentle-micro scrubbing beads mampu membersihkan pori dari komedo dan kotoran yang menyumbat. Selain itu, PureRiceTM Technology juga mampu menyerap minyak berlebih agar kulit terjaga kelembabannya.
     

Wajah yang cenderung berminyak biasanya lebih rentan mengalami komedo. Namun, bukan berarti hal itu tidak bisa dihindari. Dengan merawat kulit wajah, segala resiko penyebab komedo pasti dapat berkurang. Pastikan kebiasaan ini kamu terapkan secara rutin agar tidak ada lagi komedo baru yang bermunculan di kulit wajahmu.

BACA JUGA: Kesal Dengan Komedo Membandel? Ini 5 Bahan Alami Untuk Mengatasinya!