Skip to main content

CIK Trip Story: Liburan Istimewa di Yogyakarta

Bukan tanpa alasan Yogyakarta disebut salah satu Daerah Istimewa di Indonesia. Provinsi yang terletak di Jawa bagian selatan ini memang menyimpan beragam keistimewan, baik dari segi budaya, seni, kuliner, sejarah hingga masyarakatnya sendiri. Karena itulah, Yogya patut dipilih sebagai destinasi pertama untuk dieksplor bareng dalam trip Cerita Indonesia Kita 2018! Nah, kamu udah tau belum sih, Girls, gimana keseruan enam orang teman kita yang beruntung untuk join trip Cerita Indonesia Kita di Yogyakarta selama 3 hari 2 malam ini? Keep on reading!

Day 1

Hari pertama di Yogyakarta, keenam pemenang CIK trip, Valda Alesia (Bogor), Chatrine Rachella (Bogor), Shafa Alanis (Batam), Khalfina Khairin (Banjar Baru), Annisa Marta (Kediri) dan Meliana Putri Wulandari (Jakarta) bersama dengan travel blogger kesayangan kita Kadek Arini memulai perjalanan dengan mengunjungi museum Ullen Sentalu, sebuah museum yang terletak di lereng Gunung Merapi, Kaliurang, Sleman.

(credit: cerita-kita.co.id)

Di museum ini terdapat beragam koleksi peninggalan Kerajaan Mataram seperti kumpulan foto, arsip surat, lukisan, alat musik tradisional, kain batik dan sebagainya.

Setelah puas menikmati isi museum ditemani oleh pemandu—dan tentunya pengetahuan yang semakin bertambah dengan sejarah Kerajaan Mataram yang menarik, perjalanan dilanjutkan menuju Gua Pindul yang terletak di Desa Bejiharjo, Gunung Kidul.

 

(credit: cerita-kita.co.id)

Gua Pindul merupakan salah satu wisata alam dengan aliran sungai sepanjang kurang lebih 350 meter, di mana kita bisa menyusuri sungai dalam gua tersebut menggunakan ban pelampung—hence the name cave tubing! Thrilling yet so fun!

Sehabis menyusuri gua dan bermain air di wisata gua pindul, perjalanan kembali dilanjutkan. Kali ini, peserta diajak menuju Puncak Ratu Boko untuk menikmati keindahan sunset yang ditawarkan situs purbakala yang terletak di kawasan Prambanan, Sleman ini.

 

(credit: cerita-kita.co.id)

Day 2

Agenda di hari kedua trip Cerita Indonesia Kita di Yogyakarta semakin seru nih Girls! Gimana nggak? Sejak pagi, para peserta sudah diajak berkeliling desa wisata Borobudur dengan menaiki sepeda onthel. Ga sekedar berkeliling, mereka juga diajak mampir ke beberapa spot untuk belajar kesenian khas Yogyakarta, loh! Seru banget kan? Lihat deh foto-foto keseruan mereka di bawah ini.

First stop: belajar melukis topeng di Kriya Kayu Rik Rok

 

Layaknya membatik pada kain, topeng kayu yang sudah diberi pola atau motif kemudian dilukis dengan cairan malam menggunakan canting, lalu diwarnai dengan cat menggunakan kuas.

 

Terakhir, topeng yang sudah diwarnai dibiarkan mengering di bawah sinar matahari.

 

the masks are ready!

 

Second stop: Belajar menari jawa di Sanggar Tari Avadana

Untuk menambah pengetahuan tentang budaya Jawa, para pemenang Cerita Indonesia Kita pun diajak untuk belajar tari Jawa di Sanggar Tari Avadana. Tak hanya belajar tari, mereka pun diajarkan untuk bermain gamelan, lho!

(credit: cerita-kita.co.id)

Last stop: Candi Borobudur!

Rasanya ada yang kurang jika pergi ke Yogyakarta tanpa mengunjungi Candi Borobudur. Candi Buddha yang dibangun pada abad 8-9 Masehi ini termasuk dalam salah satu Situs Warisan Dunia yang ditetapkan UNESCO, sehingga banyak sekali wisatawan–baik lokal maupun mancanegara—yang ingin melihat dan mengabadikan kemewahannya.

(credit: cerita-kita.co.id)

 

Setelah puas belajar seni dan budaya Jawa di Desa Wisata Borobudur plus mengunjungi Candi Borobudur, di malam hari peserta kembali melanjutkan agenda seru dengan pergi ke alun-alun Kidul! Di sana, mereka berkesempatan untuk mengendarai odong-odong yang dimodifikasi dengan kelap-kelip lampu neon, membuat suasana di sekitar alun-alun menjadi sangat meriah.

Day 3

On the last day of the trip, peserta yang sudah semakin akrab satu sama lain harus bersiap untuk check out dari hotel dan melakukan beberapa aktivitas terakhir dari agenda Cerita Indonesia Kita 2018 ini, yaitu belajar membatik di Sanggar Batik dan berbelanja oleh-oleh khas Jogja untuk keluarga dan teman-tersayang di tempat asal.

Gimana..pengen ngerasain serunya jalan-jalan bareng kaya enam orang temen kita ini, gak, Girls? Tungguin informasi selanjutnya untuk ikutan kompetisi Cerita Indonesia Kita periode kedua, ya!